Health Gie

Tidur Siang yang Panjang di Akhir Pekan

Akhir pekan menjadi saat-saat yang paling ditunggu kebanyakan orang, apalagi long weekend seperti ini. Sebagian orang memanfaatkan waktu akhir pekan untuk jalan-jalan setelah lima hari kerja yang melelahkan. Sebagian orang lagi memanfaatkan waktu akhir pekan untuk istirahat di rumah. Jika tidak acara penting di akhir pekan, saya biasanya menjadi kelompok kedua karena saya pikir beban istirahat yang tersita di hari kerja sudah saatnya digantikan di akhir pekan. Jadi, waktu akhir pekan lebih sering saya lewatkan dengan tidur siang yang panjang diselingi dengan main-main bareng Dedek Diana.

Tidur Bareng Dedek Diana di Akhir Pekan

Tidur siang yang panjang di akhir pekan menurut saya bisa mengembalikan jam tidur yang banyak tersita di hari kerja. Di hari kerja, saya biasanya tidak memiliki cukup waktu untuk tidur normal sepanjang delapan jam setiap harinya. Saya biasanya memiliki waktu tidur paling panjang enam jam setiap harinya. Biasanya defisit dua jam tidur setiap hari itu akan saya ‘bayar hutang’ jam tidur di akhir pekan. Namun anggapan saya itu ternyata tidak bisa dibenarkan karena ternyata beban jam tidur sepanjang lima hari tidak bisa diakumulasi dan dibayar di akhir pekan. Buktinya, saya biasanya malah sangat mengantuk pada hari Senin pagi.

Saya pun penasaran mengapa saya tetap mengantuk di hari Senin pagi meskipun sudah tidur siang cukup panjang di akhir pekan. Kalau dihitung secara matematis, hutang sepuluh jam tidur selama hari kerja bisa saya bayar dengan tidur siang lima jam selama dua hari Sabtu dan Minggu. Tapi ternyata masalah kekurangan jam tidur itu tidak mengenal hitungan matematis seperti itu. Menurut hasil penelitian di UT Southwestern Medical Center, tidur siang yang panjang di akhir pekan sama sekali tidak menyelesaikan masalah jam tidur itu. Sebaliknya, hal ini akan menyebabkan masalah baru yang membuat orang akan lebih sulit bangun tidur pada hari Senin pagi.

Memang hal itu yang saya rasakan jika tidur siang terlalu panjang di akhir pekan. Bukannya merasa segar di hari Senin pagi, tapi malah semakin ngantuk. Ternyata, tubuh manusia memiliki siklus sikardian yaitu siklus tidur-bangun yang terjadi secara internal di dalam tubuh manusia. Tanpa kita sadari kita merasa mengantuk tanpa disadari, itulah siklus sikardian yang kita alami. Kita hanya bisa menunda siklus sikardian tersebut paling lama sampai satu jam. Tidur siang yang panjang di hari Sabtu ternyata bisa menunda siklus sikardian pada otak hingga sampai dua jam. Hal ini justru membuat orang sulit tidur pada hari Minggu. Akibatnya, orang tersebut akan kesulitan untuk bangun tepat waktu di hari Senin pagi.

Jadi, kalau Sabtu siang ini kamu masih tidur siang yang panjang, mending bangun lalu relaksasi agar rasa kantuk hilang dan badan tetap bugar.

4468 Total Views 2 Views Today

36 Comments

      1. @nengbiker
        storynya begini:
        om gie: “mah, mau apdet blog tapi tentang apa yah?”
        tante Is: “udah, bobo siang aja.. gitu aja kok repot!”
        om gie: “ok deh mah”

        setelah bangun dari bobo suang panjang..
        om gie:”gimana mah?”
        tante Is:”neh.. aplod aja di blognya”

        gtu… #peace

  1. baru tau namanya sikuls sikardian mas, meskipun belum begitu paham penjelasannya 😀
    untuk akhir pekan ini memang tidur siang lbh panjang, biasanya setelah hari raya atau lebaran memang badan terasa capek lebih pegal daripada biasanya…

    1. Saya juga baru dengar tentang siklus sikardian, namanya asing ditelinga orang mbanjar. 😀
      Untuk masalah istirahat dan tidur, alhamdulillah, setiap harinya saya masih bisa menikmati waktu istirahat yang normal. 😛

      Itu koq ya tidurnya ngkles temen ya? 😀

  2. Saya malah gak suka tidur terlalu lama Mas, soalnya kalau udah sekali aja tidurnya terlalu lama, maka untuk jadwa tidur yg selanjutnya akan terganggu, bahkan bisa aja gak tidur semalaman haha… 😛

    Jadi ya gitu, 6 jam rasanya dah cukup lah asal rutin aja 🙂

  3. Wah namanya Sikardian. aku di kantor kadang2 juga tidur mas hehe…
    Tidur sejam saat istirahat kantor bisa bikin semangat lagi lho 🙂

  4. Silus sikardian itu sendiri dipengaruhi oleh kebiasaan masing-masing orang. jadi yang terpenting adalah bangun dan tidur teratur sesuai kebiasaan yang sudah dijalani. pasti tidak akan terjadi hutang piutang dalam masalah tidur. 🙂

  5. Anakmu lucu.. aku kangen mengalami masa tidur bareng anak bayi seperti itu, tapi desember nanti anak keduaku lahir… dan aku ngga sabar buat tidur bareng anak bayi lagi haha!

  6. wahhh, lelap tidurnya.. secara teori sepertinya memang demikian, pantes saya jadi “males” di hari senin setelah balas dendam di hari sabtu atau minggu..

  7. baru tahu nih,, jadi tidur itu sebenarnya harus tetap konsisten ya… diriku sama dengan dirimu selalu balas dendam memang akhirannya selalu mengantuk di hari seninnya…

  8. hidup tidur siang pas weekend deh!
    aku pengennya goler2 seharian….apa daya ada anak yang pengen diajak pergi2 setelah 5 hari ditinggal kerja.
    terima kasih atas kunjungannya ya! 🙂

  9. saya jarang tidur siang terutama di akhir pekan. Biasanya kalau akhir pekan saya isi dengan nyantai2 bersama keluarga, kalau tidak begitu ya ikut beres2 rumah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *