Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Tidur Siang yang Panjang di Akhir Pekan

Akhir pekan menjadi saat-saat yang paling ditunggu kebanyakan orang, apalagi long weekend seperti ini. Sebagian orang memanfaatkan waktu akhir pekan untuk jalan-jalan setelah lima hari kerja yang melelahkan. Sebagian orang lagi memanfaatkan waktu akhir pekan untuk istirahat di rumah. Jika tidak acara penting di akhir pekan, saya biasanya menjadi kelompok kedua karena saya pikir beban istirahat yang tersita di hari kerja sudah saatnya digantikan di akhir pekan. Jadi, waktu akhir pekan lebih sering saya lewatkan dengan tidur siang yang panjang diselingi dengan main-main bareng Dedek Diana.

Tidur Bareng Dedek Diana di Akhir Pekan

Tidur siang yang panjang di akhir pekan menurut saya bisa mengembalikan jam tidur yang banyak tersita di hari kerja. Di hari kerja, saya biasanya tidak memiliki cukup waktu untuk tidur normal sepanjang delapan jam setiap harinya. Saya biasanya memiliki waktu tidur paling panjang enam jam setiap harinya. Biasanya defisit dua jam tidur setiap hari itu akan saya ‘bayar hutang’ jam tidur di akhir pekan. Namun anggapan saya itu ternyata tidak bisa dibenarkan karena ternyata beban jam tidur sepanjang lima hari tidak bisa diakumulasi dan dibayar di akhir pekan. Buktinya, saya biasanya malah sangat mengantuk pada hari Senin pagi.

Saya pun penasaran mengapa saya tetap mengantuk di hari Senin pagi meskipun sudah tidur siang cukup panjang di akhir pekan. Kalau dihitung secara matematis, hutang sepuluh jam tidur selama hari kerja bisa saya bayar dengan tidur siang lima jam selama dua hari Sabtu dan Minggu. Tapi ternyata masalah kekurangan jam tidur itu tidak mengenal hitungan matematis seperti itu. Menurut hasil penelitian di UT Southwestern Medical Center, tidur siang yang panjang di akhir pekan sama sekali tidak menyelesaikan masalah jam tidur itu. Sebaliknya, hal ini akan menyebabkan masalah baru yang membuat orang akan lebih sulit bangun tidur pada hari Senin pagi.

Memang hal itu yang saya rasakan jika tidur siang terlalu panjang di akhir pekan. Bukannya merasa segar di hari Senin pagi, tapi malah semakin ngantuk. Ternyata, tubuh manusia memiliki siklus sikardian yaitu siklus tidur-bangun yang terjadi secara internal di dalam tubuh manusia. Tanpa kita sadari kita merasa mengantuk tanpa disadari, itulah siklus sikardian yang kita alami. Kita hanya bisa menunda siklus sikardian tersebut paling lama sampai satu jam. Tidur siang yang panjang di hari Sabtu ternyata bisa menunda siklus sikardian pada otak hingga sampai dua jam. Hal ini justru membuat orang sulit tidur pada hari Minggu. Akibatnya, orang tersebut akan kesulitan untuk bangun tepat waktu di hari Senin pagi.

Jadi, kalau Sabtu siang ini kamu masih tidur siang yang panjang, mending bangun lalu relaksasi agar rasa kantuk hilang dan badan tetap bugar.

4612 Total Views 2 Views Today
36 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *