Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Suporter Indonesia “Bikin Ulah” di EURO 2012

Sepakbola memang tidak bisa lepas dari kemeriahan para suporter yang mendukung tim kesayangannya. Meskipun kadang suporter bikin ulah, namun sepakbola tanpa suporter ibarat lautan tanpa garam. Tidak hanya The Jakmania, Bobotoh, dan Bonek yang kerap bikin ulah di liga dalam negeri, beberapa supporter Indonesia pun “bikin ulah” di ajang EURO 2012. Saking fanatiknya, supporter Indonesia itu terlihat heboh di Polandia-Ukraina meskipun timnas tidak (dan memang tidak akan pernah) bermain di kompetisi tersebut.

Suporter Indonesia di EURO 2012
"Suporter Indonesia di depan Stadion PGA Arena, Gdasnk, Polandia" Ilustrasi dari Tribunnews.Com

Beberapa suporter Indonesia terlihat pada pembukaan EURO 2012 di National Stadium, Warsawa. Meskipun tidak banyak, suporter Indonesia itu terlihat mencolok dan aneh. Jika suporter tuan rumah mengenakan aksesoris warna Putih-Merah, supporter Indonesia ini mengenakan aksesoris serupa namun dengan warna terbalik, Merah-Putih. Hal ini tentu membuat orang Polandia terheran-heran. Sama halnya dengan penonton Indonesia yang melihat bendera Merah-Putih terbalik di layar televisi.

Pada laga bigmatch Spanyol melawan Italia, puluhan suporter asal Indonesia bergabung dengan puluhan ribu supporter Spanyol dan Italia. Di Stadion PGA Arena, Gdasnk, 24 suporter Indonesia itu menarik perhatian karena memakai aksesoris lengkap mulai dari kaos sampai jersey timnas Indonesia. Bahkan beberapa suporter itu juga memasang stiker Merah-Putih di muka mereka. Di saat suporter Spanyol dan Italia meneriakkan yel-yelnya masing-masing, 24 suporter itu meneriakkan “Indonesia! Indonesia!

Setelah selesai pertandingan, 24 suporter yang diberangkatkan salah satu perusahaan elektronik ini “bikin ulah” di luar stadion. Dengan sangat percaya diri, mereka menyanyikan lagu Iwak Peyek. Beberapa suporter Spanyol dan Italia ikut bergabung bersama mereka. Ingin rasanya bersama mereka, lalu meneriakkan yel-yel Indonesia. Namun miris juga karena beberapa supporter Spanyol di dalam stadion bertanya dengan sedikit sindiran, “Apakah Indonesia main di EURO atau Piala Dunia?” #kemudianhening

Terlebih ketika seorang wartawan Latvia bertanya, “Indonesia? Yang kalah 0-10 itu, bukan?” #kemudianpening

29 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *