Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Social Media Specialist

Teman saya bercerita, kemarin dia meeting dengan seorang Social Media Specialist. Sebelumnya saya sempat beberapa kali mendapatkan istilah itu di iklan-iklan lowongan pekerjaan. Saya pikir, Social Media Specialist itu ya mereka yang berkecimpung di beberapa social media, seperti Twitter, Facebook, YouTube, Flickr, Plurk, dan pastinya mereka mengelola personal blog.

Pemahaman saya berubah beberapa hari ini, ternyata Social Media Specialist telah menjadi jenis pekerjaan baru. Sebelumnya saya pikir, teman-teman saya yang sudah eksis setidaknya di lima social media sudah bisa disebut Social Media Specialist.

Sekarang kebutuhan dan pengaruh social media sangat berkembang. Setiap orang dengan social media bisa menjadi seorang inluencer, inilah yang dikenal dengan social media marketing. Tanpa harus menggerakkan konsumen untuk membeli produk secaraq langsung, kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa mempengaruhi konsumen. Istilahnya, low cost high impact.

Sebelum social media merebak, seorang public relation harus membangun citra positif sebuah produk di mata masyarakat secara tidak langsung melalui media yang berharga mahal, seperti iklan di televisi dan koran. Selain menghemat cost, Social Media Specialist merupakan suatu keniscayaan di era 2.0 ini. Sekarang semua konsumen dapat menulis apa saja di social media tentang produk yang digunakannya.

Seorang Social Media Specialist tidak hanya bertanggung jawab mengelola semua social media tersebut, tetapi Social Media Specialist juga harus bisa menjadi ahli strategi, pembaca situasi yang jeli, pendengar yang baik, dan sekaligus juru bicara yang kreatif.

2095 Total Views 2 Views Today
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *