Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Setelah iPad dan WiFi, Tongsis Juga Dilarang Masuk Stadion

Akhir-akhir ini semakin banyak saja gadget yang dilarang masuk stadion. Pertengahan tahun 2014 lalu, manajemen klub Manchester United secara resmi melarang penonton membawa iPad ke Old Trafford. Selain iPad, penonton juga dilarang membawa gadget dengan ukuran di atas 150mm x 100mm, meski manajemen tidak merinci gadget yang masuk dalam kategori itu satu per satu.

Waktu nonton bola di Stadion GBK Senayan saya sih bawa kamera DSLR yang ukurannya nyaris melewati batas ukuran yang dilarang manajemen Manchester United. Setelah saya cek ternyata DSLR seri terbaru, misalnya Canon EOS 1D Mark III, ukurannyaΒ 156mm x 156.6mm x 79.9mm. Itu belum ditambah dengan lensa tele yang pasti akan menambah ukuran fisik kamera.Β Karena aturan itu tentunya penonton tidak bisa membawa kamera DSLR dan memotret dari atas tribun.

Sementara itu suporter PSV Eindhoven memprotes manajemen klub yang memberikan fasilitas WiFi di Philips Stadion. Menurut suporter fanatik, WiFi justru mengganggu fokus mereka saat mendukung tim kesayangannya. Kasus pelarangan iPad di Old Trafford dan protes keberadaan WiFi di Philips Stadion menunjukkan bahwa gadget bisa menimbulkan konflik di dalam stadion.

Yang terbaru adalah pelarangan tongsis alias selfie stick di markas Tottenham Hotspur, White Hart Lane. Pelarangan tongsis di markas klub London itu bermula dari email salah satu suporter Spurs bernama Liam. Liam mengirimkan email ke customer care klub Spurs yang berisi kekesalannya pada penonton yang menggunakan tongsis.

Meskipun Liam senang tim kesayangannya mengalahkan Chelsea dengan skor 5-3, ia merasa kesal dengan para pengguna tongsis. Selain untuk memotret dirinya sendiri, beberapa penonton juga menggunakan tongsis untuk mengaitkan bendera lalu melambai-lambaikannya. Penggunaan tongsis di stadion ini sangat mengganggu penonton lainnya

Tanggal 7 Januari 2015, pemilik akun Twiter @LiamCSWY itu mengunggah tangkapan layar email balasan yang diterimanya. Pihak klub merespon keluhan Liam dengan melarang penggunaaan tongsis atau selfie sticks di stadion White Hart Lane. Pelarangan ini berlaku mulai di pertandingan kandang selanjutnya yaitu saat Spurs menjamu Burnley FC tanggal 15 Januari 2015.

Setelah iPad dan WiFi, Tongsis Juga Dilarang Masuk Stadion

Berkat keluhan Liam itu, Tottenham Hotspur menjadi tim pertama di dunia yang melarang penontonnya membawa tongsi ke dalam stadion. Akhirnya klub favotir saya, Arsenal, juga melarang penonton membawa tongsis ke Stadion Emirates. Dan akhirnya pertanyaan saya lima bulan lalu terjawab sudah. Setelah iPad, kini tongsis tidak boleh dibawa ke stadion. Setelah ini apalagi ya?

14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *