Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Selfie Sudah Menjadi Tren bagi Para Presiden Ini

Selfie benar-benar menjadi ‘Oxford Dictionaries’ word of the year‘ setelah frekuensi penggunaannya meningkat 17.000 persen dalam 12 bulan terakhir. Awalnya kata Selfie hanya menjadi hashtag biasa di Flickr pada tahun 2004, namun penggunaannya semakin meningkat setahun belakangan karena sosial media fotografi. Kini Selfie bukan hanya menjadi tren bagi artis atau anak-anak muda, di penghujung tahun 2013 ini kata Selfie semakin ngetren karena para presiden ini pun tidak mau ketinggalan narsis dengan Selfie.

1. Presiden Barack Obama

Jika selama ini foto Selfie hanya menjadi ajang narsis, Presiden Barack Obama berhasil membuat foto Selfie menjadi kontroversi. Waktu itu, Barack Obama bersama Michele Obama menghadiri upacara penghormatan terakhir bagi Nelson Mandela di Afrika Selatan, tanggal 10 Desember 2013. Mereka duduk bersebelahan dengan Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt dan Perdana Menteri Inggris David Cameron. Suasana mulai aneh ketika Barack Obama terlihat asik ngobrol dengan Helle Thorning-Schmidt.

Selfie President Barack Obama

Michele Obama terlihat diam, seperti cemburu dengan kelakuan suaminya. Semakin aneh lagi, ketika Helle Thorning-Schmidt melakukan Selfie dengan Barack Obama dan David Cameron. Saat melakukan Selfie itu, Barack Obama tampak membantu membenarkan posisi smartphone dengan tangan kirinya. Jadi ya pegang-pegang tangan Helle Thorning-Schmidt gitu deh. Sepertinya Michele Obama mulai marah karena tampangnya terlihat serius sekali. Lagian, istri sendiri enggak diajakin foto Selfie bareng sih.

Selfie President Barack Obama

Suasana semakin genting ketika Barack Obama mulai sadar istrinya sedang marah. Klimaksnya ketika Michele Obama menyuruh Barack Obama pindah ke tempak duduknya, jadi akhirnya Michele Obama duduk memisahkan Barack Obama dan Helle Thorning-Schmidt. Kayak anak-anak sekolahan gitu, hehehe. Setelah itu, Barack Obama terlihat meminta maaf kepada Michele Obama dengan mencium tangannya. Selain awkward moment itu, foto Selfie ini dikritik karena dinilai tidak etis karena dalam momen berkabung.

Selfie President Barack Obama

2. Presiden Benigno Aquino III

Seperti terinspirasi dengan Barack Obama, Presiden Benigno Aquino III ikut-ikutan foto Selfie. Saat itu, presiden Philipina ini sedang membuka sebuah acara pertemuan komunitas Filipino di Tokyo, Jepang, tanggal 12 Desember 2013. Di depan komunitas Filipino di Jepang, Presiden Benigno Aquino III meminta dukungan semua pihak karena saat itu Bea Rose Santiago sedang berjuangan untuk merebut gelar Miss International 2013. Presiden Benigno Aquino III menyampaikan optimismenya karena sebelumnya Megan Young telah berhasil menjadi Miss World 2013.

Selfie President Benigno Aquino III dan Bea Rose Santiago

Setelah acara selesai, Bea Rose Santiago yang juga hadir dalam acara tersebut ‘mencuri kesempatan’ untuk bisa melakukan Selfie dengan Presiden Benigno Aquino III. Bea Rose Santiago lalu mengunggah foto Selfie itu ke akun Instagram-nya @bearosesantiago. Banyak orang Philipina percaya foto Selfie tersebut memberi keberuntungan tersendiri bagi Bea Rose Santiago karena lima hari kemudian ia terpilih menjadi Miss International 2013. Di tengah bencana badai Haiyan, Philipina berhasil menyabet dua gelar Miss World 2013 dan Miss International 2013 tahun ini.

3. Presiden Michael T. Benson

Kali ini bukan presiden yang menjadi kepala negara tapi seorang presiden sebuah kampus, kalau di sini namanya rektor. Boleh lah ya, hehehe. Dia adalah Michael T. Benson yang menjabat Presiden Eastern Kentucky University. Hari itu, Sabtu 14 Desember 2013, mencuri perhatian dengan melakukan Selfie di atas panggung upacara pemberian ijazah. Sesaat sebelum mewisuda 1.444 lulusan Eastern Kentucky University, Michael T. Benson melakukan Selfie dengan smartphone-nya sendiri. Sayangnya, Michael T. Benson tidak mengunggah foto Selfie itu ke sosial media.

Selfie Michael T. Benson Eastern Kentucky University President

4. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Tidak mau kalah dengan presiden-presiden di atas, presiden kita pun ikutan Selfie, bukan SBY sih yang melakukan Selfie. Jadi waktu itu, hari Kamis tanggal 19 Desember 2013, presiden kita dan ibu negara sedang menerima kunjungan Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak, beserta istri, Rosmah Mansor. Seperti biasanya presiden kita menjadi sopir mobil golf saat mengantarkan tamu negara keliling istana negara.

Selfie Indonesia Presiden SBY dan Nazin Tun Razak

Nah, di saat mengendarai mobil golf itulah, Najib Tun Razak melakukan Selfie dengan SBY. Sepertinya dua ibu negara di belakang juga diajak foto Selfie tapi entah kenapa yang terlihat di foto hanya Ibu Ani, sementara Rosmah Mansor tidak terlihat. Coba kalau dia mau geser ke kiri dikit dan motretnya landscape, bukan portrait. Sepertinya Najib Tun Razak harus belajar lebih banyak lagi tentang bagaimana melakukan Selfie dengan baik dan benar, hehehe.

Selfie Indonesia President SBY dan Najib Razak

Presiden siapa lagi ya yang pernah melakukan Selfie? Ingetin ya kalau ada yang kelewatan. Tulisan ini juga akan selalu di-update kalau ada presiden yang melakukan Selfie. 🙂

6676 Total Views 2 Views Today
24 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *