Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Selamat Ulang Tahun ke-484 Jakarta

Hari ini, 22 Juni 2011, Jakarta merayakan hari ulang tahun ke-484. Angka 484 mengacu pada perang pribumi dengan tentara Portugis pada 22 Juni 1527. meskipun begitu, sejarah Jakarta sudah dimulai jauh sebelum perang yang dimenangkan pasukan Fatahillah itu. Setelah melewati sejarah panjang itu wajah Kota Jakarta telah berubah menjadi kota megapolitan yang megah. Kota Jakarta yang telah saya impikan semasa kecil kini sudah saya tempati hampir setahun ini. Kota Jakarta yang ternyata tidak hanya sebatas Monas itu kini menyajikan berjuta kejutan bagi saya.

Dalam buku panduan wisata terbitan Lonely Planet berjudul Indonesia, Jakarta dideskripsikan sebagai berikut ; β€œDi balik deretan gedung-gedung berkaca, beton-beton bertingkat, dan daerah kumuh yang sumpek, bagaimanapun Jakarta penuh dengan kejutan dan merupakan kota dengan banyak wajah. Dari jalan-jalan di daerah pecinan yang berasap dan berbau harum masakan khas hingga kawasan kehidupan malam yang berdegung kencang, Jakarta merupakan kotak pandora yang dipenuhi mutiara-mutiara tak terduga.”

Jakarta adalah kota seribu wajah dengan berjuta masalah. Permasalahan seperti macet, banjir, sampah, dan over-populasi memang selalu datang tiada henti. Namun di Jakarta juga, semua orang berkesempatan untuk bersinggungan dengan calon pemimpin bangsa, artis, pemikir, penggerak masa depan Indonesia, serta melihat langsung hasrat terpendam banyak orang Indonesia untuk keluar dari kemiskinan yang menghimpit mereka sejak lahir.

7065 Total Views 2 Views Today
34 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *