Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Selamat Ulang Tahun, Busway Transjakarta!

Hari ini tepat tujuh tahun yang lalu, secara resmi BLU Tranjakarta meresmikan Busway Transjakarta sebagai moda transportasi baru di kota Jakarta. Busway Transjakarta sebelum diluncurkan secara resmi, pada 15 Januari 2004 mulai diujicobakan untuk melihat respon dari masyarakat. Masyarakat ibukota pun menyambut baik Busway Transjakarta ini. Pasalnya, tiket Busway Transjakarta selama masa uji coba itu digratiskan. Wajar saja bila masyarakat mau berdesak-desakan mengantri untuk naik Busway Transjakarta.

Peta Rute Jalur Busway Transjakarta

Busway Transjakarta meniru konsep TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Meskipun Busway Transjakarta sebenarnya meniru busway di Bogota, Jepang, dan Australia, sekarang pemerhati transportasi dunia melirik Busway Transjakarta karena Busway Transjakarta memiliki jalur terbanyak dan terpanjang sedunia. Jalur koridor 1 Hari ini tepat tujuh tahun yang lalu, secara resmi BLU Tranjakarta meresmikan Busway Transjakarta sebagai moda transportasi baru di ibukota. Busway Tranjakarta sebelum diluncurkan secara resmi, pada 15 Januari 2004 mulai diujicobakan untuk melihat respon dari masyarakat. Masyarakat ibukota pun menyambut baik Busway Transjakarta ini. Pasalnya, tiket Busway Transjakarta selama masa uji coba itu digratiskan. Wajar saja bila masyarakat mau berdesak-desakan mengantri untuk naik Busway Transjakarta.

Busway Transjakarta meniru konsep TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Meskipun Busway Transjakarta sebenarnya meniru busway di Bogota, Jepang, dan Australia, sekarang pemerhati transportasi dunia melirik Busway Transjakarta karena Busway Transjakarta memiliki jalur terbanyak dan terpanjang sedunia. Jalur koridor 1 menjadi jalur pertama Busway Transjakarta yang dimulai dari Blok M sampai Kota. Jalur koridor 1 ini dianggap jalur penting karena melewati Jalan Jenderal Soedirman, Jalan M. H. Thamrin, dan Bundaran HI yang menjadi ciri khas Kota Jakarta. Pada perayaan Hari Kartini 21 April 2005, Busway Transjakarta mulai menggunakan sopir perempuan sebagai wujud emansipasi wanita.

Peta Rute Jalur Busway Transjakarta

Setelah dua tahun beroperasi, jalur koridor 2 dan 3 akhirnya dibuka pada 15 Januari 2006. Jalur koridor 2 Busway Transjakarta melayani jurusan Pulogadung – Harmoni. Sedangkan jalur koridor Busway Transjakarta melayani jurusan Kalideres – Pasar Baru. Setahun kemudian pada 27 Januari 2007, Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso meresmikan jalur koridor baru Busway Transjakarta. Jalur koridor 4 Busway Transjakarta melayani jurusan Pulogadung – Dukuh Atas dan jalur koridor 5 Busway Transjakarta melayani jurusan Kampung Melayu – Ancol. Jalur koridor 6 melayani jurusan Ragunan – Latuharhari dan jalur koridor 7 Busway Transjakarta melayani jurusan Kampung Rambutan – Kampung Melayu.

BLU TJ (Badan Layanan Umum Transjakarta) lalu mulai membangun jalur koridor 8, 9, dan 10. Pembangunan jalur-jalur koridor baru itu dimulai pada bulan Agustus 2007 dan rencananya akan beroperasi pada bulan Maret 2008. Tetapi ketiga koridor baru ini mengalami beberapa kali penundaan. Pembukaan jalur koridor 8 Busway Transjakarta mendapatkan protes dari warga Pondok Indah karena akan merusak ratusan pohon palem yang telah ditanam puluhan tahun. Selain merusak lingkungan, pembangunan jalur koridor 8 Busway Transjakarta akan merusak keindahan median jalan Metro Pondok Indah. Akhirnya jalur koridor 8 Busway Transjakarta yang melayani jurusan Lebak Bulus – Harmoni ini mulai beroperasi sejak tanggal 6 Februari 2009.

Jalur koridor 9 dan 10 Busway Transjakarta lebih parah lagi penundaannya. Kedua jalur koridor ini baru mulai beroperasi pada 31 Desember 2010. Pembukaan jalur koridor 9 Busway Transjakarta yang melayani jurusan Pluit – Pinang Ranti. mendapatkan banyak protes karena melewati wilayah-wilayah rawan macet seperti Jalan S. Parman Slipi dan Jalan Gatot Soebroto. Selain itu warga Pluit juga meminta pembangunan jalur koridor 9 Busway Transjakarta ditunda sampai dilakukan analisa mengenai dampak lingkungan (amdal) dan perbaikan manajemen proyek sehingga tidak menyebabkan kemacetan yang parah di daerah Pluit.

Peta Jalur Koridor Busway Transjakarta Terlengkap 2011 Halte

Selain itu, penundaan juga disebabkan karena penentuan tarif per kilometer bus yang disetujui oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) dan belum ditunjuknya operator yang akan mengelola jalur koridor ini. Akhirnya di penghujung tahun 2010 kemarin, Gubernur Jakarta Fauzi Bowo meresmikan jalur koridor 9 Busway Transjakarta yang melayani jurusan Pluit – Pinang Ranti dan jalur koridor 10 yang melayani jurusan Cililitan – Tanjung Priok. Ke depannya, BLU Transjakarta akan membangun lima jalur koridor baru lagi, yaitu jalur busway 11 (Kampung Melayu – Pulo Gebang), jalur busway 12 (Pluit – Tanjung Priok), jalur busway 13 (Blok M – Pondok Kelapa), jalur busway 14 (Manggarai – Universitas Indonesia Depok), dan jalur busway 15 (Blok M – Ciledug).

Meski masih banyak kekurangan dimana-mana. Busway Transjakarta sudah menjadi ikon transportasi kota Jakarta. Semoga Busway Transjakarta selalu berpijak pada niat awal untuk menyediakan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, dan terjangkau bagi warga Jakarta.

Selamat Ulang Tahun, Busway Transjakarta!

8477 Total Views 4 Views Today
14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *