Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Screenshorts Jadi Lawan Baru Para Blogger

Ada yang bilang ngeblog hanya tren sesaat. Apalagi beberapa tahun terakhir ‘serangan’ sosial media membuat banyak blogger meninggalkan blognya. Tapi saat banyak blogger terlena dengan sosial media, ada banyak juga blogger baru yang masih aktif berbagi cerita di blognya.

Saat blogwalking saya sering menemukan blog yang baru pertama saya datangi. Saya cek halaman arsipnya, ternyata tulisannya sudah banyak banget. Saya juga pernah menemukan blogger yang belum lama ngeblog tapi nulisnya sering banget, seminggu bisa 3-4 kali posting.

Saya menyimpulkan bahwa ada blogger yang terlena dengan sosial media, ada blogger yang tetap konsisten ngeblog namun tetap bersosial media, dan ada blogger yang baru mulai ngeblog di zaman sosial media sedang ramai-ramainya.

Sekarang tantangan blogger tidak hanya sosial media. Blogger kini punya lawan baru yaitu Screenshorts. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Mat Honan akhir tahun lalu setelah melihat banyaknya  orang yang mengirim screenshoot artikel atau catatan sendiri ke sosial media.

Sebelumnya mungkin orang hanya membagikan gambar quote pendek, tapi sekarang sudah banyak yang membagikan gambar yang memperlihatkan screenshoot satu artikel penuh, yang kontennya mungkin setara dengan satu blogpost. Contohnya seperti ini :

Screenshorts ini memungkinkan orang untuk membagikan cerita panjangnya tanpa perlu login dashboard blognya atau membuat kultwit panjang lebar. Selain mengatasi terbatasnya karakter di Twitter, Screenshorts ini juga sangat membantu bagi yang malas ngeblog.

Inilah yang membuat saya menganggap bahwa Screenshorts ini adalah lawan baru bagi blogger. Hanya dengan membuat catatan, lalu screenshoot, dan sebarkan di sosial media, semua cerita bisa dengan mudah disebarkan. Dan karena Screenshorts ini konten gambar, katanya engagement lebih tinggi dari konten tulisan.

Ini salah satu contoh Screenshorts yang kontennya sama atau bahkan ngalahin konten blogpost.

Gimana blogger? Menurut kamu lebih enak ngeblog atau mainan Screenshorts? 😀

Dan buat blogger yang males ngeblog jangan jadikan sosial media sebagai alasan. Sesekali pakai alasan Screenshorts dong. 😀

Screenshorts Jadi Lawan Baru Para Blogger
3981 Total Views 2 Views Today
27 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *