Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Safety Riding dengan Jas Hujan yang Aman dan Nyaman

Musim hujan yang selama ini dinantikan sepertinya telah tiba. Musim hujan memang sudah lama saya nantikan karena lamanya musim kemarau menjadikan bumi ini terasa lebih panas. Di beberapa daerah, musim kemarau yang cukup panjang juga mengakibatkan kekeringan yang menyedihkan. Selain mengakibatkan sawah-sawah kering kerontang dan banyak debu yang berterbangan, persediaan air bersih untuk konsumsi rumah tangga pun menjadi terbatas. Karena itulah, musim hujan memang begitu dinanti-nantikan.

Safety Riding Sepeda Motor Hujan Banjir

Musim hujan kadang juga membawa masalah tersendiri, mulai dari angin kencang sampai banjir yang tidak terelakkan. Intensitas hujan yang tinggi seminggu terakhir sedikit banyak mendatangkan masalah bagi pengguna sepeda motor seperti saya ini. Menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi di Jakarta, apalagi di musim hujan, memang butuh kehati-hatian yang berlebih. Kondisi jalanan yang licin dan angin yang kencang bisa membahayakan para pengguna sepeda motor. Selain itu, para pengguna sepeda motor harus mewaspadai jalanan berlubang yang tergenang air. Itu sangat membahayakan para pengguna jalan di musim hujan.

Beberapa pengguna sepeda motor ada yang memilih berhenti sambil menunggu hujan reda. Biasanya mereka berhenti di bawah jalan layang, namun menurut saya itu akan membuat kemacetan yang parah saat hujan dan setelah hujan reda. Yang saya amati kebanyakan dari mereka yang berhenti di bawah jalan layang itu tidak membawa jas hujan. Mungkin juga ada beberapa yang membawa jas hujan namun lebih memilih aman menghindari hujan. Saya sendiri lebih memilih menerjang hujan dan jas hujan menjadi β€œperalatan perang” yang wajib saya gunakan.

Jas hujan mungkin hanya peralatan sepele yang hanya digunakan saat musim hujan. Namun menggunakan jas hujan juga harus memperhatikan beberapa hal, mulai dari soal kenyamanan sampai soal keamanan. Kita tidak boleh sembarangan menggunakan jas hujan saat mengendarai sepeda motor. Jas hujan memang digunakan untuk melindungi tubuh kita dari angin dan hujan, namun jas hujan juga bisa membahayakan bila digunakan secara sembarangan. Beberapa waktu lalu dikabarkan, seorang pengendara sepeda motor di Bogor meninggal dunia setelah bagian ujung jas hujannya masuk ke dalam jeruji roda. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pengguna sepeda motor menggunakan jas hujan model baju.

Jas hujan model baju terasa lebih nyaman karena serasa menggunakan baju dan celana biasa. Jas hujan model baju ini memang jauh lebih aman dibandingkan jas hujan model ponco. Jas hujan model ponco tidak dijahit dengan rapi sehingga bila digunakan bagian belakang dan bagian tangannya akan melambai terbawa angin. Ini sangat membahayakan, selain akan menghambat pandangan penggunan sepeda motor di belakangnya, bagian ujungnya juga sangat rentan masuk ke jeruji roda. Biasanya pengguna masih mengakali hal ini dengan melipatnya dan kemudian mendudukinya di jok motor, namun hal ini sangat mengganggu konsentrasi saat berkendara. Untuk itulah saya sebisa mungkin menghindari penggunaan jas hujan model ponco.

Selamat menyambut musim hujan dan semoga selamat sampai tujuan.. πŸ™‚

39 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *