Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Pohon-pohon Trembesi di Sepanjang Jalur Pantura Jawa Tengah

Pohon Trembesi sering digunakan sebagai tanaman perindang karena mempunyai ukuran yang sangat besar. Pohon Trembesi yang juga disebut Pohon Hujan ini mempunyai ukuran lingkar pohon mencapai 4,5 meter, ketinggian mencapai 40 meter, dan mahkota pohon mencapai 60 meter. Pohon yang mempunyai nama latin Albizia saman ini mempunyai daun yang sangat lebat. Daun-daun tersebut dipercaya mampu mengurangi pencemaran udara. Berdasarkan penelitian IPB, pohon Trembesi dewasa bisa menyerap 28,5 ton gas CO2 setiap tahunnya.

Pohon Trembesi Djarum Trees For Life Pantura Jawa Tengah

Djarum Foundation, melalui program Djarum Trees For Life, melirik pohon Trembesi sebagai tanaman yang bisa digunakan untuk menghijaukan Jalur Pantura. Gerakan penanaman pohon Trembesi sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 1979, pertama kali di Kota Kudus. Tahun 2010 lalu, gerakan Djarum Trees For Life kembali mengajak masyarakat untuk menghijaukan kembali Jalur Pantura dengan pohon Trembesi. Jalur Pantura sangat terancam pencemaran udara karena ramainya kendaraan yang melaluinya setiap hari. Karena itulah, penanaman pohon Trembesi diharapkan bisa mengatasi permasalahan itu.

Sepanjang tahun 2010, sebanyak 2.767 pohon Trembesi telah ditanam sepanjang jalur Kudus-Semarang. Program tahap pertama penanaman pohon Trembesi itu telah berhasil menanam bibit-bibit Trembesi di jalur sepanjang 50 kilometer itu. Tahun 2011 ini, program Djarum Trees For Life menanam 7.300 pohon Trembesi di jalur sepanjang 101 kilometer dari Semarang sampai Pekalongan. Program Djarum Trees For Life juga akan berlanjut sampai tahun 2014. Penanaman pohon Trembesi akan dilanjutkan di jalur Pekalongan-Losari sepanjang 177 kilometer pada tahun 2012. Selanjutnya penanaman pohon Trembesi akan dilakukan di jalur Kudus-Lasem sepanjang 72 kilometer pada tahun 2013 dan di jalur Lasem-Bulu sepanjang 70 kilometer pada tahun 2014.

Rangkaian program penanaman pohon Trembesi yang akan berlanjut sampai tahun 2014 itu nanti akhirnya akan menghijaukan jalur Pantura Jawa Tengah sepanjang 478 kilometer. Jutaan pohon Trembesi yang akan ditanam mulai dari Losari (perbatasan Jawa Barat) sampai Bulu (Perbatasan Jawa Timur) kelak diharapkan bisa menyerap 685 ribu ton gas CO2 tiap tahunnya. Tidak hanya menanam, gerakan Djarum Trees For Life juga merawat bibit-bibit Trembesi yang sudah ditanam. Beberapa bibit yang mati karena musim kemarau panjang yang lalu diganti dengan bibit baru. Selain itu, diharapkan masyarakat juga turut menjaga keberlangsungan hidup pohon-pohon rindang itu.

43 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *