Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Philips AquaTouch AT750 dan Philips AquaTouch AT890

Saya dan abang saya memang mirip dengan bapak saya soal kumis, jenggot, dan jambang. Sepertinya memang karena keturunan dari kakek saya yang berewokan. Saya masih ingat ketika itu awal masuk SMA, wajah saya mulai dilengkapi dengan kumis tipis dan jenggot yang halus. Awalnya saya biarkan saja, โ€œTandanya sudah mau jadi orang dewasa,โ€ pikir saya. Tapi lama kelamaan kok makin lebat aja. Kumis saya sudah mulai terlihat, meskipun halus tapi sudah terlihat seperti kumisnya pak satpam sekolah. ๐Ÿ™‚

Karena merasa tidak nyaman akhirnya saya mencukur kumis saya untuk pertama kalinya. Ketika itu saya meminjam pisau cukur milik bapak saya. Sejak saat itulah saya mulai rutin membersihkan muka saya dari kumis, jenggot, dan jambang dengan pisau cukur. Bercukur sudah jadi kebutuhan meskipun kadang repot dan kurang menyenangkan. Repot karena harus rutin mencukur dua-tiga hari sekali dan kadang menyisakan luka di wajah kalau tidak hati-hati.

Meskipun beberapa produk pisau cukur mengklaim aman dan tidak melukai kulit wajah, kadang karena kurang hati-hati ya bisa saja mengakibatkan luka. Yang paling sakit itu ya kalau ada jerawat, kena pisau cukur bisa sakit sekali. Karena itu saya sempat malas bercukur ketika kuliah, saya biarkan kumis, jenggot, dan jambang tumbuh lebat selama seminggu. Meskipun jenggot begitu ngetren ketika itu, saya tak mau wajah saya menjadi berantakan.

Bertahun-tahun saya menggunakan pisau cukur sekali pakai, biasanya selama seminggu saya menghabiskan tiga pisau cukur. Kalau dihitung-hitung tiga pisau per minggu itu harganya sekitar Rp. 12.000,-. Di kali 52 minggu, itu artinya saya menghabiskan sekitar Rp. 624.000,- selama setahun hanya untuk membeli pisau cukur. Itu belum ditambah dengan sampah sekitar 164 pisau cukur yang saya hasilkan selama setahun. Rasanya memang perlu perjuangan untuk memiliki muka klimis setiap hari.

Untungnya pada pertengahan bulan Oktober 2011, istri saya menghadiahkan pisau cukur elektrik (electric shaver) pertama untuk saya, Philips AquaTouch AT750. Selain ingin saya selalu rapi, istri saya juga tidak ingin ada banyak sampah bekas pisau cukur di rumah. Harga electric shaver Philips AquaTouch AT750 ini adalah Rp. 450.000,-. Terkesan mahal untuk sebuah pisau cukur, tapi jika dikalkulasikan maka akan jauh lebih murah. Philips memberikan garansi bahwa electric shaver Philips AquaTouch AT750 ini bisa digunakan selama tiga tahun.

Seperti hitungan pisau cukur saya yang dulu, 3 tahun X Rp. 624.000,- = Rp. 1.872.000,-. Coba bandingkan dengan electric shaver Philips AquaTouch AT750 yang cuma seharga Rp. 450.000,-. Selama menggunakan electric shaver Philips AquaTouch AT750 lebih dari setahun ini, saya memperoleh banyak manfaat. Seperti namanya, Electric shaver Philips AquaTouch AT750 ini bisa digunakan dengan air, jadi bercukur dengan foam tidak masalah. Berbeda dengan pisau cukur konvensional yang berkurang ketajamannya kalau sudah terkena air.

Dalam paket penjualan electric shaver Philips AquaTouch AT750, saya mendapatkan shaver, charger, tutup pelindung, kuas pembersih, manual, dan buku garansi. Electric shaver Philips AquaTouch AT750 ini dilengkapi dengan charger yang digunakan untuk mengisi daya baterai pada shaver. Baterai di dala shaver sudah terlindung sedemikian rupa sehingga saya tidak perlu takut dengan aliran listrik ketika bersentuhan dengan air. Bentuk gagang shaver yang ergonomis sangat memudahkan ketika bercukur, apalagi tombol daya terletak tepat di ibu jari.

Ketika mencoba pertama kali, memang agak sedikit takut karena belum pernah menggunakan pisau cukur elektrik sebelumnya. Saya kemudian buka kepala shaver, hidupkan tombol daya, dan saya bisa lihat langsung bagaimana cara kerja electric shaver Philips AquaTouch AT750 ini. Prinsipnya, permukaan shaver yang bersentuhan dengan kulit wajah hanya melewatkan rambut sedangkan pisau cukur terletak di bagian dalam shaver dan sama sekali tidak bersentuhan dengan kulit. Sehingga electric shaver Philips AquaTouch AT750 benar-benar aman dan tidak akan melukai kulit wajah.

Saking amannya, saya menggunakan electric shaver Philips AquaTouch AT750 ini untuk menggunduli rambut Dedek Diana setelah aqiqah. Awalnya bingung karena kalau pakai pisau cukur biasa pasti kulit kepala Dedek Diana terluka, akhirnya iseng pakai electric shaver Philips AquaTouch AT750. Ajaibnya, selain hasilnya bersih dan tidak ada luka, Dedek Diana ternyata nyaman, bahkan sempat senyam-senyum ketika dicukur. Selain aman, electric shaver Philips AquaTouch AT750 juga praktis karena rambut yang dipotong akan langsung ditampung di bagian dalam shaver.

Enaknya, kalau keluar kota karena tidak perlu bawa charger. Baterai electric shaver Philips AquaTouch AT750 ini jika di-charge penuh selama delapan jam bisa tahan digunakan selama 40 menit bercukur. Jika rata-rata sehari saya bercukur selama lima menit, maka baterai electric shaver Philips AquaTouch AT750 bisa tahan selama 8 hari. Praktis sekali, apalagi soal perawatannya. Setelah selesai bercukur, tinggal buka kepala shaver buang rambut-rambut yang sudah dipotong sekalian cuci shavernya dengan air mengalir. Hebatnya lagi, pisau di dalam shaver ini tidak perlu diasah karena ketika bercukur pisaunya sudah diasah secara otomatis.

Kekurangan electric shaver Philips AquaTouch AT750 cuma satu yaitu tidak bisa digunakan untuk merapikan jambang. Tapi untungnya, di tahun baru ini ada yang ngirimin saya electric shaver Philips AquaTouch AT890. Oh ya, sebenarnya Philips AquaTouch memiliki empat seri, yaitu AT750, AT751, AT890, dan AT891. Di Indonesia, Philips hanya memasarkan Philips AquaTouch seri AT750 dan seri AT890. Electric shaver Philips AquaTouch AT890 sedikit lebih unggul dari seri AT750 karena dilengkapi trimmer pop-up untuk merapikan jambang dan kumis yang sangat lebat.

Fisik electric shaver Philips AquaTouch AT890 tidak berbeda jauh dengan seri AT750. Warna dasarnya tetap hitam, hanya saja corak warna biru yang ada di ser AT750 digeser sedikit dan digantikan dengan corak warna silver yang lebih elegan. Permukaan kepala shaver juga sedikit diperbarui dengan teknologi DualPrecision Cutting yang bisa merapikan rambut-rambut halus dengan lebih cepat. Waktu bercukur yang biasanya sekitar lima menit bisa dipotong sampai tiga menit dengan electric shaver Philips AquaTouch AT890 ini.

Daya tahan baterai electric shaver Philips AquaTouch AT890 juga ditingkatkan. Dengan waktu charging selama satu jam bisa digunakan untuk bercukur selama 50 menit. Ketika saya mencoba trimmer untuk mencukur jambang, cepat dan rapi sekali. Itulah kelebihan yang selama ini tidak saya dapatkan dari electric shaver Philips AquaTouch AT750. Kelebihan yang satu lagi adalah electric shaver Philips AquaTouch AT890 ini dilengkapi dengan kantong shaver. Jadi lebih praktis, electric shaver Philips AquaTouch AT890 akan saya masukkan ke dalam tas. Dan electric shaver Philips AquaTouch AT750 akan saya gunakan di rumah saja.

Catatan : Posting ini belum lengkap dengan foto narsis saya bersama Philips Aquatouch yang baru. Foto-fotonya nyusul ya. *nunggu kumis panjang dulu* ๐Ÿ™‚

8211 Total Views 4 Views Today
16 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *