Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Penyu Untuk Indonesia, Agar Penyu Tidak Punah

Indonesia patut berbangga karena di sepanjang 81.000 kilometer wilayah pantainya terdapat enam spesies penyu dari tujuh spesies penyu yang terdapat di seluruh dunia. Penyu atau biasa disebut kura-kura laut ini memang merupakan hewan pra-sejarah. Menurut penelitian terhadap fosil penyu, hewan langka ini sudah menghuni bumi sejak 200 juta tahun lalu. Sekarang hanya tujuh spesies penyu yang masih bertahan, yaitu Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyu Pipih (Natator depressus), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Tempayan (Caretta caretta), Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea), Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea), dan Penyu Kemp’s Ridley (Lepidochelys kempi). Dari ketujuh spesies penyu tersebut hanya spesies Penyu Kemp’s Ridley yang tidak terdapat di Indonesia.

Tidak hanya kebanggaan yang didapat, Indonesia juga mendapat semacam kepercayaan untuk melestarikan keenam spesies penyu itu. Untuk itulah di beberapa lokasi dibangun pusat penangkaran penyu untuk melestarikan hewan reptilia purbakala yang hampir punah ini. Beberapa penangkaran penyu di Indonesia yang terkenal antara lain, pusat konservasi dan penangkaran penyu di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, di Deluang Sari Tanjung Benoa, di Batavia Bangka Beach Bangka Belitung, di Pangumbahan Ujung Genteng Sukabumi, di Gili Trawangan Nusa Tenggara Barat, di Sukamande Banyuwangi, di Tanjung Belimbing Kalimantan Barat, di Pulau Serangan Bali, dan di Batu Hiu Pangandaran. Masih banyak lagi pusat penangkaran penyu di beberapa daerah di seluruh Indonesia.

Meskipun begitu, upaya pelestarian penyu di Indonesia mengalami kendala karena pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Perdagangan ilegal penyu semakin marak karena penyu bisa digunakan untuk bahan makanan, obat, dan kosmetik. Harga daging dan telurnya yang mahal membuat orang memburu hewan langka ini. Keprihatinan ini menggugah PT. Astra Daihatsu Motor meluncurkan program CSR yang bertajuk Penyu Untuk Indonesia. Usaha pelestarian penyu di Indonesia yang dilakukan PT. Astra Daihatsu Motor ini juga didukung beberapa korporat yang juga peduli terhadap kelestarian penyu di Indonesia. Autobild Indonesia, National Geographic Indonesia, Harian Seputar Indonesia, MetroTV, dan MRA Media Group bergabung dalam program Penyu Untuk Indonesia yang diresmikan bulan Februari 2011 lalu ini.

Program Penyu Untuk Indonesia awalnya mengajak komunitas Daihatsu untuk melakukan penggalangan dana pelestarian penyu. PT. Astra Daihatsu Motor mengajak delapan klub mobil Daihatsu untuk melakukan gathering di Pantai Anyer Banten. Dari delapan komunitas Daihatsu itu, sebanyak 900 orang berkumpul di Pantai Anyer Banten untuk melakukan beberapa kegiatan di antaranya pemutaran film kehidupan penyu. Dari beberapa gathering komunitas Daihatsu seperti itu akan dikumpulkan dana pelestarian penyu. Dana suka rela yang terkumpul akan disumbangkan ke lima pusat penangkaran penyu. Kelima pusat penangkaran penyu itu terdapat di Pantai Pangumbahan Ujung Genteng Sukabumi, di Prancak Bali, di Alas Purwo Banyuwangi Selatan, di Way Tembulih Lampung Barat, dan di Pulau Berau Derawan Kalimantan Timur.

Selain pengumpulan dana suka rela pada acara-acara gathering Daihatsu, program Penyu Untuk Indonesia juga menggalang dana masyarakat umum di situs resmi Penyuuntukindonesiaorg.Com. Program Penyu Untuk Indonesia juga menawarkan program menarik yang diberi nama Adopsi Penyu. Meski tidak secara langsung mengangkat penyu sebagai anak atau peliharaan kita, kita bisa membantu usaha peningkatan kesempatan hidup tukik-tukik penyu. Dengan menyumbang dana sebesar Rp. 50.000,- Anda akan dikirimkan boneka penyu yang lucu. Cara melakukan adopsi penyu secara lebih detail bisa dilihat di situs resmi program Penyu Untuk Indonesia. Program adopsi penyu ini juga menyediakan 100 adopter yang beruntung untuk mengikuti Eco Trip ke penangkaran penyu di Way Tembulih Lampung Barat.

Dengan program Penyu Untuk Indonesia, Anda bisa menyumbang dana untuk pelestarian penyu di Indonesia. Selain bisa mendapatkan boneku penyu yang lucu dan unik, Anda juga bisa berkesempatan berkunjung ke penangkaran penyu Way Tembulih. Semoga dengan program Penyu Untuk Indonesia, keenam spesies penyu di Indonesia terhindar dari kepunahannya.

28424 Total Views 2 Views Today
43 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *