Advertorial Gie, Tekno Gie

Pentingnya Memilih Prosesor Smartphone yang Mumpuni

Saat ini memilih smartphone bukanlah hal sederhana. Kalau dulu memilih smartphone biasanya dilakukan dengan tiga pertimbangan yaitu merek, desain, dan harga. Namun pertimbangan seperti itu sudah mulai ditinggalkan. Percuma mereknya terkenal tapi baterai cepat panas. Percuma desainnya bagus tapi enggak bisa rekam video Ultra HD, dan percuma harganya murah kalau belum setahun sudah rusak.

Saya pernah membeli smartphone karena tiga pertimbangan itu dan akhirnya menyesal. Dari pengalaman itu saya mengambil kesimpulan bahwa memilih smartphone jangan hanya melihat tampilan luar saja tapi juga faktor prosesor smartphone tersebut. Sehebat apapun fitur yang dimiliki smartphone akan terasa sayang kalau prosesornya kurang mumpuni.

Pentingnya Memilih Prosesor Smartphone yang Mumpuni
Pentingnya Memilih Prosesor Smartphone yang Mumpuni

Saya menggunakan smartphone hampir sepanjang hari mulai untuk sosial media sampai berbalas email. Tugas smartphone sudah hampir sama dengan komputer. Komputer biasanya saya gunakan untuk mengetik dokumen yang panjang. Selain itu lebih enak menggunakan smartphone karena praktis dan bisa dilakukan sambil leyeh-leyeh.

Meskipun praktis, smartphone juga punya keterbatasan yaitu tidak bisa upgrade prosesor seperti komputer. Karena itu saya harus memastikan prosesor smartphone yang saya gunakan sudah pas dengan kebutuhan. Kalau salah pilih enggak bisa upgrade dan harus ganti smartphone. Sayang banget kan duitnya? Inilah pentingnya memilih smartphone dengan pertimbangan prosesor.

Buat kamu yang lagi nyari smartphone dengan prosesor mumpuni, saya merekomendasikan Oppo N3. Prosesor Oppo N3 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 801. Oppo N3 juga dilengkapi dengan CPU Quad-core 2.3 GHz Krait 400 dan GPU Adreno 330. Dengan chipset Qualcomm Snapdragon 801, Oppo N3 memiliki keunggulan dari sisi performa, konsumsi daya, dukungan grafis, dan koneksi 4G/LTE.

Selama ini saya pikir internet lelet karena jaringannya kurang bagus. Tapi ternyata internet lelet bisa juga disebabkan karena smartphone yang prosesornya payah. Dengan prosesor Snapdragon, internetan akan lebih lancar karena konektivitasnya lebih baik. Apalagi prosesor Oppo N3 memiliki 4 inti (Quad-core), semua pekerjaan berat akan dilakukan dengan lancar dalam waktu bersamaan.

Buat kamu yang suka bermain game di smartphone, Oppo N3 juga sudah dilengkapi dengan GPU Adreno 330. Graphic processing unit ini sangat penting untuk keperluan gaming karena semua pengolahan grafis dilakukan oleh GPU. Dengan begitu semua game bisa dijalankan dengan lancar di Oppo N3.

Jadi mulai sekarang pertimbangan utama saat membeli smartphone itu prosesornya. Setelah prosesornya aman baru pilih-pilih sesuai desain dan fitur yang diinginkan. Jangan sebaliknya ya. 🙂

3554 Total Views 1 Views Today

14 Comments

  1. klo untuk saya procie no 2, uang yang pertama, klo udah ada uang baru deh liat spesifikasinya yang bagus (procie masuk dalam hal ini) 😀

  2. Mas, Oppo N3 itu apakah yg kameranya bisa diputer2 itu ya?
    Keren ya klo hp prosesornya udah canggih mas, nggak mati gaya pas harus buka bbrp tab dan hp jadi lelet. Kerjaan jadi cepet beres klo hpnya model gini.

  3. Oke deh mas.. Mantap tipsnya nih. Memang terkadang konsumen rata-rata tertarik dari penampilan luarnya dulu tanpa memperdulikan ‘jeroan’-nya. Padahal sebetulnya jeroan lah yang lebih penting…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *