Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Pantai Ngurbloat di Kepulauan Kei Maluku Tenggara

Beberapa hari ini media diramaikan dengan tertangkapnya John Kei, namun saya tidak ingin membicarakan kasus hukum pria yang berasal dari Kepulauan Kei, Kotamadya Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, ini. Anda perlu tahu, Kepulauan Kei mendapatkan pujian dari banyak penulis yang menjulukinya sebagai pulau yang mempunyai pantai tercantik di dunia. Pantas saja jika banyak traveler yang rela menempuh ribuan kilometer untuk merasakan kelembutan pasir putihnya. Bahkan, Lonely Planet mengklaim Pantai Ngurbloat memiliki pasir terhalus di dunia.

Pemandangan Kepulauan Kei dari Udara
Ilustrasi dari Weekendsg.Blogspot.Com

Di peta, Anda bisa menemukan Kepulauan Kei terletak tepat di bawah jazirah Kepala Burung Papua Barat. Kepulauan Kei ini dikelilingi oleh Laut Banda dan Laut Aru. Kawasan Kepulauan Kei ini dihuni sekitar 122 ribu jiwa yang menempati beberapa pulau utama, yaitu Pulau Kei Besar, Pulau Kei Kecil, Pulau Tanimbar Kei, Pulau Kei Dulah, Pulau Dulah Laut, Pulau Kuur, Pulau Taam, dan Pulau Tayandu. Di Kepulauan Kei ini terdapat dua kota utama, yaitu Kota Tual dan Kota Langgur. Keduanya saling melengkapi, Kota Tual memiliki pelabuhan dan Kota Langgur memiliki bandar udara.

Untuk mencapai Kepulauan Kei, Anda bisa terbang dari Jakarta menuju Ambon. Dari Bandara Pattimura Ambon, Anda bisa melanjutkan perjalanan udara selama 1,5 jam menuju Bandara Dumatubun Langgur. Jika Anda ingin melanjutkan perjalanan dengan kapal laut, Anda bisa naik kapal dari Pelabuhan Yos Sudarso menuju Pelabuhan Tual. Selama 18 jam perjalanan laut itu, kapal akan singgah dua jam di Pelabuhan Banda Naira. Waktu-waktu terbaik untuk mengunjungi Kepulauan Kei adalah bulan April-Mei dan bulan Oktober-Desember karena cuacanya cerah dan ombak cenderung tenang.

Pantai Ngurbloat Pulau Kei Kecil Maluku Tenggara
Ilustrasi dari Garudamagazine.Com

Dari Bandara Dumatubun Langgur, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer untuk mencapai Pantai Ngurbloat. Anda bisa menggunakan mobil sewaan atau angkutan umum dari Pasar Ohoijang, Langgur. Setelah perjalanan sekitar satu jam, Anda bisa mencapai Pantai Ngurbloat yang terletak di Desa Ngilngof, di bagian barat Pulau Kei Kecil. Di Pantai Ngurbloat itu, fotografer legendaris mengabadikan keindahan kesempurnaan pantai itu dan memberikan catatan “No beach in the world surpass the powderfine sand of the Kei archipelago” pada foto itu.

Di Pantai Ngurbloat ini terdapat Coaster Cottage yang kerap dikunjungi wisatawan mancanegara. Tidak jarang penginapan yang menawarkan tiga bungalo ini didatangi bule-bule yang jauh-jauh berbulan madu dari Amerika atau Eropa. Pemilik Coaster Cottage, Mama Kitty, terkenal sebagai juru masak yang handal. Keahlian memasak Mama Kitty ini menjadi daya tarik tersendiri di tidak banyak rumah makan yang bisa Anda temukan di Pantai Ngurbloat.

8746 Total Views 2 Views Today
34 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *