Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Nonton JKT48, HaKU, dan WEAVER di Indonesia Japan Expo 2013 Yuk

Tidak terasa sudah hampir di penghujung tahun 2013. Kalau saya perhatikan, tahun 2013 ini banyak acara kebudayaan Jepang di Indonesia. Begitu juga sebaliknya, acara kebudayaan Indonesia di Jepang juga tidak sedikit. Beberapa acara yang diselenggarakan di Indonesia antara lain Jak-Japan Matsuri di Jakarta, Turnamen Sumo di Jakarta, Japan Festival Bali 2013, Jakarta Little Tokyo Ennichisai 2013 di Jakarta, Anime Festival Asia 2013 di Jakarta, dan Japan Halal Food Project di Jakarta.

Sedangkan acara yang diselenggarakan di Jepang antara lain Festival Persahabatan Indonesia-Jepang di Tokyo, Festival Tari Bali di Osaka, dan Festival Film Indonesia di Jepang. Itu hanya sebagian dari acara kebudayaan Indonesia-Jepang yang saya ketahui dan mungkin masih banyak lagi acara lainnya. Selidik punya selidik, ternyata banyaknya acara kebudayaan Indonesia-Jepang ini berkaitan dengan perayaann 55 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang yang sudah dimulai sejak tahun 1958.

Meskipun sejarah penjajahan Jepang tidak bisa dilupakan, tapi ternyata Jepang menjadi salah satu negara yang paling awal menjalin kerjasama bilateral dengan Indonesia. Kerjasama dalam berbagai bidang terus dijalin untuk mempererat persahabatan Indonesia-Jepang. Saat ini diperkirakan ada sekitar 14.000 orang Jepang di Indonesia dan 24.000 orang Indonesia di Jepang. Di Indonesia, saat ini ada lebih dari 1.200 perusahaan Jepang yang memperkerjakan lebih dari 300.000 pekerja Indonesia.

Indonesia Japan Expo 2013

Saya kira banyaknya rangkaian acara kebudayaan Indonesia-Jepang itu sudah cukup untuk tahun ini. Tapi ternyata di penghujung tahun 2013 ini masih ada satu acara puncak bertajuk Indonesia Japan Expo 2013 untuk memeriahkan 55 tahun persahabatan kedua negara. Acara yang digagas oleh Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang (PPIJ) dan The Nikkan Kogyoo Shimbun Ltd ini akan diadakan mulai besok, Kamis tanggal 19 Desember 2013, di arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran.

Indonesia Japan Expo 2013 akan menjadi tempat berkumpulnya berbagai perwakilan dari pemerintah, isntitusi, perusahaan, dan komunitas dari kedua negara. Tercatat sudah ada hampir 200 stan yang siap menerima kunjungan kamu di Hall A dan Hall D, Pekan Raya Jakarta. Banyak banget stan-nya, tapi saya sudah menandai beberapa stan yang akan saya kunjungi hari Jumat nanti, oya Indonesia Japan Expo 2013 ini diadakan selama empat hari, mulai hari Kamis sampai hari Minggu ini.

Beberapa stan yang akan saya kunjungi adalah Japan Halal Food Project di stan A-83, Toto Indonesia di stan A-156/157, Film Aishiteru di stan A-109c, dan Japan Lighting Manufactures Association di stan D-19. Yang pastinya selagi ada waktu pasti semua stan akan saya datangi. Saya tuh kagum banget sama teknologinya Jepang yang keren. Salah satunya adalah konsep kota pintar yang telah ‘menyulap’ Kitakyushu City dari kota tambang baja penuh polusi udara menjadi kota ramah lingkungan.

Indonesia Japan Expo 2013

Stan-stan di Indonesia Japan Expo 2013 akan mengusung tema “Smart Community in Indonesia” yang mencakup industri otomotif, infrastruktur sosial, teknologi lingkungan, pariwisata, penanggulangan bencana, hingga telekomunikasi. Pameran ini diharapkan memberikan informasi mengenai Jepang kepada masyarakat Indonesia, begitu juga sebaliknya. Misalnya, konsep kota pintar Kitakyushu City bisa diterapkan di kota tambang baja di Indonesia seperti di kota Cilegon, Banten.

Ternyata pameran di ratusan stan itu hanya sebagian dari acara Indonesia Japan Expo 2013. Salah satu alasan saya memilih untuk datang hari Jumat adalah karena pada hari itu akan ada 4 seminar/workshop. Pada hari pertama ada satu seminar yaitu Monozukuri V “The Secret of Bathub Industry” di ruangan Semeru 1 dan 2. Di hari Jumat berturut-turut ada seminar Environment (Kitakiyushu), Innovation & Productivity, Smart Community & Indonesia New Energy, dan AIST Workshop for Innovation Ecosystem in Indonesia. Lokasi seminarnya di ruangan Semeru, Kerinci, dan Lawu.

Di hari Kamis dan Jumat akan diadakan Indie J-Band Competition. Selain itu, di hari Kamis ada Shamisen Performance, Workshop Oshibana, dan Workshop & Competition Kinchaku, Kimekomi Ball, & Mini Zori. Hari Jumat juga akan ada Talkshow “Mengenal Lebih Dekat Culture Masyarakat Jepang with Guest Star (Cow-cow Senam)”, Workshop IGO, Cha No Yu, Lesson From Japanese Public Diplomacy with Japan Foundation, dan Workshop & Competition Kanzashi dan Kurumi.

Indonesia Japan Expo 2013

Kalau mau lebih banyak acara hiburannya mending datang hari Sabtu dan Minggu karena ada banyak acara hiburan. Selain ada final Indie J-Band Competition juga akan ada kolaborasi musik angklung dan shansin, percussion performance by Siloka, dan Japan Keion Band pada hari Sabtu. Yang paling ditunggu sih penampilan dari band Jepang, HaKU (Sabtu) dan WEAVER (Minggu). Dan pada minggu malam, Indonesia Japan Expo 2013 akan ditutup dengan penampilan JKT48!

Awalnya sih cuma pengen datang hari Jumat, tapi karena lihat artis-artis yang akan tampil saya bisa datang beberapa kali kayaknya. Kalau kamu mau ke Indonesia Japan Expo 2013 bisa janjian ya. Tiketnya murah banget kok, cuma Rp. 20.000,- dan untuk melihat artis-artisnya kamu tidak perlu beli tiket lagi di dalam. Uang sekali makan bisa buat nonton JKT48? Untuk info selengkapnya kamu bisa cek di situs resmi Indonesia Japan Expo 2013. Sampai ketemu di Pekan Raya Jakarta Kemayoran ya.

24 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *