Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Bolehkah Minum Kopi dan Softdrink Saat Hamil?

Istri saya adalah seorang pecinta kopi, bahkan saat hamil seperti ini istri saya tetap minum kopi. Tapi untungnya saat ini istri saya sudah bisa mengurangi dosis kopinya. Dulu istri saya bisa menghabiskan kopi sampai empat gelas dalam sehari. Namun setelah hamil, istri saya paling minum satu gelas kopi sehari. Banyak orang mengingatkan agar istri saya berhenti atau mengurangi kopi karena kurang bagus untuk kesehatan dan juga untuk kandungannya. Namun kadang saya bingung karena ada yang bilang boleh dan ada yang bilang tidak boleh minum kopi saat hamil.

Minum Kopi Saat Hamil

Istri saya juga sudah mulai minum teh untuk mengurangi kebiasaan ngopinya, meskipun kandungan kopi dan teh tidak berbeda jauh. Kopi dan teh sama-sama mengandung kafein yang bisa meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Kafein juga menyebabkan frekuensi buang air kecil lebih sering sehingga dikhawatirkan bisa meluruhkan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan si jabang bayi. Kafein dalam kadar tertentu juga bisa menyebabkan pengerutan pembuluh darah sehingga aliran darah ke plasenta bisa berkurang.

Dalam kadar yang lebih tinggi, kafein bisa memberikan efek negatif kepada ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Kafein dapat dengan mudah melewati sawar darah plasenta hingga memasuki aliran darah janin. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan denyut jantung janin yang bisa berkelanjutan sampai bayi dilahirkan dan menyebabkan bayi sulit tidur. Kafein dalam kadar tertentu juga bisa menghambat turunnya buah zakar dari panggul ke kantong zakar pada bayi laki-laki sehingga buah zakar masih berada di rongga panggul ketika bayi dilahirkan.

Selain mengandung kafein, kopi dan teh ternyata mengandung senyawa fenol yang bisa menghambat penyerapan zat besi dalam saluran pencernaan. Inilah yang membuat ibu hamil rentan terkena anemia. Namun bagaimana bila ibu hamil itu seorang kopiholik seperti istri saya? Menurut American Journal of Obstretics and Gynecology, batas aman konsumsi kafein untuk ibu hamil adalah 200 mg per hari. Nilai kandungan 200 mg itu setara dengan 2 cangkir kopi atau 4 cangkir teh. Menurut penelitian tersebut, ibu hamil yang mengkonsumsi kafein melebihi 200 mg per hari mempunyai resiko keguguran yang lebih tinggi.

Jadi, ibu hamil bukan tidak boleh minum kopi. Tapi sebaiknya mengurangi konsumsi kafein agar si jabang bayi tetap sehat di dalam kandungan, agar masa-masa hamil menjadi perjalanan indah selama 9 bulan 10 hari.

5129 Total Views 2 Views Today
16 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *