Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Menjadikan Olahraga sebagai Gaya Hidup dengan FORNAS 2011

Hari Minggu lalu saya jalan santai dalam event car free day. Di event car free day yang bertepatan dengan Hari Car Free Day Internasional itu saya mengamati olahraga bersepeda, jalan kaki, senam, dan bersepatu roda sudah menjadi life style warga ibukota. Program car free day yang awalnya ditujukan untuk emisi gas buang kendaraan bermotor itu kemudian menjadi tren baru bagi warga Jakarta. Car free day menjadi perpaduan antara life style dan healthy, dimana olahraga tidak hanya dilakukan oleh para atlet namun juga dilakukan oleh semua orang di jalanan ibukota. Tren car free day ini begitu istimewa karena dilakukan oleh semua kalangan mulai dari anak kecil sampai orang tua.

Ketika berjalan santai di Jalan Sudirman, tepatnya di dekat Patung Jenderal Sudirman, saya tertarik untuk menyambangi sebuah stand yang dikerumuni banyak peserta car free day. Orang-orang itu ternyata mengerumuni stand Car Free Day FORNAS yang merupakan pre-event Festival Olahraga Rekreasi Nasional yang akan diadakan bulan Oktober nanti. Saya kemudian ingat pidato Menpora pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) dimana olahraga akan dijadikan sebagai gaya hidup modern bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain baik untuk kesehatan, olahraga juga bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah regional dan internasional.

Dalam Undang-undang Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragan Nasional, pembangunan olahraga nasional dibagi dalam empat pilar yaitu olahraga prestasi, olahraga pendidikan, olahraga penyandang cacat, dan olahraga rekreasi. Olahraga prestasi dilombakan dalam event seperti PON, SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade. Olahraga pendidikan dilombakan dalam event seperti POPNAS, POMNAS, POM ASEAN, dan Universiade. Olahraga penyandang cacat dilombakan dalam event PORCANAS, SEA Para Games, dan Paralympic Games. Olahraga rekreasi sebelumnya belum mempunyai event kompetisi resmi, maka diadakan FORNAS 2011 yang ternyata telah dua kali melaksanakan dua pre-event Car Free Day FORNAS 2011.

Stand pre-event FORNAS 2011 begitu ramai dikunjungi ratusan peserta car free day itu. Di stand itu terdapat banyak orang yang mencoba olahraga rekreasi yang akan dilombakan dalam FORNAS 2011. Di stand pre-event FORNAS 2011 itu terdapat beberapa fasilitas olahraga rekreasi seperti egrang, bakiak atau terompah panjang, liong barongsai, dan gebuk bantal. Banyak yang mencoba olahraga-olahraga rekreasi tersebut, di antaranya anak-anak yang berlomba menjatuhkan lawannya dengan gebukan bantalnya. Ada juga beberapa orang yang dengan kompaknya melaju bersama di atas terompah panjangnya. Egrang juga tidak kalah serunya, olahraga tradisional berjalan dengan tongkat bambu ini begitu menarik pengunjung. Meskipun panitia menyediakan begitu banyak egrang tapi semua egrang dipakai oleh para pengunjung.

Selain itu, stand pre-event juga diisi penampilan para biker BMX yang mengadakan aksi free style. Beberapa biker melakukan trik-trik free style BMX diiringi dengan dentuman musik dari seorang disk jockey. Para pengunjung dihibur dengan penampilan meliuk-liuk dengan gaya Bunny Hop, Tail, No Hand, X-Up, Baar Spin, dan Back Flip. Penampilan para biker BMX yang memukau seringkali membuat para pengunjung berteriak histeris. Beberapa biker BMX yang tampil di pre-event FORNAS 2011 ternyata pernah mengikuti kompetisi BMX internasional di Singapura beberapa waktu lalu.

Pada pelaksanaan FORNAS 2011 tanggal 6 sampai tanggal 9 Oktober 2011 nanti, Sepeda BMX menjadi salah satu olahraga modern yang dilombakan. Olahraga modern lainnya yang dilombakan dalam FORNAS 2011 adalah skate board, inline skate, 3 on 3 basketball, cheerleaders, modern dance, wall climbing, soccer street, capoiera, dan parkour. Dengan diadakannya kompetisi olahraga-olahraga modern ini, FORNAS 2011 diharapkan bisa menjadikan olahraga sebagai gaya hidup orang Indonesia. Gaya hidup sehat melalui olahraga rekreasi memang menjadi solusi jitu karena selama ini ada anggapan bahwa olahraga hanya untuk para atlet. Olahraga rekreasi tidak hanya bisa membuat badan selalu bugar tapi juga bisa menyegarkan pikiran.

Selain olahraga modern, FORNAS 2011 juga menyelenggarakan kompetisi olahraga-olahraga tradisional, kompetisi olahraga senam, dan beberapa fun games. Pada pelaksanaan FORNAS pertama ini, Anda bisa menjadi peserta FORNAS 2011 dan bila menang Anda berhak atas Dana Pembinaan dari panitia FORNAS 2011. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa mengakses situs FORNAS 2011, like fanpage Facebook FORNAS Indonesia 2011, dan juga  follow Twitter @fornasindonesia. Sejak tanggal 22 September 2011 lalu, panitia FORNAS 2011 mengadakan kontes di Facebook dan Twitter. Anda bisa memenangkan total hadiah delapan juta rupiah, mulai dari uang tunai, voucher pulsa, voucher belanja, telepon genggam, dan sepeda.

FORNAS 2011 untuk kita, Untuk Kebaikan Indonesia.

3811 Total Views 2 Views Today
38 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *