Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Mencari Solusi Keuangan dengan Citibank Ready Credit

Dalam pengelolaan keuangan, kita harus mempelajari setiap layanan yang ditawarkan bank dan lembaga keuangan. Melihat kebutuhan pendanaan masyarakat yang meningkat, bank dan lembaga keuangan menawarkan beberapa layanan, antara lain Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kartu Kredit. Baru-baru ini, Citibank memperkenalkan sebuah layanan baru yang diberi nama Citibank Ready Credit (Kredit Siap Pakai). Karena masih baru, mungkin kita masih bingung membedakan antara Ready Credit dengan fasilitas kredit lainnya. Setiap layanan kredit mempunyai karakteristik masing-masing, sehingga kita dituntut untuk mempelajari secara rinci jika tidak ingin rugi di kemudian hari.

Citibank Ready Credit

Citibank Ready Credit merupakan kredit revolving (pinjaman yang bisa digunakan lagi setelah dilunasi) dalam bentuk kartu. Sekilas memang mirip kartu kredit karena dengan pinjaman dalam bentuk kartu sehingga bisa digunakan untuk menarik dana tunai di manapun dan kapanpun. Bank Indonesia menilai produk Ready Credit ini berbeda dengan kartu kredit, meskipun penarikan kreditnya menggunakan kartu dan fitur layanannya mirip kartu kredit. Bedanya, Ready Credit tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran atau berbelanja dan hanya bisa digunakan untuk menarik dana tunai melalui mesin ATM. Untuk lebih detail, mari kita pelajari perbedaan antara Ready Credit, KTA, dan Credit Card (kartu kredit).

Citibank Ready Credit memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Jika KTA memerlukan biaya admistrasi sebesar 3 persen dan biaya pelunasan di muka mencapai 5 persen, Ready Credit bebas dari biaya-biaya tersebut. KTA hanya menawarkan cicilan tetap, sementara Ready Credit menawarkan tiga pilihan, yaitu pembayaran minimal 6 persen, cicilan tetap, atau gabungan keduanya. Ready Credit juga bisa memungkinkan untuk mengisi kembali plafon pinjaman setelah pembayaran diterima dan pengguna dapat kembali mengambil dana tunai, sementara KTA hanya bisa digunakan untuk satu kali penggunaan. Ready Credit mempunyai fasilitas gratis transfer-tarik tunai dan juga dilengkapi dengan perincian transaksi Lembar Penagihan Bulanan melalui email, sementara KTA tidak memiliki dua fasilitas tersebut.

Citibank Ready Credit

Dibandingkan kartu kredit, Citibank Ready Credit juga memiliki beberapa keunggulan. Kartu kredit memerlukan iuran tahunan mencapai Rp. 300.000,- dan biaya administrasi 4 persen dari penarikan tunai, sedangkan Ready Credit bebas iuran tahun dan biaya administrasi tersebut. Bunga Ready Credit sebesar 36,50 persen per tahun tentu lebih rendah dari bunga kartu kredit yang mencapai 45 persen per tahun. Jika pembayaran minimal Ready Credit sebesar 6 persen dari total tagihan, sementara pembayaran minimal kartu kredit sebesar 10 persen dari total tagihan. Jika dikalkulasikan, Ready Credit lebih ringan 2,5 kali dibandingkan kartu kredit.

Sebagai produk baru yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Citibank Ready Credit memiliki banyak keunggulan dibandingkan layanan kredit lainnya. Citibank Ready Credit merupakan satu-satunya pinjaman revolving yang bebas biaya, yaitu antara lain bebas iuran tahunan, bebas biaya administrasi, bebas biaya penarikan tunai, bebas biaya transfer ke bank apa saja, dan bebas biaya penalti jika cicilan dilunasi sekaligus. Dengan Citibank Ready Credit, dana selalu siap pakai karena bisa digunakan untuk pembayaran dan penarikan tunai di ATM Citibank dan ATM BCA. Citibank Ready Credit juga bisa digunakan di luar negeri melalui semua ATM yang berlogo PLUS.

Jika Anda membutuhkan pinjaman dan bisa membawa dalam waktu cepat, misalnya ingin membeli smartphone terbaru seminggu sebelum gajian, Citibank Ready Credit menjadi solusi terbaik. Untuk mendapatkan fasilitas Citibank Ready Credit ini, Anda harus melengkapi beberapa persyaratan, yaitu Warga Negara Indonesia dengan usia 21-65 tahun, fotokopi KTP/Paspor, fotokopi NPWP, fotokopi kartu kredit, dan penghasilan minimum Rp. 60.000.000,- per tahun. Untuk melindungi Anda dari risiko tidak bisa membayar tagihan Ready Credit, Citibank juga menyediakan asuransi Credit Shield PLUS. Premi Credit Shield PLUS ini ringan yaitu sebesar 0,69 persen dari saldo hutang Ready Credit per bulan.

Setelah mempelajari lebih dalam, Anda sudah mantap dengan Citibank Ready Credit, kan?

18679 Total Views 4 Views Today
64 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *