Advertorial Gie, Tekno Gie

Membedah Menu Multi-Link Screen di Samsung Curved UHD TV

Sejak dari kecil, Diana selalu pengen ikutan kalau saya berlama-lama di depan layar komputer. Kalau sudah begitu, Diana minta macam-macam. Mulai dari liat koleksi fotonya sendiri sampai minta nonton video di YouTube. Kalau lagi santai sih tidak masalah, tapi kalau lagi ada kerjaan kadang harus rebutan.

Untungnya sekarang punya all-in-one pc dengan layar cukup besar, layarnya 21,5 inchi. Jadi kalau Diana pengen minta liat YouTube ya tinggal bagi layar jadi dua, satu untuk saya dan satunya lagi untuk Diana. Kadang kalau tidak ada Diana, layar juga suka saya bagi dua masing-masing untuk Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Kebiasaan berbagi layar dengan Diana itu membuat saya teringat dengan televisi layar lengkung Samsung Curved UHD TV. Selain punya layar lengkung dan kualitas gambar yang istimewa, Samsung Curved UHD TV juga punya menu Multi-Link Screen yang ternyata bisa sangat membantu kalau Diana mau nonton video sambil dipangku.

Menu Multi-Link Screen ini bisa digunakan untuk membagi layar sesuai kebutuhan. Kalau saya sih biasanya membagi layar jadi dua karena masih terasa lapang ukurannya. Kalau kepepet kadang dibagi jadi tiga tapi ukuran yang dua jadi kecil-kecil. Maklum layar 20-an inchi kalau dibagi 4 bagian ya jadi seukuran phablet layarnya.

Lain soalnya kalau punya Samsung Curved UHD TV yang punya ukuran maksimal 78 inchi. Seri HU9000 punya tiga pilihan ukuran layar yaitu 55, 65, dan 78 inchi. Sedangkan seri HU7200 punya dua pilihan ukuran layar yaitu 55 dan 65 inchi. Ukuran layar terkecil (55 inchi) pun masih cukup lapang kalau dibagi menjadi 4 bagian.

Membedah Menu Multi-Link Screen di Samsung Curved UHD TV

Untuk mengaktifkan menu Multi-Link Screen, tinggal pencet tombol M. Screen di Smart Touch Remote. Tombol M. Screen terletak di sudut kanan paling bawah. Sebelum mengaktifkan menu Multi-Link Screen jangan lupa pastikan Samsung Curved UHD TV sudah terhubung dengan jaringan internet. Begitu menu Multi-Link Screen diaktifkan, akan muncul tiga menu yaitu Web Browser, YouTube, dan Samsung Apps.

Kalau ingin internetan sambil nonton televisi, tinggal pilih menu Web Browser makan layar akan dibagi menjadi dua ; sebelah kiri layar televisi dan sebelah kanan layar browser. Hal ini sangat berguna untuk saya ketika ingin nonton bola sambil tetap ngetweet. Jadi tidak perlu berpindah layar. Untuk mengetik di Web Browser, Samsung Curved UHD TV sudah dilengkapi dengan keyboard virtual yang bisa dioperasikan dengan Smart Touch Remote.

Menu Web Browser ini juga bisa diakses dengan layar tunggal hanya dengan mengklik full-screen di browser. Dua menu lainnya juga punya fitur yang hampir sama. Nonton televisi sambil nonton YouTube atau mengunduh aplikasi di Samsung Apps. Selain itu ada menu Exit untuk kembali ke layar tunggal dan menu Settings untuk memilih menggunakan speaker atau bluetooth headphone.

Membedah Menu Multi-Link Screen di Samsung Curved UHD TV

Dengan menu Multi-Link Screen ini, rasanya memiliki 4 televisi dalam satu layar. Bisa dikatakan Samsung Curved UHD TV bisa meringkas satu televisi, satu komputer, satu laptop, dan satu tablet. Karena dengan menu Multi-Link Screen ini, saya bisa nonton acara televisi (televisi), internetan (komputer), nonton YouTube (laptop), dan mengunduh aplikasi (tablet). Semua jadi ringkas dalam satu layar saja.

Selain menu Multi-Link Screen, saya juga suka dengan teknologi UHD Upscalling yang dimiliki Samsung Curved UHD TV. Dengan teknologi ini, rekaman video beresolusi rendah bisa diubah menjadi menjadi lebih tajam dan detail. Teknologi UHD Upscalling ini bisa menganalisa sumber tayangan lalu memprosesnya menjadi tayangan video dengan kualitas yang sempurna.

Ini sangat berguna bagi saya karena banyak rekaman video Diana waktu kecil hanya menggunakan kamera ponsel dengan resolusi kecil. Kalau dengan layar biasa, video beresolusi rendah itu tampak pecah-pecah. Tidak hanya untuk rekaman video Diana, teknologi UHD Upscalling ini juga berguna untuk nonton YouTube karena banyak video YouTube yang resolusinya sangat rendah.

Untuk tahu lebih detail mengenai menu Multi-Link Screen ini, kamu bisa lihat video Samsung Curved UHD TV seri HU9000 ini.

Buat kamu yang ingin punya Samsung Curved UHD TV, kebetulan nih ada kompetisi #CapturedTheCurved. Caranya gampang tinggal foto dan bikin testimoni lalu upload foto ke Instagram atau Twitter dengan hashtag #CapturedTheCurved #Samsung #CurvedUHDTV. 2 pemenang beruntung akan mendapatkan Samsung Curved UHD TV 55″. Buruan terakhir tanggal 21 Desember 2014 ya. Cek keterangan lengkapnya di lama #CapturedTheCurved.

5291 Total Views 1 Views Today

21 Comments

    1. Wah bener banget nih. Selama ini kan galau kalau ada 2 match bareng, gonta-ganti channel. Kalau gini kan tinggal bagi layar aja..

    1. Lho kebalik, Mas. Kalau layar lengkung gini bidang pandangnya makin luas, bisa nonton dari samping. Kalau layar datar ga bisa seluas itu.

  1. jarang nonton tipi sih akunya, tapi kalau dikasih tivi segedhe gaban serta melengkung seperti ini keknya hobiku jadi tambah satu, yaitu nonton tipi deh. Yakin!

    1. Iya, Mas Indra. Bisa semakin simpel jadinya. Ga perlu banyak layarlah, cukup satu layar tapi bisa ngerjain semua. Nonton iya, internetan juga iya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *