Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Mari Menyumbang untuk Melestarikan Wikipedia

Sekitar 45 tahun lalu, tepatnya tanggal 7 Agustus 1966, seorang anak laki-laki dilahirkan di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. Ayahnya yang seorang pemilik toko kelontong dan ibunya yang seorang guru swasta memberinya nama Jimmy Donal Wales, “Jimbo” panggilannya. Di sekolah ibunya yang hanya terdiri dari satu ruangan itu, Jimmy Wales ikut menuntut ilmu. Karena hanya ada empat orang dalam kelas Jimmy Wales, pihak sekolah menggabungkan murid-murid kelas 1 sampai kelas 4, begitu juga dengan kelas 5 sampai kelas 8. Meskipun begitu, ketika itu Jimmy Wales gemar membaca buku-buku ensiklopedia, seperti Britannicas dan World Book Encyclopedias.

Wikipedia Soe Hok Gie

Berpuluh-puluh tahun kemudian, Jimmy Wales menciptakan ensiklopedia online yang dia namakan Nupedia.com. Bersama Larry Sanger, Jimmy Wales meluncurkan Nupedia pada bulan Maret 2000. Nupedia sangat menarik ketika itu karena semua orang yang ahli di bidangnya masing-masing bisa menyunting ensiklopedia bebas tersebut. Larry Sanger kemudian mengajukan ide untuk membuat ensiklopedi bebas dengan piranti lunak Wiki. Proyek sampingan yang dinamakan Wikipedia itu kemudian secara resmi diluncurkan pada 15 Januari 2001. Nupedia pun terbengkalai ketika Larry Sanger memutuskan untuk tidak melanjutkan kerja sama dengan Jimmy Wales. Dalam perkembangannya Wikipedia jauh lebih sukses dibandingkan pendahulunya.

Pada pertengahan tahun 2003, Jimmy Wales mendirikan Wikimedia Foundation, sebuah perusahaan nirlaba yang didirikan untuk mendukung proyek-proyek Wikipedia. Karena ini merupakan perusahaan nirlaba, sampai sekarang Jimmy Wales tetap membebaskan laman Wikipedia dari iklan-iklan. Selain dari kantong Jimmy Wales sendiri, Wikimedia Foundation juga menerima donasi dan hadiah dari siapapun juga. Selain untuk menutupi biaya operasional, Jimmy Wales juga harus memikirkan dana yang diperlukan untuk mengadakan konferensi-konferensi, seperti Wikimeets dan Wikimania. Tanpa memasang iklan di laman Wikipedia, Jimmy Wales bisa mengumpulkan donasi sebesar 4 juta USD untuk mengelola Wikipedia.

Sekarang ini Wikipedia menjadi situs referensi paling besar di internet, Jimmy Wales telah berhasil menciptakan ensiklopedia online terbesar di dunia. Wikipedia begitu menarik perhatian karena Wikipedia tidak hanya menyajikan informasi dalam sebuah ensiklopedia bebas namun juga memuat artikel-artikel terkait dan terhangat yang sangat membantu orang dalam pekerjaannya. Uniknya, para ahli bisa menyunting artikel-artikel yang kurang sempurna. Namun Wikipedia tetap menjaga kualitas dengan menetapkan laman terlindung dan mem-blok pengguna yang tidak berkompeten. Dengan bantuan para kontributor di masing-masing negara, Wikipedia berkembang dengan cepat. Wikipedia Bahasa Inggris, Perancis, dan Jerman bahkan telah menembus angka 1 juta artikel, sedangkan Wikipedia Bahasa Indonesia sampai saat ini sudah terhitung memiliki 153.000 artikel.

Sekarang Wikipedia menjadi situs terbesar ke-5 dunia di bawah Google, Facebook, YouTube, dan Yahoo. Istimewanya, Wikipedia menjadi satu-satunya situs lima besar dunia yang tidak memasang iklan. Namun perlahan-lahan Wikipedia mulai kewalahan karena semakin banyaknya artikel belum diimbangi dengan peningkatan jumlah server. Saat ini Wikipedia memiliki 679 server dan 95 staf, sangat sedikit bila dibandingkan dengan Google yang memiliki jutaan server dan Yahoo yang mempunyai 13 ribu staf. Meskipun begitu, saat ini Wikipedia melayani 450 juta pengunjung unik setiap bulannya.

Sebagai pendiri situs papan atas dunia, Jimmy Wales bukannya tidak mendapatkan tawaran dari beberapa pihak untuk mengkomersialkan Wikipedia. Namun Jimmy Wales enggan mengingkari janjinya sejak awal mendirikan Wikipedia, “Iklan bukanlah sesuatu yang jahat, namun iklan tidak memiliki tempat di sini, tidak di Wikipedia,” begitulah pernyataan Jimmy Wales dalam Surat Permohonan Pribadi-nya. Dengan surat itu, Jimmy Wales mengundang kepada Anda dan semua yang peduli kepada Wikipedia untuk menyumbangkan sebagai dana Anda untuk melestarikan Wikipedia.

Bagi donatur dari Indonesia, Wikipedia memberikan kemudahan pemberian kemudahan melalui beberapa pilihan. Anda bisa menyumbang dengan PayPal, kartu kredit, dan transfer bank. Segera klik Surat Permohonan Pribadi Jimmy Wales untuk turut melestarikan Wikipedia.

6336 Total Views 2 Views Today
36 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *