Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Makin Ngiler Setelah Lihat Pabrik Xpander

Punya istri yang lama tinggal di Cikarang membuat saya sedikit banyak tahu kalau di Cikarang itu banyak pabriknya. Kalau naik angkot biasanya bareng pekerja pabrik. Mulai dari pabrik makanan, cat, obat-obatan, elektronik, sampai otomotif, semua ada di Cikarang. Setelah lama tidak ke Cikarang, minggu lalu saya ke Cikarang ikutan plant tour ke pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (PT MMKI) di Kota Deltamas. Biasanya cuma lewat di depan gerbangnya, saya baru tahu kalau kawasan industri Kota Deltamas itu luas banget.

Makin Ngiler Setelah Lihat Pabrik Xpander

PT MMKI sendiri memiliki luas 51 hektare yang terletak di Kawasan GIIC (Greenland International Industrial Center) Blok CH No. 01, Kota Deltamas, Cikarang Pusat. Pabrik PT MMKI ini umurnya belum genap satu tahun karena baru diresmikan bulan April 2017 oleh Pak Jokowi. Pabrik baru ini menyita perhatian pecinta otomotif Indonesia karena produk terbarunya, Xpander, mendapatkan sambutan hangat. Hingga saat ini, jumlah indent Xpander mencapai 50.000 unit sejak diluncurkan bulan Agustus 2017. PT MMKI memiliki kapasitas produksi 160.000 unit per tahun, di mana setengahnya atau 80.000 unit diperuntukkan untuk produk Xpander.

Di pabrik PT MMKI, saya bersama blogger, jurnalis, dan anggota komunitas Xpander akan mengikuti plant tour dan test drive. Selama kunjungan ke pabrik tersebut, kami dilarang melakukan dokumentasi foto, video, dan audio. Jadi semua smartphone, kamera, dan perekam suara dititipkan, masih bisa foto-foto cuma di ruang Conference Room. Sebelum melakukan plant tour, kami disambut Presiden Direktur PT MMKI Kyoya Kondo, Direktur Non Executive PT MMKI Takao Kato, dan Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar.

 

Setelah mengikuti safety induction, kami mulai mengikuti plant tour dari proses Stamping. Begitu masuk pabrik, beberapa pekerja dari Jepang menyambut kami sambil sedikit membungkukkan badan. Pabrik PT MMKI ini menyerap 3.000 tenaga kerja, meski ada beberapa pekerja dari Jepang tapi mayoritas tenaga kerja Indonesia. Selama di dalam pabrik, kami tidak boleh berbincang dengan pekerja karena bisa mengganggu proses produksi. Di bagian stamping ini, robot-robot akan memproses lempengan plat baja menjadi bagian-bagian utama sesuai kebutuhan desain Xpander seperti badan, atap, dan pintu mobil. Selanjutnya material tersebut akan mengalami proses flange dan piercing di mana akan dibuat lubang-lubang untuk baut dan keperluan lain.

Yang paling keren menurut saya adalah bagian selanjutnya yaitu Welding di mana semua bagian hasil dari proses stamping tadi akan digabungkan, lagi-lagi oleh sejumlah robot, melalui proses pengelasan. Lewat di bagian ini seru juga karena cipratan api pengelasan sudah kayak kembang api, makanya kami dibekali kacamata dan topi. Bagian utama yang terbentuk kemudian melalui proses Painting yang menggunakan Automatic Spray Machine. Untuk setiap unit mobil Expander diperlukan 13 liter cat dalam proses ini. Proses pengecatan dilakukan dengan robot dengan memasukkan badan mobil ke kolam berisi cairan cat kemudian dimasukkan ke mesin oven. Selain dicat, badan mobil juga akan diberikan coating anti gores.

Makin Ngiler Setelah Lihat Pabrik Xpander

Setelah dicat kinclong, proses selanjutnya adalah Assembling atau perakitan komponen. Komponen-komponen tersebut berasal dari sejumlah vendor seperti Omron, Advics, Denso, dan Dunlop. Di bagian Assembling ini sepertinya yang paling banyak menggunakan pekerja karena ribuan komponen harus dipasang. Setelah seluruh komponen terpasang, mobil Xpander akan melewati proses akhir yaitu Quality Control. Mobil Xpander selanjutnya harus diuji beberapa bagiannya seperti mesin, penyejuk udara, alarm, pencahayaan, kemudi, dan lain-lain.

Sebelum dipasarkan, mobil Xpander juga harus melewati proses Test Drive. Kemarin itu setelah dari pabrik, kami langsung menuju lokasi test drive yang terletak di area belakang pabrik. Area test drive sudah disiapkan sedemikian rupa oleh timnya Rifat Sungkar untuk menguji performa Xpander di berbagai kondisi jalan. Menurut Rifat Sungkar, Xpander memiliki desain atraktif dan kemampuan berkendara yang sangat nyaman. Rifat Sungkar sendiri punya empat Xpander di rumahnya lho. Bagi satu dong. ?

44285 Total Views 16 Views Today
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *