Advertise with Me Please send me an email to saya@giewahyudi.com

Pekan Raya Jakarta 2011, Dari Konser SLANK Sampai SM*SH

Pekan Raya Jakarta 2011 tinggal seminggu lagi, namun pengunjungnya semakin melimpah ruah. Tidak hanya berbelanja, salah satu alasan orang menunjungi PRJ Kemayoran adalah untuk menyaksikan konser musik di panggung utama PRJ Kemayoran. Pada Pekan Raya Jakarta 2011 ini, panitia penyelenggara JIExpo Kemayoran menyediakan tiga panggung hiburan, yaitu Panggung Utama, Pangggung Budaya Gambir Expo, dan Pangggung Jazz Vaganza. Dengan total 250 grup band, panggung-panggung hiburan di Jakarta Fair 2011 menyajikan konser musik non-stop selama 32 hari penuh.

Pada tanggal 9 Juni 2011 ini, panggung utama PRJ 2011 dimeriahkan oleh grup band Julliette dan penyanyi solo Ari Lasso. Hari pertama PRJ 2011 yang dibuka langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini, juga dimeriahkan penampilan beberapa penyanyi dangdut di Panggung Budaya Gambir Expo. Namun ada sesuatu yang menarik dari beberapa band rock yang tampil, seperti Endank Soekamti, Superman is Dead, dan /rif. Band-band rock ini terlihat menurunkan beat-nya karena menurut penitia penyelenggara musik yang terlalu nge-rock bisa mengganggu pengunjung yang tidak suka musik-musik “keras”. Meskipun begitu, musik-musik rock tetap menarik banyak penonton di arena Pekan Raya Jakarta 2011.

Hari ke-tujuh Jakarta Fair 2011, panggung utama PRJ 2011 dipenuhi ribuan penonton. Bukan tanpa alasan, kali ini yang tampil adalah Iwan Fals. Para fans musisi legendaris itu yang tergabung dalam OI (Orang Indonesia) memenuhi area panggung utama. Sebelum penampilan Iwan Fals, berjam-jam sebelumnya orang sudah mengantri di depan panggung utama PRJ 2011. Menurut panitia penyelenggara JIExpo Kemayoran, hanya Iwan Fals yang bisa membuat barisan penonton berlapis-lapis sampai 4 barisan stand di belakang area panggung utama. Ketika Iwan Fals yang ketika itu memakai kemeja hitam dan jins biru memasuki panggung, ribuan orang spontan berteriak menyambut idolanya. Dalam kesempatan itu, Iwan Fals membawakan lagu-lagunya, seperti Bunga Trotoar, Mimpi yang Terbeli, Entah, dan Nona. Setiap lagu itu selalu diiringi dengan gemuruh suara para Fals Mania.

Tak mau kalah dengan Iwan Fals, grup band Slank juga berhasil menarik ribuan penonton pada tanggal 20 Juni 2011. Sebagai band rock ‘n roll terbesar di Indonesia, Slank mendatangkan ribuan Slankers dari berbagai daerah. Tidak hanya datang dari wilayah Jabodetabek, ribuan Slankers ini ada yang datang dari Indramayu, Subang, Sumedang, Banyumas, dan Pekalongan. Meski Slank baru akan tampil pada pukul 21.30, para Slankers sudah memenuhi panggung utama pada pukul 18.30. Meski area panggung utama sudah penuh sesak dengan ribuan Slankers, di luar arena PRJ Kemayoran masih ada Slankers yang tidak bisa masuk. Slankers yang berkumpul di Pintu H kemudian memaksa masuk sampai terjadi bentrok antara Slankers dengan pihak keamanan. Meskipun begitu, Kaka cs tetap menyanyikan lagu-lagu hitsnya, seperti Virus, Jakarta Pagi Ini, Orkes Sakit Hati, Mawar Merah, dan Terlalu Manis.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Pekan Raya Jakarta kali ini menampilkan suguhan baru untuk para penggemar musik jazz. Kali ini Jakarta Fair dimeriahkan dengan konser musik Jazz Vaganza. Arena PRJ Kemayoran rutin menggelar Java Jazz Festival kali ini pun kembali kental dengan nuansa jazz. Setiap hari musisi jazz tampil di League Plaza, Gambir Expo. Kemarin, 2 Juli 2011, penyanyi pop-jazz Andien juga tampil di panggung utama PRJ 2011. Pada tanggal 8 Juli 2011 nanti musisi jazz Syaharani juga akan tampil di panggung utama PRJ 2011. Syaharani bersama grup jazz-nya ESQI:EF akan tampil menghibur para penggemar musik jazz. Pada hari yang sama grup Jazzious juga akan tampil di panggung yang sama. Suasana Jakarta Fair kali ini pun sedikit bernuansa Java Jazz Festival.

Satu lagi yang membuat Jakarta Fair kali ini begitu spesial adalah hadirnya nuansa K-Pop di arena PRJ Kemayoran ini. Pertama yang menggebrak adalah tampilnya boyband SM*SH yang menarik perhatian ribuan Smashblast. Acara Meet and Greet yang diadakan Telkomsel Kartu As pada tanggal 25 Juni 2011 begitu meriah dengan para K-Popers meskipun acara itu hanya dibatasi dengan 100 peserta saja. Penampilan perdana SM*SH di arena Jakarta Fair pun diselenggarakan keesokan harinya. Kontan saja ribuan Smashblast meramaikan area panggung utama PRJ Kemayoran. Tak hanya itu, Pekan Raya Jakarta 2011 juga dimeriahkan oleh penampilan cover dance alas K-Pop dan juga penampilan lagu-lagu Korea oleh sekumpulan orang dari Komunitas K-Pop.

Pekan Raya Jakarta 2011 juga tak lupa menampilkan musik-musik khas Jakarta. Selain konser dangdut, Jakarta Fair 2011 juga dimeriahkan dengan penampilan Gambang Kromong Modern pada tanggal 29 Juni 2011. Pada tanggal 24-26 Juni 2011, Panggung Budaya Gambir Expo juga menampilkan acara Tribute to Benjamin S. Pada acara itu, lagu-lagu khas Jakarta milik almarhum Benjamin S diperdengarkan kepada seluruh pengunjung Pekan Raya Jakarta 2011. Jadi Pekan Raya Jakarta tidak hanya menjadi tempat musik-musik pop, namun juga untuk musik-musik khas Jakarta. Kalau tidak begitu, lama-lama nama Jakarta Fair bisa berubah menjadi Pop Fair.

64 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *