Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Komunitas Blogger dan Community Social Responsibility

Saya seorang blogger nir-komunitas, namun saya pernah beberapa kali mengikuti acara-acara yang digelar komunitas blogger. Acara kopdar blogger memang tidak jauh dari dunia blogging dengan segala kisah-kisah menariknya. Namun acara kopdar blogger tidak melulu soal blogging, ada beberapa acara yang berhubungan dengan masyarakat umum. Misalnya, komunitas blogger Blogdetik, Dblogger, yang berbagi dengan anak-anak panti asuhan di Ciputat hari ini.

dBlogger berbagi Community Social Responsibility

Hal semacam itulah yang ingin saya sebut dengan Community Social Responsibility. Kita memang sudah akrab dengan istilah Corporate Social Responsibility (CSR) yang menjadi agenda rutin bagi perusahaan-perusahaan. Sebagai bentuk kepedulian sosial, perusahaan-perusahaan mengalokasikan dana bantuan untuk pendidikan, lingkungan, bencana alam, dan dana-dana sosial lainnya. Sekarang komunitas-komunitas blogger pun sudah memiliki tanggal jawab sosial seperti itu.

Dalam acara Amprokan Blogger 2010, komunitas blogger Bekasi melakukan penanaman pohon di Jababeka Botanical Garden. Sama dengan perusahaan-perusahaan besar yang menanam jutaan pohon, para blogger pun ikut berkontribusi untuk menghijaukan bumi ini. Dari kota Solo, komunitas blogger Bengawan merintis gerakan SoloSinau (Solo Belajar). Gerakan SoloSinau ini ditujukan untuk meningkatkan minat membaca masyarakat melalui pembukaan perpustakaan-perpustakaan mandiri di pedesaan.

Help Sokola Makassar Community Social Responsibility

Awal tahun ini komunitas blogger Makassar, AngingMammiri, mempelopori gerakan Help Sokola Makassar. Sokola Makassar yang terletak di pesisir Makassar sedang membutuhkan bantuan. Awalnya sekolah ini menempati lahan yang dipinjamkan warga setempat namun lahan itu akan dijual sehingga Sokola Makassar harus dipindahkan. Bantuan Anda sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan Sokola Makassar sebelum bulan Mei 2012. Teman-teman blogger di komunitas blogger Maluku, Arumbai, juga sedang melakukan gerakan “Buku untuk Sekolah Laskar Pelangi Binaiya”.

Komunitas-komunitas blogger lainnya pun mempunyai acara dan gerakan Community Social Responsibility masing-masing. Komunitas blogger tidak mau ketinggalan dengan perusahaan-perusahaan besar atau komunitas-komunitas lainnya dalam kepedulian sosial. Jika perusahaan punya Corporate Social Responsibility, komunitas blogger pun punya Community Social Responsibility. Ngeblog bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk kebaikan masyarakat dan lingkungan sekitar.

44 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *