Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Kompetisi MotoGP Pengaruhi Penjualan Sepeda Motor

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, Indonesia menjadi pasar industri sepeda motor yang baik. Menurut data Badan Pusat Statistik, ketika jumlah penduduk Indonesia mencapai angka 164 juta pada tahun 1985 sudah ada sekitar 5,5 juta unit sepeda motor di Indonesia. Sekarang, penduduk Indonesia sudah mencapai 241 juta dan jumlah sepeda motor pun bertambah berkali lipat menjadi 61 juta unit. Beberapa produsen sepeda motor asal Jepang seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki mendominasi pasar sepeda motor di Indonesia.

Macet Sepeda Motor di Jakarta
Ilustrasi dari AFP.Com

Di antara beberapa produsen sepeda motor, Honda dan Yamaha memang mendominasi penjualan sepeda motor di Indonesia. Gabungan penjualan sepeda motor Honda dan Yamaha mencapai angka sekitar 85 persen dari seluruh penjualan motor di Indonesia. Bulan April 2012 lalu, Honda mencetak angka penjualan mencapai 334.160 unit. Sementara Yamaha menempati peringkat kedua dengan angka penjualan mencapai 246.203 unit. Sementara merek lain seperti Kawasaki dan Suzuki hanya mencatatkan penjualan yang tidak begitu banyak.

Saya memperkirakan adanya hubungan antara jumlah penjualan sepeda motor dengan kiprahnya produsennya dalam kompetisi MotoGP. Honda dan Yamaha memang mendominasi kompetisi MotoGP sejak pertengahan tahun 1970-an, meskipun Suzuki juga pernah beberapa kali memenangi kompetisi MotoGP. Suzuki terakhir kali menjuarai MotoGP pada tahun 2000 melalui pembalap handalannya, Kenny Roberts, Jr. Ketika itu, Suzuki masih memiliki sekitar 25 persen penjualan sepeda motor di Indonesia.

Itulah kemenangan terakhir Suzuki di MotoGP dan sejak saat itu penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia selalu menurun dari tahun ke tahun. Kini Suzuki hanya bisa meraih sekitar tujuh persen dari pasar sepeda motor di Indonesia. Sementara Honda dan Yamaha berjaya di MotoGP, keduanya semakin mendominasi pasar sepeda motor di Indonesia. Sejak tahun 2001 sampai tahun 2011, Honda dan Yamaha sama-sama menjuarai sebanyak lima musim MotoGP secara bergantian. Dengan pengecualian Ducati yang berjaya pada MotoGP 2007, sepanjang 11 tahun terakhir MotoGP memang hanya milik Honda dan Yamaha.

36 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *