Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Kereta Api Prameks, Cireks, dan SuSi

Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks)

Kereta api Prambanan Ekspres yang biasa disingkat Prameks merupakan kereta api favorit yang menghubungkan Jogja dan Solo. Kereta api yang pertama kali beroperasi tahun 1974 ini mempunyai banyak komunitas, salah satunya Komunitas Pramekers. Selain itu, kereta api Prameks ini bisa dibagi menjadi beberapa kelompok. Para penumpang kereta api Prameks itu adalah dosen, mahasiswa, pegawai, pedagang, turis mancanegara, dan rombongan pelajar yang sedang berwisata dari Jogja ke Solo maupun sebaliknya. Karena Kota Solo dan Kota Jogja adalah kota wisata, di hari Minggu atau hari libur banyak rombongan anak TK atau SD yang menggunakan kereta api Prameks untuk berwisata.

Kereta api Prameks sebenarnya tidak hanya menghubungkan Jogja dan Solo, karena kereta api Prameks berangkat dari Stasiun Kutoarjo yang terletak di Kabupaten Purworejo. Kereta api Prameks selanjutnya akan menaikkan dan menurunkan penumpang di Stasiun Jenar, Stasiun Wates, Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Maguwo, Stasiun Prambanan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Solo Jebres, dan terakhir berhenti di Stasiun Palur yang terletak di ujung Timur Kota Solo. Kereta api Prameks ini setiap hari mengangkut sekitar 3.500 penumpang dan pada hari libur meningkat sampai 5.000 penumpang. Untuk naik kereta api Prameks, Anda harus membayar tiket seharga Rp. 10.000,- dan tarif tersebut jauh-dekat sama.

Kereta Api Cirebon Ekspres (Cireks)

Kereta api Cirebon Ekspres (Cireks) yang pertama kali diresmikan pada tanggal 29 November 1989 ini melayani rute Jakarta ke Cirebon dan sebaliknya. Kereta api Cireks menempuh jalur sepanjang 219 kilometer dari Stasiun Gambir ke Stasiun Cirebon. Kereta api Cireks yang hanya berhenti di Stasiun Jatibarang dan Stasiun Haurgeulis ini memerlukan waktu 3 jam perjalanan Jakarta-Cirebon. Sejak tanggal 3 Agustus 2009, kereta api Cireks memperpanjang jalurnya sampai ke Stasiun Tegal. Setiap harinya, kereta api Cireks melayani 5 kali perjalanan kelas eksekutif dan bisnis dari Jakarta ke Cirebon dan sebaliknya. Dari lima jadwal perjalanan itu hanya dua yang dilanjutkan sampai ke Tegal.

Tarif kereta api Cireks ini bervariasi dari Rp. 55.000,- sampai Rp. 70.000,- untuk kelas bisnis dan dari Rp. 70.000,- sampai Rp. 90.000,- untuk kelas eksekutif. Jam keberangkatan dari Stasiun Gambir adalah pukul 06.00, 09.35, 11.00, 13.15, dan 18.15. Sedangkan dari Stasiun Cirebon, kereta api Cireks berangkat pada pukul 06.15, 07.30, 10.00, 15.00, dan 18.00. Kereta api Cireks menjadi kereta api favorit bagi penduduk Kota Cirebon dan sekitarnya yang bekerja di Kota Jakarta. Biasanya pada akhir pekan, jumlah penumpang kereta api Cireks akan meningkat tajam karena banyak pelajar, mahasiswa, dan pegawai asal Cirebon dan sekitarnya yang pulang kampung menggunakan kereta api Cireks.

Kereta Api Delta Ekspres Surabaya-Sidoarjo (SuSi)

Kereta api Delta Ekspres merupakan kereta komuter yang melayani jalur dari Surabaya ke Porong Sidoarjo. Karena melayani jalur Surabaya-Sidoarjo, kereta api Delta Ekspres ini kemudian lebih dikenal dengan nama Kereta SuSi (akronim dari Surabaya-Sidoarjo). Kereta api SuSi pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 karena gangguan transportasi yang terjadi karena musibah luapan Lumpur Lapindo. Lalu lintas jalan raya Porong yang selalu macet setelah bencana Lumpur Lapindo kemudian diatasi dengan diluncurkannya kereta api SuSi ini.

Kereta komuter ekonomi SuSi ini membutuhkan waktu 1 jam 15 menit untuk perjalanan dari Stasiun Surabaya Kota sampai Stasiun Porong. Untuk menaiki kereta SuSi ini, penumpang hanya dipungut tarif jauh dekat sama, yaitu hanya Rp. 2.000,-. Karena murahnya tarif kereta SuSi ini, komunitas komuter Sidoarjo dan sekitarnya menjadikan kereta api SuSi ini sebagai andalan untuk berpergian ke Surabaya. Uniknya di jalur Surabaya-Sidoarjo ini, kereta api SuSi tidak seluruhnya berhenti di stasiun karena kereta api ini juga berhenti di beberapa halte. Halte Ngagel, halte Margorejo, halte Jemursari, halte Kertomenanggal, halte Banjarkemantren, halte Buduran, dan halte Pagerwojo. Dari Stasiun Surabaya Kota, kereta api SuSi ini akan melanjutkan perjalanan sampai ke Stasiun Porong Sidoarjo. Pada hari libur, banyak wisatawan dari Surabaya menggunakan kereta SuSi ini untuk melihat luapan Lumpur Lapindo di Sidoarjo.

3864 Total Views 2 Views Today
19 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *