Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Hangatnya Suasana Persahabatan Indonesia dan Jepang

Akhir pekan lalu saya mengunjungi gelaran Indonesia Japan Expo 2013 di JIExpo Kemayoran, seperti yang sudah saya rencanakan sebelumnya. Saya sengaja datang hari Jumat, 20 Desember 2013, karena bisa dipastikan tidak seramai dibandingkan hari Sabtu atau Minggu karena masih hari kerja. Tapi ya lumayan ramai karena acara pameran, seminar, workshop, dan beberapa kompetisi sudah dimulai hari itu. Saya langsung mendatangi area pameran di Hall A dan Hall D, JIExpo Kemayoran.

Sempat pusing juga karena ada sekitar 200 stan pameran, jadi harus telaten mampir dari satu stan ke stan lainnya. Untungnya sudah ada gambaran sebelumnya, jadi sudah ada semacam list stan yang harus dikunjungi. Saya mampir di stan Kitakyushu City yang pernah dijuluki Kota Tujuh Warna Asap karena asap-asap dari cerobong pabriknya berwarna hitam, kuning, merah, putih, oranye, putih, dan abu-abu. Hebatnya Kitakyushu City kini telah bertransformasi menjadi kota pintar dunia.

Indonesia Japan Expo 2013

Kitakyushu City berhasil mengembangkan teknologi untuk menekan emisi karbon ke tingkat terendah. Oleh Organization for Economic Cooperation Development (OECD), Kitakyushu City ditetapkan sebagai salah satu kota pintar dunia, bersama dengan Chicago, Paris, dan Stochklom. Di stan ini, beberapa perusahaan terkait memaparkan teknologi ramah lingkungan seperti Nippon Steel & Sumikin Engineering Co., Ltd., Isikawa Engineering Co., Ltd, dan Mitsui High-tech Inc.

Pindah dari satu stan ke stan lain, saya semakin kagum dengan teknologi-teknologi yang dikembangkan Jepang. Sepertinya Jepang memiliki teknologi canggih di semua bidang, mulai dari alat canggih untuk industri besar sampai alat penjernih air. Sewaktu mendatangi stan Kyushu Medical Co., Ltd., saya diberi sampel MosKiller, tablet untuk membunuh larva nyamuk Aedes aegypti. Sangat praktis dan lebih tepat guna dibandingkan fogging (pengasapan) yang selama ini dilakukan di Indonesia.

Indonesia Japan Expo 2013

Orang Jepang memang jago bikin robot. Saya bisa langsung melihat aksi beberapa robot yang didatangkan ke acara Indonesia Japan Expo 2013. Ada robot Sukamoto-san yang bisa memotret pengunjung. Ada juga robot Ittetsu yang bisa mengangkut barang. Tidak hanya itu, kini Jepang juga mengembangkan teknologi pertanian. Di Indonesia Japan Expo 2013 ini juga ditampilkan teknologi penanaman sayur di dalam ruangan. Saya melihat sayuran ditanam di dalam sebuah alat mirip lemari es.

Selain pameran teknologi, Indonesia Japan Expo 2013 juga diramaikan dengan stan-stan kuliner khas Jepang. Ada Dorayaki, Takoyaki, Okonomiyaki, Kakigohri, Sagami, dan masih banyak lagi. Saya juga menyambangi stand Japan Halal Food Project dan Cooking Japan. Seperti dalam event yang pernah saya hadiri sebelumnya, Japan Halal Food Project ini ingin mengedukasi pengunjung tentang makanan-makanan Jepang yang sudah atau sedang dalam proses pemberian sertifikat halal MUI.

Indonesia Japan Expo 2013

Kemeriahan Indonesia Japan Expo 2013 ditambah dengan beberapa acara hiburan yang istimewa karena ada dua band dan duo komedian yang didatangkan langsung dari Jepang. Selain itu, ada penampilan JKT48 yang merupakan sister grup dari AKB48 dari Jepang.

1. Duo Cow Cow

Setelah ikut meramaikan konser 2nd Anniversary JKT48, Duo Cow Cow yang terkenal melalui video Senam Yang Iya Iyalah juga tampil di Indonesia Japan Expo 2013. Duo komedian, Yoshi Yamada dan Kenji Tada, tampil dengan kaos putih, celana biru tua, dan rambut palsunya. Secara khusus Duo Cow Cow memperkenalkan dua senam terbaru mereka, yaitu Senam Yang Iya Iyalah Versi 2 dan Jatuh Cinta. Menurut Kenji Tada, antara Indonesia dan Jepang pasti ada “Sesuatu Yang Iya Iyalah” dan dia berharap ini dapat membantu mempererat hubungan Indonesia-Jepang.

Indonesia Japan Expo 2013

2. HaKU

Malam Minggu, 21 Desember 2013, open area JIExpo Kemayoran dimeriahkan dengan penampilan band rock asal Jepang, HaKU. Keempat personel HaKU tampak semangat karena ini adalah penampilan pertama mereka di Indonesia. Yuki Tsujimura (vokal-gitar), Haruna Miyoshi (bass-vokal), Hiroshige Fujiki (gitar), dan Shinya Hasegawa (drum) tampil dengan pakaian serba hitam. Haruna, satu-satunya personel perempuan, beberapa kali mengangkat kaki kirinya setinggi pinggang. HaKU membawakan beberapa lagu yaitu antara lain Kokoro no Tomo, Dye It White, What’s with Him, dan Gravity.

Indonesia Japan Expo 2013

3. WEAVER

Salah satu penampilan yang paling ditunggu di Indonesia Japan Expo 2013 adalah WEAVER. Band rock asal kota Kobe ini digawangi oleh Yuji Sugimoto (vokalis-piano), Shota Okuno (bass), dan Toru Kawabe (drum). Dibentuk sejak tahun 2004, WEAVER menjadi band rock yang cukup disegani di Jepang. Dibuka dengan lagu Shall We Dance, konser pertama WEAVER di Indonesia semarak dengan penuhnya penonton di open area JIExpo Kemayoran. Semua member WEAVER yang mengenakan pakaian serba hitam berhasil membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Bokura no Eien ~Nando Umarekawattemo, Te wo Tsunagitai Dake no Ai Dakara~ dan Hard to say I love you ~Iidasenakute~.

Indonesia Japan Expo 2013

4. JKT48

Indonesia Japan Expo 2013

Sebagai grup idola yang paling digemari saat ini, JKT48 menjadi penutup yang manis untuk gelaran Indonesia Japan Expo 2013. Sebagai sister dari grup idola asal Jepang, AKB48, banyak penonton sudah menunggu penampilan JKT48 sejak sore hari. Meskipun sehari sebelumnya mereka merayakan konser 2nd Anniversary mereka dengan membawakan 66 lagu, member-member JKT48 berhasil membawakan lagu-lagu dengan vokal dan dance yang sempurna. Lagu-lagu yang dibawakan antara lain Koisuru Fortune Cookie, Manatsu No Sounds Good, Oogoe Diamond, dan Baby Baby Baby.

Indonesia Japan Expo 2013

Dengan berbagai acara pameran, seminar, dan hiburan di Indonesia Japan Expo 2013 diharapkan persahabatan Indonesia-Jepang yang sudah terjalin selama 55 tahun akan semakin hangat. Sampai jumpa di Indonesia Japan Expo berikutnya ya.

7841 Total Views 2 Views Today
18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *