Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Gie Mendadak Ngejazz di Axis JJF 2011

Akhirnya untuk pertama kalinya, saya menyaksikan gelaran AXIS Java Jazz Festival. Perjalanan ke PRJ Kemayoran sempat terhalang dengan hujan rintik-rintik, namun saya sampai juga di PRJ Kemayoran. Sebelum masuk ke area AXIS Java Jazz Festival 2011, saya menukarkan festival kit di dekat main gate. Setelah masuk saya langsung ikut-ikutan pengunjung lain yang berfoto dengan poster-poster artis yang mengisi AXIS Java Jazz Festival 2011, seperti Fourplay dan Carlos Santana. Kayaknya enggak mungkin bisa foto bareng dengan Santana. Jadi, foto dengan posternya juga sudah lumayan. 🙂

Santana, Java Jazz 2011

Saya masuk ke area dan acara masih belum dimulai, lalu saya keliling lokasi untuk sekedar menghapal letak panggung. Tak berapa lama, di Java Jazz Stage tampil Farah Di yang diawali dengan permainan instrumental band pengiring vokalis jazz yang masih muda ini. Di lokasi Java Jazz Stage yang outdoor itu hujan kemudian saya pindah ke lokasi lain. Pukul 14.45 WIB, Roberta Gambarani tampil di Semeru Garuda Hall Lantai 6. Roberta Gambarani menampilkan lagu No More Blues dan Sunny Side of Life. Lagu kedua tersebut diiringi oleh pemain trumpet bernama Moris. Sebenarnya saya ingin menyaksikan semua penampilan di AXIS Java Jazz Festival ini tetapi sepertinya tidak mungkin. Setelah lagu kedua Gambarani, saya kemudian pindah ke Medco Lawu Acoustic Room, masih di Lantai 6. Di panggung itu tampil Benny Mustafa, saya hanya menyaksikan lagu No More Blues, lagu yang juga dinyanyikan Gambarani tadi.

Sebenarnya saya ingin mengikuti Kompas Photography Workshop namun sepertinya bentrok dengan tampilnya George Duke Electric. Kemudian saya langsung ke panggung D2 Axis Hall. Sampai di sana, George Duke sudah tampil. Penonton ramai sekali menyaksikan permainan instrumental George Duke. Setelah dua lagu ditampilkan George Duke, saya kemudian menyaksikan penampilan Donny Suhendra di C2 Femina Group Hall. Saya suka lagu yang ditampilkan, ada nuansa etniknya. Kalau saya tidak salah dengar, judulnya Mai Buru May. Arti lagu itu adalah nelayan di Maluku yang memanggil angin, tapi saya juga tidak yakin apa arti sebenarnya. 🙂 Tak jauh dari Femina Group Hall, saya pindah ke panggung B2 Hall Kementerian Perdagangan. Di sana tampil grup jazz asal India yang bernama Los Amigos. Lagunya benar-benar membuat penonton bergoyang, di sebelah kanan panggung saya lihat dua pasangan yang sedang berdansa.

Sebenarnya saya ingin menyaksikan Bonita & The Husband di Dji Sam Soe Jazz Corner, namun antriannya di sana cukup panjang. Saya hanya mampir sebentar menyaksikan Mian Tiara & D’Organics di OSO Stage 2 sebelum singgah di Axis Lounge. Tak berapa lama, daftar penampilan yang harus saya tonton sudah dimulai. Pukul 16.15 WIB, Kilimanjaro tampil di panggung A3 BNI Hall. Penonton banyak di sana, saya menemukan banyak bule di sana. Mungkin di luar negeri, Kilimanjaro menjadi musisi jazz favorit. Di ajang AXIS Java Jazz Festival ini saja, banyak yang mengagumi penampilan jazz Kilimanjaro yang romantis. Lalu saya peindah ke panggung sebelah, A1 BNI Hall, yang menampilkan Jose James. Jose James tampil dengan pakaian jazz (eh maksud saya pakaian jas lengkap :p) Lagu jazz yang dinyanyikan juga bernuansa pop sehingga enak di telinga saya. Kemudian saya hendak menyaksikan band Drew di B1 Nokia Hall. Tetapi di perjalanan saya tertarik pada penampilan di Java Jazz Stage. Fraya tampil dengan vokal yang sangat mantap dan sempat diselingi dengan solo bass yang cukup panjang.

Sampai di B1 Nokia Hall, Drew telah tampil featuring dengan seorang pianis. Kemudian Shasilia, vokalis Drew, membawakan lagu yang sangat keren buat saya. Lagunya sebenarnya lagu pop, tapi saya masih ingat liriknya. “Kau yang paling benar. Aku jatuh cinta setengah mati. Kini semua mimpi telah terkabulkan..” Drew lalu membuat kejutan dengan featuring dengan Bayu Risa dengan membawakan lagu Percayalah. Sebenarnya ingin berlama-lama menyaksikan Drew tetapi saya ingat di Semeru Garuda Hall tampil musisi jazz senior, Bubi Chen. Sampai di sana, ruangan sudah penuh dan saya hanya kebagian tempat di belakang. Namun kemudian saya ikut dengan beberapa kameramen yang duduk di depan panggung. Bubi Chen yang saya lihat tangannya sudah gemetaran tetap bisa memencet tuts-tuts dengan bagus. Bubi Chen akan menyanyikan 10 lagu. Lagu pertama dibawakan secara instrumental, sedangkan lagu kedua Body & Soul dan lagu ketiga I Have A Dream dibawakan oleh vokalis Amanda Shiera. Penampilannya memang memukau, bahkan seorang penonton di belakang saya mengatakan bahwa penampilan itu seperti pertunjukan jazz di New York.

Setelah lagu ketiga saya turun dan pergi ke Dji Sam Soe Jazz Corner. Di sana tampil Andra and the Backbones yang sempat membawakan lagu jazz. Lagu-lagu seperti Hitamku dan Sempurna berhasil membuat semua penonton ikut bernyanyi. Kemudian saya menunggu tampilnya ESQI:EF, masih di Dji Sam Soe Jazz Corner. Akhirnya saya bisa menyaksikan penampilan Syaharani secara live. Bersama bandnya, Syaharani berhasil membuat penonton berdecak kagum dengan vokal Syaharani yang nge-jazz banget. Setelah itu saya mampir ke penampilan Fourplay yang penuh sesak. Dan sekarang saya sempatkan untuk live blogging di Axis Lounge sebelum menyaksikan penampilan GIGI & Ron King Big Band, Sandhy Sandoro, dan Java Jive. Hari ini saya mendadak ngejazz.. 🙂

4778 Total Views 2 Views Today
43 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *