Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Get Well Soon, Steve Jobs!

Saya ingin sekali menulis tentang seorang pemimpin yang layak diteladani. Bukan pemimpin yang mengeluhkan jumlah gajinya yang sebenarnya sudah cukup tinggi. Bukan pula pemimpin suatu negara yang bisa digulingkan hanya karena seorang pedagang buah yang membakar dirinya di depan kantor gubernur. Saya ingin membahas pemimpin yang santai-santai saja. Mungkin mereka ini pemimpin Anda di negara bernama teknologi.

Beberapa hari ini, di dunia politik sedang terjadi kerusuhan karena revolusi yang terjadi di Tunisia. Pergantian kekuasaan sudah terjadi dimana-mana, tak terkecuali di dunia teknologi. Dalam seminggu ini, tiga perusahaan teknologi mengalami beberapa isu pergantian kekuasaan. Hewlett Packard (hp) secara besar-besaran merombak jajaran direkturnya. Empat direktur lama yaitu Joel Hyatt, John Joyce, Robert Ryan, dan Lucille Salhany digantikan oleh lima direktur baru yaitu Shumeet Banerji, Gary Reiner, Patricia Russo, Domunique Senequier, dan Meg Whitman.

Google pun melakukan hal yang mencengangkan kita. Kepastian mundurnya Eric Schmidt dari posisi CEO Google tentu membuat berbagai pihak bertanya-tanya, meski pihak Google mengatakan pergantian ini adalah sesuatu yang biasa. Anehnya, Eric Schmidt yang akan mundur secara resmi pada 3 April mendatang ternyata menjual semua sahamnya di Google. Larry Page kemudian yang akan mengambil alih kekuasaan Eric Schmidt. Para blogger tentu mengenal istilah β€œpage rank”, nah nama itu diambil dari nama CEO Google yang baru ini.

Sebenarnya Larry Page bukan seorang CEO Google yang baru. Sebelum Eric Schmidt menjadi CEO Google pada tahun 2001 dan menjadikan Google sebagai mesin pencari waktu nomor wahid, Larry Page lah CEO Google yang sebelumnya. Kini kepemimpinan seorang Larry Page harus dibuktikan, apakah akan semakin membuat Google semakin berlari kencang dan mengalahkan Facebook. Atau Larry Page malah akan menjadikan Google menjadi Yahoo! yang ketinggalan kereta.

Isu besar juga mendera perusahaan Apple Inc setelah berita sakitnya Steve Jobs. Steve Jobs cuti sejak 21 Januari ini karena efek transplantasi hati dan menderita kanker pankreas. Karena begitu melekatnya Steve Jobs dengan Apple Inc, setiap kali Steve Jobs cuti berbagai isu pun menyusul. Namun kali ini banyak pihak meramalkan bahwa penyakit yang diderita Steve Jobs itu akan membuat Steve Jobs pensiun. Setidaknya di tahun ini, Steve Jobs akan mengambil cuti panjang karena pemulihan dari operasi transplantasi hati dan pengobatan kankernya tidak memerlukan waktu yang pendek.

Seperti menteri kesehatan Ibu Endang Sedyaningsih yang terkena kanker paru-paru dan terancam reshuffle, Steve Jobs mengalami hal serupa meski dalam porsi yang berbeda. Tentu tak ada yang berani menurunkan Steve Jobs dari jabatan CEO Apple. Siapapun pasti akan merasakan bedanya bila nantinya produk-produk yang dikeluarkan Apple Inc bukan berdasarkan dari pilihan seorang Steve Jobs. iPod, MacBook, iPhone, dan iPad meskipun sangat tinggi teknologinya dan manis tampilannya mungkin tidak akan sefenomenal seperti sekarang bila bukan Steve Jobs yang memilih.

Para pemerhati Apple tentu masih ingat dengan beberapa kebijakan Steve Jobs yang terasa aneh, misalnya tiadanya Adobe Flash di dalam produk Apple, dan penggunaan teknologi FireWire ketika publik terbiasa dengan USB. Namun demikian, Steve Jobs berhasil membawa Apple Inc menjadi perusahaan gadget paling besar dan paling elegan. Meskipun nantinya Steve Jobs akan pensiun, Steve Jobs telah mempersiapkan keputusan-keputusan penting sampai akhir tahun 2012.

Pengganti sementara Steve Jobs, Tim Cook, dianggap hanya sebagai kepanjangan tangan Steve Jobs. Karena Tim Cook terlihat hanya meneruskan kebijakan Steve Jobs dan tidak ada keputusan penting yang diambil. Ketika Steve Jobs cuti pada tahun 2007, Tim Cook lebih banyak bergerak dalam perencanaan, membuat prototipe, dan melakukan beberapa kebijakan yang sudah dimulai Steve Jobs.

Sekarang, hal yang hampir sama terjadi lagi. Tahun ini iPad 2 sudah harus segera dirilis, iPhone 5 harus dirilis pertengahan tahun ini, dan satu lagi teknologi yang ditawarkan Apple Inc. Sesungguhnya teknologi ini adalah hal terbesar yang akan diluncurkan ke publik. Apple Inc menyebutnya produk A5, yaitu sebuah chip yang akan disematkan ke dalam iPhone, iPad, dan Apple TV. Teknologi ini belum banyak diketahui umum tetapi Apple Inc menjanjikan sesuatu yang fenomenal. Sekali lagi, ini sebenarnya sudah diuji dan dipilih sebelum Steve Jobs mengambil cuti.

Cerita Gie ini juga bisa dibaca di Blog The Marketeers

2990 Total Views 2 Views Today
16 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *