Advertise with Me Please send me an email to saya@giewahyudi.com

Fly Emirates Jadi Sponsor Persija Jakarta Musim Depan?

Sekitar dua tahun lalu, saya pernah menulis tentang Emirates yang menjadi maskapai yang mendunia berkat sepakbola. Jika sering melihat pertandingan sepakbola, khususnya sepakbola Eropa, Anda tentu sering melihat logo Fly Emirates berseliweran, mulai di jersey pemain sampai di nama stadiun. Kini logo Fly Emirates sudah terpasang di jersey tim-tim sepakbola papan atas Eropa seperti Arsenal FC, AC Milan, Paris Saint-Germain, Hamburger SV, Olympiacos FC, dan baru-baru ini Fly Emirates “dipasang” di jersey Real Madrid. Selain itu, Fly Emirates juga menjadi sponsor resmi FIFA, AFC, dan Liga Profesional di Arab Saudi. Yang paling keren menurut saya adalah foto pemain AC Milan yang dipasang di halaman Emirates Sponsorships. :)

Emirates Sponsorships

Dalam tulisan dua tahun yang lalu itu, saya membayangkan suatu saat Garuda Indonesia bisa mengikuti jejak Emirates. Namun salah seorang komentator di tulisan saya tersebut merespon dengan sinis. Katanya, “Garuda Indonesia udah deh, mentok aja di jersey-nya persija.. jangan muluk-muluk, boro-boro nyeponsorin klub Eropa, pilotnya aja protes2 masalah gaji.” Saya sebenarnya kesal dengan komentar sinis seperti itu. Sang komentator seolah meremehkan Garuda Indonesia dan sekaligus Persija. Tapi ya gimana lagi, komentator bebas saja memberikan komentar dan tentu itu menjadi masukan. Tapi tampaknya secara tidak langsung Garuda Indonesia dan Persija Jakarta merespon masukan itu dengan baik.

Kira-kira setahun yang lalu, tepatnya pada 11 Juli 2012, Garuda Indonesia mengumumkan secara resmi kemitraannya dengan tim papan atas Liga Inggris, Liverpool FC. Dalam kerjasama ini, Garuda Indonesia menjadi official partner dan official global airline Liverpool FC. Sebelumnya, Garuda Indonesia juga telah memasang iklan adboard pada laga Inggris-Belgia pada 3 Juni 2012. Selain itu, Garuda Indonesia juga menjalin kerjasama dengan The Athletic Grounds Limited, sebuah stadion sepakbola di Irlandia Utara, dalam bidang marketing dan sponsor agreement. Meskipun logo Garuda Indonesia belum terpasang di jersey pemain Liverpool FC, kerjasama ini bisa membuat diam orang-orang yang meremehkan maskapai kebanggaan orang Indonesia ini.

Fly Emirates Persija Jakarta

Kalau soal Persija Jakarta gimana? Musim ini, Persija Jakarta memang terseok-seok di dasar klasemen. Berbagai kekisruhan di dalam organisasi sampai masalah pendanaan memang menjadi alasan menurunnya prestasi Persija Jakarta. Ancaman degradasi pun menghantui tim Macan Kemayoran ini. Namun sejak bulan Mei 2013, prestasi Persija Jakarta mulai menanjak. Dengan 4 kemenangan dan 1 hasil imbang, Persija Jakarta bisa lepas zona degradasi dan berhasil menembus posisi 10 besar klasemen Indonesia Super League. Sayangnya, rekor lima pertandingan tak terkalahkan itu selesai setelah kalah tipis 2-3 dari pimpinan klasemen, Persipura Jayapura. Persija Jakarta memang harus berjuang agar bisa bebas dari ancaman degradasi.

Usut punya usut, naiknya prestasi Persija Jakarta sebulan terakhir ternyata disebabkan adanya berita bagus yang sedang melingkupi tim yang selalu didukung The Jakmania ini. Kabar baik pertama datang dari Gubernur Jokowi yang sedang menyiapkan dua stadion dan mencarikan sponsor untuk Persija Jakarta. Tidak lama berselang, manajer tim Persija Jakarta, Ferry Paulus, mengaku telah bertemu dengan pihak Emirates untuk membicarakan masalah sponsorship dengan Persija Jakarta. Bos Persija yang akrab dipanggil Aconk ini menjelaskan bahwa pihak Emirates berjanji akan menjadi sponsor Persija Jakarta untuk musim depan asalkan Persija Jakarta tidak terdegradasi musim ini. Karena itulah, seluruh anggota tim Persija Jakarta berusaha semaksimal mungkin untuk lolos degradasi musim ini.

Fly Emirates Persija Jakarta

Jika motivasi terus terjaga, menurut saya target lolos degradasi bisa terlewati, bahkan Persija Jakarta bisa merangsek ke papan tengah klasemen Indonesia Super League. Selain itu, kabar baik ini juga disambut baik oleh The Jakmania yang terus sabar menunggu kebangkitan tim kebanggaannya tersebut. Bahkan kini sudah beredar desain jersey Persija Jakarta dengan logo Fly Emirates. Selama ini, The Jakmania hanya bisa melihat rivalnya, Persib Bandung, yang semakin menanjak prestasinya. Bangkitnya Persib Bandung secara tidak langsung juga disebabkan karena banyaknya sponsor yang masuk. Lihat saja jersey Persib Bandung yang menurut seorang teman saya, “Sudah kayak seragam pembalap MotoGP saja.” Hehehe.  Memang, saat ini jersey Persib Bandung sudah dipenuhi dengan logo sponsor antara lain Honda, League, Evalube, Corsa, Harum Energy, Surya Eka Perkasa, Madu Pahit Al Manaz, kopi susu ABC, dan Indosat.

Meskipun kabar baik untuk Persija Jakarta ini belum resmi dirilis pihak Emirates, tampaknya masa kejayaan Persija Jakarta mulai tercium kembali.

546 Total Views 102 Views Today
61 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *