Advertise with Me Please send me an email to saya@giewahyudi.com

Emirates, Maskapai Penerbangan yang Mendunia Berkat Sepakbola

Sebagai salah satu pengagum klub sepakbola Arsenal, saya masih ingat ketika Emirates menjadi sponsor utama klub asal London itu. Sejak tahun 2006, maskapai penerbangan asal Dubai, Uni Emirat Arab, ini berhak memasangkan logo “Fly Emirates” di seragam Arsenal. Emirates juga membuat stadion baru untuk Arsenal yang diberi nama Emirates Stadium. Emirates Stadium menggantikan Highbury Stadium yang sudah digunakan Arsenal sejak tahun 1913. Sejak menjadi sponsor utama Arsenal, pamor Emirates semakin menanjak.

Emirates Stadium Arsenal

Maskapai penerbangan Emirates mulai berkembang awal tahun 2000-an ketika Emirates mulai mendapatkan kucuran dana yang cukup besar dari pemerintah Uni Emirat Arab. Selain menambah jumlah jumlah armada dan jumlah destinasi penerbangan, Emirates juga menjadi sponsor utama sejumlah event olahraga, khususnya olahraga sepakbola. Sejak tahun 2007, Emirates menjadi sponsor resmi FIFA. Kontrak kerja sama antara Emirates dan FIFA itu berjalan sampai tahun 2014. Dalam acara-acara penyerahan penghargaan resmi FIFA, salah satunya dalam FIFA Club World Cup Japan 2008, pramugari-pramugari Emirates selalu tampil dengan seragam khasnya, cadar terbuka dan topi merahnya.

Setelah menjadi sponsor utama Arsenal, Emirates kemudian menjadi sponsor beberapa klub-klub sepakbola di Eropa. Emirates juga berhasil memajangkan logo “Fly Emirates” di seragam AC Milan, salah satu klub tersukses di dunia. Logo “Fly Emirates” kemudian juga terpajang di jersey klub Paris Saint Germain (Perancis) dan Hamburger SV (Jerman). Emirates juga menjadi sponsor bagi klub Real Madrid (Spanyol) dan Olympiakos (Yunani), meskipun jersey kedua klub elit ini belum menggunakan logo “Fly Emirates”. Jadi sampai saat ini, Emirates sudah menjadi klub-klub elit di enam negara Eropa, sebuah prestasi yang gemilang bagi sebuah maskapai penerbangan dari Timur Tengah.

Emirates FIFA Sponsorship Club World Cup

Tidak hanya menjadi sponsor beberapa klub ternama di Eropa, Emirates juga mengadakan kompetisi pramusim yang diberi nama Emirates Cup. Emirates Cup merupakan kompetisi pramusim tahunan yang diikuti empat tim dan diadakan di Emirates Stadium, secara otomatis Arsenal selalu menjadi peserta Emirates Cup. Tiga tim lain dipilih setiap tahunnya, ada klub yang disponsori Emirates dan ada juga yang tidak. Arsenal telah tiga kali menjuarai Emirates Cup tahun 2007, 2009, dan 2010. Hamburger SV menjadi juara Emirates Cup 2008 dan tahun 2011 gelar Emirates Cup diraih oleh New York Red Bulls, klub dari luar Eropa dan juga tidak disponsori Emirates.

Setelah menjadi sponsor utama klub-klub elit Eropa, Emirates berkembang menjadi maskapai penerbangan ternama di seluruh dunia. Saat ini, Emirates mempunyai 2.400 jadwal penerbangan setiap minggunya yang melayani penerbangan ke 111 kota di 62 negara di enam benua. Tahun ini, Emirates mendapatkan penghargaan Airline of The Year 2011 dari Air Transport World. Laporan terakhir menunjukkan maskapai yang didirikan pada 25 Oktober 1985 ini memperoleh laba bersih sebesar 225 juta USD pada semester pertama tahun ini. Emirates menjadi maskapai penerbangan yang memiliki rencana jangka panjang melalui investasinya di dunia sepakbola.

Queens Park Rangers Air Asia Malaysia Airlines

Saya membayangkan maskapai penerbangan Indonesia, misalnya Garuda Indonesia, mengikuti jejak Emirates. Sebenarnya Garuda Indonesia jauh lebih senior dibandingkan Emirates, karena Garuda Indonesia sudah berdiri sejak tahun 1949 dan Emirates baru berdiri sejak 1985. Namun Emirates melangkah dengan begitu cepat. Sekarang dua maskapai perusahaan asal Malaysia, Air Asia dan Malaysia Airlines, sudah mengikuti jejak Emirates. Sejak tahun ini, Air Asia dan Malaysia Arlines menjadi sponsor utama klub Liga Inggris, Queens Park Rangers. Penampilan tim promosi yang berhasil menembus papan tengah Liga Inggris itu juga ikut mendongkrak popularitas Air Asia dan Malaysia Airlines.

Setelah Kacang Dua Kelinci menjadi sponsor Real Madrid, kapan ya Garuda Indonesia menyusul?

37 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *