Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Emas, Investasi Anti Inflasi

Dari dulu sampai beberapa waktu yang lalu, saya melihat emas hanya digunakan sebagai perhiasan semata. Namun akhir-akhir ini saya baru tahu ternyata emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan, tetapi emas juga digunakan sebagai salah satu alat investasi. Harga emas hanya berfluktuasi dalam jangka pendek dan akan terus meningkat dalam jangka panjang.

Emas digunakan sebagai alat investasi sudah sejak lama, misalnya emas digunakan sebagai mata uang orang Arab dan Cina. Bila melihat mata uang Dinar dan Yen yang berupa emas batangan, berarti emas sudah digunakan sebelum ada alat investasi seperti deposito atau reksadana saham. Meskipun merupakan alat investasi yang konvensional, emas mempunyai keunggulan dibanding alat-alat investasi lainnya. Emas mempunyai perlindungan aset karena emas memiliki konsistensi daya beli. Emas tetap menjadi logam mulia favorit yang digunakan untuk perhiasan.

Selain itu, emas juga mempengaruhi harga komoditas lain, misalnya harga minyak. Bila harga emas mengalami penurunan, harga minyak juga akan cenderung turun. Penurunan harga minyak akan mempengaruhi banyak harga komoditas lain, sehingga harga emas sangat penting dalam penentuan harga komoditas lain. Seandainya harga emas turun, nilai investasi emas tersebut sebenarnya tidak turun. Itulah kenapa investasi dalam bentuk emas sering disebut β€œzero iinflation”, artinya investasi emas tidak terpengaruh dengan naik turunnya nilai inflasi.

Investasi dalam bentuk emas juga bisa dibilang relatif aman dibanding dengan alat investasi lainnya. Misalnya kita menabung uang di bank, uang yang disimpan akan berkurang nilainya karena tabungan di bank dikenakan biaya administrasi, pajak bunga 20 persen, tingkat suku bunga yang rendah, dan jaminan yang terbatas. Investasi yang lebih rumit, misalnya reksadana saham, tentu memerlukan biaya-biaya tambahan yang bisa mengurangi nilai investasi tersebut. Investasi emas aman dari biaya-biaya tambahan tersebut dan bahkan nilai investasi emas relatif lebih aman dibanding investasi lain, misalnya pada kondisi krisis keuangan.

Emas yang bisa dibeli dalam bentuk perhiasan, batangan, atau dinar ini bisa dibeli kapan pun dan di mana pun. Bila suatu saat Anda membutuhkan dana darurat yang harus dipenuhi segera, Anda bisa langsung menjualnya ke toko emas. Toko emas bisa buka setiap hari dan jam layanannya tentu lebih lama dibandingkan dengan bank. Proses membeli dan menjual investasi emas sangat mudah dan cepat, serta nilai investasi emas mengikuti harga pasaran internasional yang selalu menguat.

Emas juga bisa digunakan untuk alat menabung yang efektif karena emas tidak mengalami penyusutan. Nilai investasi emas dalam jangka pendek memang selalu berfluktuasi, namun sejak sepuluh tahun terakhir nilai investasi emas terus meningkat mencapai lebih dari 406 persen. Pada tahun 2000 nilai tukar dinar emas sekitar Rp. 400.000,- dan sudah mencapai Rp. 1.690.000,-. Begitulah peningkatan nilai investasi emas dalam jangka panjang yang sangat menjanjikan.

Bila pilihan sudah jatuh pada investasi emas, tahap selanjutnya adalah menentukan emas dalam bentuk perhiasan, batangan, atau koin. Emas perhiasan bisa dipakai sebagai kalung, gelang, cincin, anting, atau perhiasan lainnya. Tetapi dalam investasi, emas perhiasan kurang efektif karena emas perhiasan memerlukan biaya pembuatan dan biaya pemeliharaan. Lain dengan emas batangan atau koin, Anda tidak dikenakan biaya tersebut sehingga investasi lebih efektif. Bila Anda memilih emas batangan, pemerintah tidak memberikan pajak karena emas batangan dianggap bahan baku untuk berbagai keperluan.

Untuk mengatasi dana-dana darurat, selain menjual emas Anda juga bisa menggadaikannya. Menggadaikan emas memang lebih menguntungkan dibanding menjualnya karena harga emas selalu meningkat. Namun harus diingat, setiap investasi memerlukan kiat-kiat tersendiri. Investasi emas mempunyai kelemahan, seperti kita menyimpan uang dalam bentuk tunai, yaitu emas bisa hilang atau dicuri. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menyimpan emas dalam safe box di bank yang memerlukan biaya tertentu. Dengan sedikit biaya penyewaan safe box, investasi emas Anda bisa aman dan nilai investasi emas Anda pasti akan terus meningkat.

5220 Total Views 2 Views Today
47 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *