Corporate Social Responsibility Tak Terbatas Donasi Sosial

Corporate Social Responsibility (CSR) selama ini kerap diterjemahkan hanya sebagai pemberian sumbangan atau pembangunan fasilitas bagi warga yang memerlukan. Banyak orang menilai CSR hanya menjadi “beban baru” bagi perusahaan padahal sebenarnya CSR mendatangkan keuntungan secara tidak langsung bagi perusahaan. CSR bisa menjadi investasi perusahaan yang menjadi nilai lebih dari perusahaan-perusahaan lainnya.

Corporate Social Responsibility

Untuk mempelajari bagaimana CSR memberi efek positif bagi perusahaan, kita perlu meniru Swedia. Swedia menjadi contoh keberhasilan pelaksanaan CSR di mana empat perusahaan asal Swedia (H&M, Holmen, Fabege, dan Scania) berhasil masuk daftar 100 perusahaan paling bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan di dunia. Bahkan di Swedia diadakan ajang pemilihan CSR Sweden Ambassador yang tahun lalu dimenangkan oleh Lisa Svenson.

Menurut sebuah survei, konsumen-konsumen di Swedia lebih memilih produk-produk dari perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan. Misalnya, konsumen lebih menyukai produk-produk Unilever karena perusahaan ini turut mendukung kelompok-kelompok usaha mikrofinansial di beberapa negara berkembang. Sebaliknya, konsumen di Swedia cenderung akan menghindari produk dari perusahaan-perusahaan yang “tidak bertanggung jawab”. Misalnya, perusahaan yang mencemari lingkungan atau perusahaan yang memperkerjakan anak-anak di bawah umur.

Saat ini semua perusahaan dituntut untuk memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan sesuai perkembangan zaman. Dengan begitu cepatnya pemberitaan di media sosial dan media tradisional, konsumen sudah dididik untuk memperhatikan mata rantai produk dari perusahaan-perusahaan, mulai dari proses produksi dari pemasarannya. Lebih jauh lagi, konsumen bisa menilai sejauh mana kepedulian perusahaan terhadap persoalan-persoalan sosial. Tidak hanya pemberian donasi atau pembangunan sarana sosial, konsumen juga memperhatikan semua aktivitas perusahaan.

Sebagai konsumen yang baik, apakah Anda sudah mempertimbangkan CSR perusahaan sebagai salah satu pertimbangan untuk membeli produknya? Apakah Anda mengetahui perusahaan-perusahaan yang menyediakan nursery room untuk karyawan-karyawan yang sedang menyusui anaknya? Apakah Anda memperhatikan perusahaan-perusahaan yang menyediakan fasilitas olahraga untuk karyawan-karyawannya? CSR tidak hanya donasi sosial, ia seharusnya didasari jiwa sosial yang sebenarnya.

26 Comments
  1. Hanif
    • giewahyudi
  2. isnuansa
  3. Kika
    • giewahyudi
  4. Sukajiyah
  5. adhiprimana.com Blog DoFollow
  6. Masa Tours & Travel
    • giewahyudi
  7. Alex©
  8. Gusti 'ajo' Ramli
    • giewahyudi
  9. wahyu nurudin
  10. Tina Latief
  11. Ipras
    • giewahyudi
  12. ikhsan
    • giewahyudi
  13. die
    • giewahyudi
  14. 'Ne
    • giewahyudi
  15. jarwadi
    • giewahyudi
  16. purwanto
    • giewahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *