Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Concert for Komodo, Promosi Pulau Komodo di Pulau Bali

Sekarang ini saya sedang mengikuti sebuah kontes di situs Indonesia.Travel. Cara kontesnya sederhana, tiap hari peserta diberikan lima pertanyaan seputar wisata Indonesia. Kontes ini masih dibuka sampai 12 Juli 2011. Meskipun persaingan kontes ini begitu sengit, saya masih berharap bisa memenangkan paket liburan tiga hari ke Pulau Komodo. Pulau Komodo memang dicoret dari daftar New7Wonders, tapi pesonanya sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Kapal-kapal pesiar dari luar negeri kerap menyambangi Pulau Komodo. Hal ini membuat Kemenbudpar bangkit kembali untuk mengkampanyekan Pulau Komodo sebagai The Real Wonder of the World.

Tidak mau tanggung-tanggung, kampanye bertajuk Komodo : The Real Wonder of the World ini akan menyelenggarakan acara Komodo Nights di luar negeri. Karena turis Amerika Serikat dan Australia yang paling sering datang ke Pulau Komodo, Komodo Nights akan diadakan di Chicago pada 9 September 2011 dan di Sydney pada 5 November 2011. Di acara Komodo Knights nanti, Kemenbudpar akan menggandeng media, blogger, biro perjalanan wisata, dan Friends of Komodo yang ada di dua kota tersebut. Friends of Komodo adalah komunitas pecinta Taman Nasional Komodo yang mempromosikan Pulau Komodo. Dalam acara Komodo Nights di Chicago dan di Sydney nanti, Friends of Komodo akan menyampaikan testimoni mereka tentang kunjungan mereka ke Pulau Komodo.

Concert for Komodo

Namun sebelum Komodo Nights diadakan di Chicago dan di Sydney, Kemenbudpar akan mengadakan sebuah konser yang bertajuk Concert for Komodo. Ide pelaksanaan Concert of Komodo ini awalnya berasal dari kekecewaan karena Kemenbudpar yang dicoret dari daftar Official Supporting Committee New7Wonders. Ketika itu pihak Kemenbudpar menghubungi Hermawan Kartajaya yang juga seorang Special Ambassador for Indonesian Tourism. Ketika itu, Founder dan CEO Markplus, Inc. ini menyampaikan bahwa New7Wonders bisa saja mencoret Pulau Komodo tapi kita masih bisa berbuat banyak. Markplus, Inc. kemudian mengumpulkan orang-orang yang peduli dengan Pulau Komodo dan juga beberapa influencer dari kalangan youth, women, dan netizen.

Dari pertemuan yang digagas Markplus, Inc. itu, salah satu ide yang muncul adalah Concert for Komodo. Concert for Komodo akan diadakan oleh Marketeers bekerjasama dengan KompasTV. Concert for Komodo ini akan diadakan di Pantai Kuta, Bali, pada tanggal 30 Juli 2011. Pemilihan Pulau Bali sebagai tempat konser ini selain karena Pulau Bali merupakan tempat favorit turis-turis asing, Pulau Bali juga menjadi salah satu pintu masuk ke Pulau Komodo. Sekarang sudah banyak penerbangan langsung dari Pulau Bali ke Pulau Komodo. Konser ini tidak hanya menggunakan nama Komodo sebagai daya tarik, namun konser ini juga akan menyajikan musik-musik etnik khas Pulau Komodo. Sehingga diharapkan para turis tidak hanya mengenal satwa Komodo, tapi juga mengenal wisata budaya di Pulau Komodo.

Concert for Komodo yang diadakan pas malam Minggu ini bisa disaksikan para wisatawan tanpa membayar tiket masuk alias gratis. Beberapa musisi yang siap berpartisipasi dalam konser ini antara lain Dwiki Dharmawan, Mercy Dumais, Sandhy Sandoro, Dira Sugandi, Tohpati, dan beberapa musisi lainnya. Konser yang akan tayang on-air di KompasTV pada 6 Agustus 2011 ini akan dipandu oleh pembawa acara terkenal, Tommy Tjokro dan Zivanna Letisha. Jadi bila Anda sedang jalan-jalan ke Pulau Bali di akhir bulan Juli ini, Jangan lewatkan Concert for Komodo di Pantai Kuta. Tanpa perlu membayar untuk melihat konser ini, Anda sudah bisa menunjukkan kepada dunia bahwa Pulau Komodo adalah The Real Wonder of the World.

49 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *