Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

COCA COLA & MUSIK : Semangat Nonton Maroon 5

Sejarah panjang Coca-Cola memang tidak bisa dipisahkan dengan perkembangan musik. Sejak diperkenalkan pada tahun 1886, Coca-Cola kerap menggunakan musik sebagai salah satu cara kreatif untuk mengembangkan pemasarannya. Misalnya pada tahun 1889, Coca-Cola sudah menjadi sponsor bagi musisi Hilda Clark. Tahun 1930-an Coca-Cola mulai mensponsori acara-acara musik di radion. Dua dasawarsa kemudian Coca-Cola mulai memasang iklan pertama di televisi dengan menampilkan musisi McQuire Sisters. Tahun 1960-an, Coca-Cola mensponsori sebuah ajang pencarian bakat bernama Talentsville.

Tahun lalu, Coca-Cola kembali tampil dengan jingle-nya yang menyemarakkan Piala Dunia 2010. Lagu One Happiness yang sebenarnya ditujukan untuk iklan televisi di Amerika ini kemudian digunakan di berbagai negara dengan menyesuaikan liriknya sesuai bahasa setempat. Di Indonesia, lagu One Happiness dinyanyikan dengan judul Buka Semangat Baru. Lagu yang berhasil masuk tangga lagu terbaik di Indonesia ini dinyanyikan oleh Ello, Ipang, Berry Saint Loco, dan Lala. Coca-Cola telah memiliki sejarah panjang dalam memanfaatkan musik untuk menyatukan orang-orang dari seluruh dunia dengan cara yang menarik.

Tanggal 22 Maret lalu, Coca-Cola kembali mengadakan acara musik yang sangat menarik. Acara bertajuk Coca-Cola Music 24 Hour Session ini menampilkan band pop-rock, Maroon 5, dalam acara yang sangat unik. Dua puluh negara masing-masing mengirimkan dua blogger ke London untuk ikut workshop dan menyumbangkan idenya untuk Maroon 5. Maroon 5 dibantu dengan 40 blogger dari seluruh dunia akan membuat sebuah lagu khusus yang Coca-Cola hanya dalam waktu 24 jam. Sesi workshop di Metropolis Studio itu disiarkan secara lansung melalui situs Coca-Cola Music sehingga semua orang bisa menyumbangkan idenya di sana. Selain itu, pengguna Twitter juga bisa berpartisipasi dengan menggunakan hashtag #24Maroon5.

Di Indonesia sendiri, acara Coca-Cola Music 24 Hour Session disemarakkan dengan peluncuran situs www.coca-cola.co.id di FX Plaza. Selain itu, acara tersebut juga memberikan apresiasi kepada dua blogger yang dikirim untuk bertemu Maroon 5 di London. Dua blogger yang beruntung itu adalah Soleh Solihun dan Endah Widiastuti. Soleh Solihun dianggap sangat pantas mewakili Indonesia karena selain blogger musik, Mas Soleh juga seorang wartawan di Majalah Rolling Stone Indonesia. Mbak Endah adalah musisi dari duo indie EndahNRhesa yang juga aktif menulis di blognya. Pada acara itu juga, Coca-Cola Indonesia memberikan sebuah tiket nonton gratis Maroon 5 di Bangkok akhir bulan April nanti. Orang yang beruntung mendapatkan doorprize nonton gratis Maroon 5 di Bangkok itu adalah Dimas Novriandi.

Pemilihan Maroon 5 sebagai ikon Coca-Cola pun bukan tanpa alasan kuat. Band pop-rock asal Los Angeles ini membuat rekor penjualan tiket tercepat. Seluruh tiket konser Maroon 5 di Jakarta yang dijadwalkan tanggal 27 April nanti langsung sold-out hanya dalam waktu 10 jam. Maroon 5 memang mempunyai pengaruh besar dalam dunia musik dunia sejak album pertamanya, Songs About Jane, yang dirilis pada tahun 2003. Selain itu, musik Maroon 5 juga sangat sesuai dengan kampanye Coca-Cola dalam menyebarkan semangat baru ke seluruh dunia. Semangat itu juga yang saya rasakan sampai saya membayangkan untuk bisa menyaksikan Maroon 5 secara live.

Ilustrasi dari http://www.thecoca-colacompany.com/ dan http://digitalrendezvous.net/

7244 Total Views 2 Views Today
73 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *