Advertise with Me Please send me an email to saya@giewahyudi.com

Cecillia Young, Biola, dan Musik Tradisional

Jumlah pemain biola di Indonesia itu mungkin belum terlalu banyak. Hanya beberapa pemain biola yang saya ketahui, mulai dari W.R. Soepratman sampai Maylaffayza Wiguna. Yang saya perhatikan, kebanyakan pemain biola memainkan melodi yang bernuansa musik Barat. Paling-paling siter, alat musik gesek tradisional semacam biola, yang bisa melantunkan lagu-lagu tradisional. Itulah hebatnya pemain biola yang satu ini, Cecillia Young namanya. Gadis remaja kelahiran 11 Agustus 1995 ini menggabungkan musik klasik dengan musik tradisional dalam sebuah instrumentalia berjudul Bali Sutrepti. Dalam instrumentalia berdurasi 3,5 menit itu, alunan gamelan Bali bisa menyatu dengan lengkingan dawai biola Cecillia Young.

Bali Sutrepti adalah hasil karya perdana dari Cecillia Young yang aransemennya dibantu oleh Yulianto E. Instrumentalia Bali Sutrepti kemudian dibuatkan video klip oleh Black Studio Jakarta dan mengambil lokasi di Pura Aditya Jaya Rawamangun. Tidak seperti permainan biola yang mendayu-dayu dan menyayat hati, Bali Sutrepti menampilkan musik yang energik. Karena itu pemilihan musik gamelan Bali bukan tanpa alasan, musik Bali biasanya memang digunakan untuk mengiringi tarian dengan gerakan-gerakan cepat. Tidak hanya itu, Cecil, begitu panggilan akrab anak semata wayang dari pasanan Yohanes dan Caroline Young ini, juga akan mengeksplor lagu-lagu tradisional dengan alunan gesekan biolanya.

Dalam beberapa kesempatan, Cecillia Young selalu membawakan lagu-lagu tradisional dengan biolanya. Misalnya saja ketika Cecillia Young tampil dalam pembagian hadiah Lomba Bersih Kampung yang diadakan di Pisangan Timur, Pulo Gadung, akhir bulan Juli lalu. Dalam acara yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo itu, Cecillia Young membawakan lagu Sirih Kuning, Dayung Sampan, Ondel-ondel, dan Jali-jali dengan biolanya sembari diiringi melodi piano. Empat lagu khas Betawi yang sudah mulai jarang terdengar itu dimainkan dengan apik oleh Cecillia Young. Usai tampil di panggung, Cecillia Young langsung disambut salam apresiasi dari Gubernur Fauzi Bowo. Cecillia Young juga tak lupa memberikan compact-disc Bali Sutrepti untuk Gubernur Fauzi Bowo.

Cecillia Young yang menyukai biola sejak kecil ini sekarang ingin mengembangkan permainan biolanya dengan musik-musik tradisional. Selain lihai menggesek biola, siswi kelas 10 SMA Tarakanita 2 Pluit Jakarta ini juga pandai bermain piano dan gitar. Karena kemahirannya bermain biola, Cecillia Young dipercaya menjadi pengajar biola di beberapa sekolah musik. Selain itu, Cecillia Young juga masih aktif di Orcestra Soho, sebuah orkestra yang Cecil ikuti sejak pertama dibentuk tiga tahun yang lalu. Usia Cecillia Young yang begitu muda membuat saya terkagum-kagum, apalagi kepeduliannya pada musik-musik tradisional. Tidak banyak yang menempuh “jalan musik” yang sepi ini, tapi saya percaya satu hal. Seperti layaknya musik indie yang berdiri sendiri, gesekan biola Cecillia Young juga akan punya pengagumnya sendiri.

27 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *