Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Cara Saya Mendapatkan Tambahan Dana 1 Juta Setiap Bulan

Tidak terasa tahun 2013 sudah hampir berlalu. Kalau orang kantoran lagi sibuk-sibuknya bikin annual report. Apalagi yang di bagian keuangan, hitungan uang keluar-masuk harus dikerjakan. Sebagai blogger, saya jadi pengen juga bikin semacam annual report, kayak sudah punya perusahaan sendiri gitu. Tapi iseng-iseng aja sih, tidak perlu dipresentasikan di depan khalayak umum. Jadi, akhir-akhir ini saya baru sadar saya tidak terlalu mengatur keuangan saya. Perasaan setiap bulan sudah menabung tapi kok nambahnya kurang signifikan. Kayaknya pemasukan hampir sama dengan pengeluarannya gitu. Jadi malu sama Dedek Diana yang celengannya sudah hampir penuh.

Resolusi Keuangan di Tahun Baru 2014

Sejak umur setahun, Dedek Diana sudah punya celengan bentuk Angry Bird lho. Tidak perlu waktu lama untuk ngajarin Dedek Diana nabung. Begitu tangannya mahir memasukkan recehan ke dalam celengan, Dedek Diana punya hobi baru kalau ada recehan nganggur. Dedek Diana emangat nabung karena dikasih tahu kalau nanti celengannya penuh akan dibelikan sepeda. Aneh kan kalau anaknya sudah diajarin nabung tapi bapaknya tidak pinter nabung. Makanya saya pengen bikin semacam resolusi keuangan untuk tahun baru nanti. Kalau celengan Dedek Diana buat beli sepeda, saya cuma pengen gimana bisa menyisihkan tambahan dana tabungan sebesar 1 juta setiap bulannya.

Tambahan dana tabungan ini bukan berasal dari bonus atau hadiah nomplok yang kemudian ditabung. Tambahan dana tabungan ini akan saya cari di sela-sela pengeluaran yang selama ini tidak saya ketahui secara rinci. Saya sering baru sadar ternyata pengeluaran saya selama ini banyak tapi tidak tahu ke mana semua uang itu pergi. Ada banyak (mungkin) pengeluaran kecil yang sering dilakukan tapi kadang tidak saya sadari. Salah satunya adalah pengeluaran membeli pulsa untuk total enam kartu SIM yang harus saya hidupi. Untuk keperluan SMS, telepon, paket data smartphone/tablet, dan juga modem di komputer. Kalau dipikir-pikir pengeluaran pulsa ini bisa diciutkan lagi deh.

Andai saya bisa mematikan satu atau dua kartu SIM, saya sudah bisa mengurangi pengeluaran saya hingga Rp. 100.000,- setiap bulan. Itu hanya untuk satu jenis pengeluaran saja. Jadi target tambahan dana tabungan dari pengurangan pengeluaran bulanan itu sangat masuk akal. Saya masih bisa menekan beberapa pengeluaran lain seperti dengan menghemat penggunaan air PAM dan listrik, berhenti membeli Pertamax dan menggantinya dengan Premium, dan memasak makan siang sendiri. Kalau diperhatikan lebih detail, pengeluaran-pengeluaran itu masih bisa ditekan. Tambahan dana tabungan tersebut bisa disisihkan hingga tabungan saya menjadi bertambah secara signifikan.

Resolusi ini hanya untuk menggambarkan bagaimana sebenarnya saya bisa menekan pengeluaran kalau kita mau memperhatikannya satu per satu ya. Jangan ditiru dengan menekan kebutuhan dasar dan membuat kamu lupa bagaimana cara menikmati hasil kerja keras kamu selama ini. Intinya ya jangan berlebihan atau hura-hura, nikmati sewajarnya saja. Kalau tabungan kamu lebih banyak tentu kamu bisa melakukan banyak hal di masa depan. Mau menyekolahkan anak di sekolah terbaik atau mau jalan-jalan ke destinasi favorit semuanya bisa kalau kamu bisa melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Kalau kamu sendiri, apa resolusi keuanganmu untuk tahun baru nanti?

7412 Total Views 2 Views Today
32 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *