Advertorial Gie, Finance Gie

Cara Saya Mendapatkan Tambahan Dana 1 Juta Setiap Bulan

Tidak terasa tahun 2013 sudah hampir berlalu. Kalau orang kantoran lagi sibuk-sibuknya bikin annual report. Apalagi yang di bagian keuangan, hitungan uang keluar-masuk harus dikerjakan. Sebagai blogger, saya jadi pengen juga bikin semacam annual report, kayak sudah punya perusahaan sendiri gitu. Tapi iseng-iseng aja sih, tidak perlu dipresentasikan di depan khalayak umum. Jadi, akhir-akhir ini saya baru sadar saya tidak terlalu mengatur keuangan saya. Perasaan setiap bulan sudah menabung tapi kok nambahnya kurang signifikan. Kayaknya pemasukan hampir sama dengan pengeluarannya gitu. Jadi malu sama Dedek Diana yang celengannya sudah hampir penuh.

Resolusi Keuangan di Tahun Baru 2014

Sejak umur setahun, Dedek Diana sudah punya celengan bentuk Angry Bird lho. Tidak perlu waktu lama untuk ngajarin Dedek Diana nabung. Begitu tangannya mahir memasukkan recehan ke dalam celengan, Dedek Diana punya hobi baru kalau ada recehan nganggur. Dedek Diana emangat nabung karena dikasih tahu kalau nanti celengannya penuh akan dibelikan sepeda. Aneh kan kalau anaknya sudah diajarin nabung tapi bapaknya tidak pinter nabung. Makanya saya pengen bikin semacam resolusi keuangan untuk tahun baru nanti. Kalau celengan Dedek Diana buat beli sepeda, saya cuma pengen gimana bisa menyisihkan tambahan dana tabungan sebesar 1 juta setiap bulannya.

Tambahan dana tabungan ini bukan berasal dari bonus atau hadiah nomplok yang kemudian ditabung. Tambahan dana tabungan ini akan saya cari di sela-sela pengeluaran yang selama ini tidak saya ketahui secara rinci. Saya sering baru sadar ternyata pengeluaran saya selama ini banyak tapi tidak tahu ke mana semua uang itu pergi. Ada banyak (mungkin) pengeluaran kecil yang sering dilakukan tapi kadang tidak saya sadari. Salah satunya adalah pengeluaran membeli pulsa untuk total enam kartu SIM yang harus saya hidupi. Untuk keperluan SMS, telepon, paket data smartphone/tablet, dan juga modem di komputer. Kalau dipikir-pikir pengeluaran pulsa ini bisa diciutkan lagi deh.

Andai saya bisa mematikan satu atau dua kartu SIM, saya sudah bisa mengurangi pengeluaran saya hingga Rp. 100.000,- setiap bulan. Itu hanya untuk satu jenis pengeluaran saja. Jadi target tambahan dana tabungan dari pengurangan pengeluaran bulanan itu sangat masuk akal. Saya masih bisa menekan beberapa pengeluaran lain seperti dengan menghemat penggunaan air PAM dan listrik, berhenti membeli Pertamax dan menggantinya dengan Premium, dan memasak makan siang sendiri. Kalau diperhatikan lebih detail, pengeluaran-pengeluaran itu masih bisa ditekan. Tambahan dana tabungan tersebut bisa disisihkan hingga tabungan saya menjadi bertambah secara signifikan.

Resolusi ini hanya untuk menggambarkan bagaimana sebenarnya saya bisa menekan pengeluaran kalau kita mau memperhatikannya satu per satu ya. Jangan ditiru dengan menekan kebutuhan dasar dan membuat kamu lupa bagaimana cara menikmati hasil kerja keras kamu selama ini. Intinya ya jangan berlebihan atau hura-hura, nikmati sewajarnya saja. Kalau tabungan kamu lebih banyak tentu kamu bisa melakukan banyak hal di masa depan. Mau menyekolahkan anak di sekolah terbaik atau mau jalan-jalan ke destinasi favorit semuanya bisa kalau kamu bisa melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Kalau kamu sendiri, apa resolusi keuanganmu untuk tahun baru nanti?

7202 Total Views 2 Views Today

32 Comments

  1. Gak pernah punya resolusi keuangan. Iya, memang parah banget. Bisanya cuma nentuin target harus bisa nambah alat kamera, soal gimana caranya ya dipikir sambil jalan. Nabung sih pasti 😀

    1. Awalnya saya juga gitu, Mas. Uang masuk keluar ya gitu aja, sebelum tiris banget ya masih bisa belanja ini itu. Tapi setelah lama kok baru berasa, lha selama ini yang ditabung ke mana aja. Hehehee *tepok jidat*

  2. Alhamdulillah pengeluaran pulsa telp dn sms bs diirt via sosmed mas
    Dan setiap.minggu bisa ke luar kota refreshing, karena kerjanya home office hihi

  3. sudah 3 bulan ini saya ngganti hape dari yang smatphone kehape SMS dan call saja, efeknya saya jadi sangat jarang ngisi pulsa. Lain halnya dengan sebelumnya, kalo keluar rumah, tangan ini gatal pingin ngecek blog yang tentu saja bisa menguras pulsa

  4. Aku sudah mulai nyelengi cuik receh sejak beli celengan globe. Wah kayaknya harus diposting ini. Makasih udah ngasih ide nulis hahaha..

    Pernah melepas mur celengan, dan dapet sekitar 24 ribu. Lumayan lah ya buat ganjel perut malam malam hahaha..

    Pengeluaran pulsaku cukup irit mas, mungkin irit banget malah, soalnya aku HAMPIR GAK PERNAH NELFUN seumur hidupku. Jadi cuma ngandalin sms paket IM3 yg 10 ribu dapat 666 sms ituh dg mas aaktif selama kartu aktif itu tuh. SUPER HEMAT banget bahkan aku udah lupa kapan terakhir beli pusa. HAHAHA

    hidup IM3! <– lha kok promosi? Maklum makhluk endorse-an. Siapa tahu dapat endorse dari IM3. hahahah

  5. Menekan pengeluaran yang tak terlalu penting itu keren
    Menambah penghasilan juga keren

    Anak saya sejak usia setahunan dah punya celengan, sekitar 7 bulan yang lalu celengannya dipecahin dan alhamdulillah bisa bantu-bantu ayahnya beli gerobak roda empat 🙂

    Salam semangat

  6. Satu hal yang saya sesali sejak saya bekerja adalah saya tidak punya dana darurat yang cukup. Jadi, pas sekarang menganggur begini jadi mati gaya sendiri. Kemarin pas masih kerja masih sempat menyimpan uang tiap bulannya. Tapi, uang itu cepat banget habisnya karena saya tidak tahan godaan untuk jajan terus. Huhuhu… Sekarang saya berjanji ke diri sendiri kalau nanti sudah dapat kerjaan baru, saya harus lebih disiplin lagi dalam mengatur keuangan. Gak boleh boros, gak boleh gampang tergoda buat jajan, harus itu! *kok malah jadi curhat* 😆

  7. anak saya pas umur sekitar 12 bulan udah pinter masukin uang ke celengan. Emang lebih pinter nabung ya anak kecil. Yang pasti harus atur2 pengeluaran aja ya, terus nabung harus di awal dipaksain nabung dan jangan berlebihan dalam pengeluaran 🙂

  8. Alhamdulillah sih mas, akhir tahun ini ada dana lebih dari Nabung.
    Sejak nikah, saya ninggalin kartu kredit, dan kredit ini itu termasuk elektronik. Saya bertekad kalau mau beli gadget atau elektronik harus Nabung duluh. Nah… akhirnya setelah ditabung jadi sayang juga belajain duitnya 😀

    Tapi taun depan musti selektif lagi pengeluarannya. Musti kayak mas Gie, nyisihin 1 juta tiap bulan. Kalo niatnya kuat insya Alloh bisa

  9. Iya swbenarnya byk uang terbuang utk hal yg tdk perlu klo perempuan itu beli tas baju sepatu n sembako sembilan bahan kosmetik 🙂 ini perlu dikurangin deh klo internet ngga bisa ini salah satu hiburan klo ngga bisa jalan-jalan

  10. Setuju Mas, berhemat juga jangan berlebihan. Nanti jadinya malah merana dan nggak bisa menikmati hidup, hehe….
    Hmm… biasanya sih saya nggak punya resolusi keuangan. Tapi seperti perlu bikin juga nih…. Saya ikut-ikutan dulu deh, mencoba lebih berhemat 😀

  11. Salam kenal, gie!
    Saya paling semangat baca-baca postingan soal gimana cara nambah duwit :p
    Resolusi tahun 2014 soal keuangan tentunya berikrar bakal lebih hemat, disiplin soal budget, endesbre endesbre yang biasanya bakal mulai lupa di bulan april hehehehe…
    Satu-satunya cara supaya bisa sedikit lebih taat budget adalah dengan cara jadul, yaitu pake sistem amplop…. nahhhh pake sistem ini biasanya rada tertib dehhhh… walopun masih di tahap ‘rada’ yah, bukan ‘pasti’…
    Jadi gimana, udah beneran bisa hemat sejuta tiap bulan beneran nih??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *