Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Bintang Tidak Selalu Harus Bersinar

“Ada berjuta-juta bintang di langit, namun hanya ada satu bintang di hatiku.” Tapi sekarang saya sedang tidak ingin merangkai kata-kata puitis. Saya hanya ingin menampilkan lima dari jutaan bintang yang ada. Sebenarnya di Indonesia ada banyak istilah yang menggunakan kata bintang. Misalnya, bintang lapangan, ramalan bintang, hotel berbintang, bintang di surga, bintang tamu, bintang pelajar, dan bahkan ada juga bintang sinetron. Namun kali ini saya hanya ingin menyajikan lima bintang berikut ini.

Bintang yang pertama adalah Bir Bintang. Bir Bintang adalah bir terlaris di Indonesia. Bir produksi Multi Bintang Indonesia, anak perusahaan Heineken Indonesia, ini mengandung 4,7 persen Pilsner. Produk Multi Bintang Indonesia lainnya adalah Green Sands yang memiliki kandungan alkohol di bawah 1 persen. Pabrik pembuatan bir dimulai pada tahun 1929 di Surabaya. Setelah Indonesia merdeka, pabrik pembuatan bir itu berubah nama menjadi β€œHeineken’s Indonesia Brewery Company. Tahun 1957, pemerintah melarang operasi pabrik pembuat bir tersebut dan melakukan pengawasan secara ketat. Namun pada tahun 1967, pabrik pembuat bir tersebut kembali beroperasi dengan nama Multi Bintang Indonesia.

Bintang yang kedua adalah bintang laut. Bintang laut adalah salah satu organisme laut yang tidak bisa berenang. Hewan bertentakel ini bergerak di dasar perairan laut dengan bantuan kaki tabung yang terletak di sekujur tentakel mereka. Bintang laut memang tidak bisa melakukan pergerakan secara cepat, namun Tuhan memberikan keistimewaan pada pencernaan bintang laut yang begitu menakjubkan. Cara makan bintang laut ini begitu unik. Mungkin bintang laut ini adalah satu-satunya hewan yang bisa mencerna makanan di luar tubuhnya. Bila bintang laut menangkap seekor kerang, bintang laut akan memecahkan cangkang kerang itu dengan tentakelnya. Lalu, bintang laut itu akan memasukkan perutnya melalui retakan-retakan yang terdapat pada cangkang kerang itu.

Bintang yang ketiga adalah matahari. Bintang terbesar di tata surya ini berjarak 139,5 juta kilometer dari planet Bumi. Tidak seperti planet Bumi, matahari memancarkan energi dari dalam sehingga bisa bersinar dan menerangi jagat raya ini. Keistimewaan kilauan itu yang membuat matahari menjadi satu-satunya bintang sejati dalam sistem tata surya. Meski permukaan matahari memiliki panas mencapai suhu 5.500 derajat Celcius, tanpa itu mustahil ada kehidupan di muka bumi ini. Namun suhu yang tinggi dari matahari itu dapat mendatangkan bencana di bumi. Badai matahari diyakini bisa menghentikan lalu lintas udara dan merusak tatanan induk aliran gas dan listrik di seluruh bumi. Apakah itu yang diyakini sebagai salah satu bentuk kiamat, saya juga belum mendapatkan referensi yang benar-benar meyakinkan.

Bintang yang keempat adalah renang bintang atau di Indonesia lebih dikenal dengan renang indah. Dalam olahraga air ini, beberapa perenang melakukan beberapa formasi yang begitu indah. Awalnya, renang bintang ini hanya boleh dilakukan oleh perenang pria. Namun setelah dilakukan evaluasi ternyata β€œbalet air” ini lebih cocok dilakukan oleh perenang wanita. Setelah pertunjukan balet air di London pada tahun 1892, tubuh perenang wanita diyakini lebih mempunyai bentuk pola yang artistik pada permukaan air. Pada tahun 1934, sebanyak 60 perenang indah wanita memperlihatkan manuver-manuver indah mereka di permukaan air.

Bintang yang kelima adalah bintang penghargaan. Walk of Fame adalah salah satu trotoar terkenal di dunia. Di trotoar sepanjang 3,8 kilometer ini sampai sekarang telah tercatat lebih dari 2.500 tokoh seni pertunjukan. Sebagai bentuk penghargaan, di trotoar itu dihiasi bintang-bintang yang mencantumkan nama tokoh-tokoh itu. Plakat bintang yang terbuat dari logam itu kemudian dilekatkan pada ubin teraso yang beratnya tidak kurang dari 136 kilogram. Karena begitu bernilainya bintan penghargaan itu, tidak jarang ada orang yang usil mencukil dan mencurinya. Tahun ini artis yang mempunyai peluang mendapatkan bintang penghargaan ini adalah Penelope Cruz dan Danny DeVito.

7516 Total Views 2 Views Today
47 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *