Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Berlari Setiap Hari Demi Fitbar Donor Kalori

Sejak menjadi full-time blogger, saya memang lebih sering duduk di depan komputer. Dibandingkan saat masih kerja kantoran, saya lebih sering berada di depan komputer, karena memang kerja mandiri di komputer sendiri. Kalaupun istirahat untuk tiduran sebentar biasanya masih megang smartphone untuk ngecek Twitter atau Instagram.

Karena nggak banyak gerak, saya pun menggemuk. Masih ideal sih, nggak pernah tembus berat 60 kg. Meski jarang olahraga, saya masih harus naik turun tangga karena kamar tidur ada di lantai dua. Apalagi kalau harus gendong Diana naik turun, sudah lumayan tuh. Hehehe. Saya juga sering ngajak Diana main ke taman dekat rumah. Lari-larian sama Diana di taman ternyata bikin keringetan.

Berlari Setiap Hari Demi Fitbar Donor Kalori

Diana waktu masih kecil gendut banget. ^o^

Selain untuk saya sendiri, main-main di taman juga penting buat Diana karena bisa mencegah obesitas pada anak. Menurut Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdar) 2013, sebanyak 11,7 persen balita di Jakarta kelebihan berat badan. Jumlah anak usia 5-12 tahun di Jakarta yang mengalami berat badan berlebih mencapai 16,1 persen, sementara 14,0 persen-nya mengalami obesitas. Bahkan angka obesitas penduduk dewasa Jakarta mencapai 20,8 persen.

Menurut sebuah riset dalam jurnal The Lancet, Indonesia termasuk dalam 10 besar negara dengan penduduk obesitas terbanyak yaitu mencapai lebih dari 40 juta orang. Saat ini Indonesia sedang memperoleh bonus demografi dengan bertambahnya jumlah penduduk usia produktif yang meningkatkan konsumsi makanan. Sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan pengetahuan gizi dan aktivitas fisik yang cukup.

Berlari Setiap Hari Demi Fitbar Donor Kalori

Di kota-kota besar, orang banyak kehilangan waktu untuk perjalanan menuju tempat kerja. Sementara waktu luang biasanya digunakan untuk hobi yang minim aktivitas fisik. Gaya hidup seperti itu menyebabkan asupan kalori yang kurang seimbang. Dalam jumlah cukup, kalori berfungsi sebagai cadangan energi. Namun jika jumlahnya berlebih dan tidak ada aktivitas fisik, kalori menjadi masalah.

Sementara anak-anak di Jakarta kelebihan berat badan karena konsumsi kalori berlebih, anak-anak di beberapa daerah justru kebalikannya. Misalnya Kalimantan Selatan yang memiliki 10,4 persen balita sangat kurus dan 83 persen balita kurus. Secara nasional, ada 5,3 persen balita sangat kurus ; 6,8 persen balita kurus ; 76,1 persen balita dengan berat badan normal ; dan 11,8 persen balita gemuk.

Berlari Setiap Hari Demi Fitbar Donor Kalori

Kondisinya memang timpang, sebagian anak kelebihan nutrisi sementara sebagian lagi kekurangan nutrisi (malnutrisi) yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut. Selain faktor ekonomi, kadang malnutrisi juga disebabkan oleh kurangnya pengetahuan orangtua. Karena itulah Fitbar menggelar Program Donor Kalori untuk mengurangi ketimpangan nutrisi tersebut. Ternyata cara donor kalori mudah, saya pikir kayak donor darah gitu. Hehehe.

Fitbar Donor Kalori mengajak kita untuk mengumpulkan 10 juta kalori (10.000.000 kcal) ke situs www.fitbardonorkalori.com. Kalau sudah terkumpul 10 juta kalori, Fitbar yang merupakan salah satu produk Kalbe Nutritionals akan mendonasikan Rp 500 juta untuk anak-anak yang kekurangan nutrisi. Fitbar bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Anak akan melatih, mendidik, dan mengajarkan anak Indonesia yang kurang mampu.

Berlari Setiap Hari Demi Fitbar Donor Kalori

Tidak seperti donasi biasanya yang menerima uang, Fitbar Donor Kalori hanya menerima foto kalori yang sudah dibakar. Bisa screen capture aplikasi olahraga di smartphone seperti CustomFit, bisa juga foto steps counter. Gampang kan? Tinggal aktivin aplikasi atau pasang steps counter, trus lakukan aktivitas fisik setiap hari. Aktivitas sehari-hari juga bisa kok, seperti jalan kaki, naik tangga, naik jembatan penyeberangan, dan lain-lain.

Kalau punya banyak waktu luang bisa olahraga seperti renang, futsal, bersepeda, jogging, senam, yoga, dan masih banyak lagi. Nah kalau sudah olahraga kan nanti terlihat berapa jumlah kalori yang dibakar setiap harinya. Itulah yang akan didonasikan ke www.fitbardonorkalori.com. Setelah login klik Donor Kalori Sekarang, tinggal upload gambar, dan tulis jumlah kalori terbakar. Nanti foto dan jumlah kalorinya akan diverifikasi maksimal 1×24 jam.

Kalau selama ini malas olahraga karena kurang motivasi, sekarang motivasinya sudah ada yaitu membantu anak-anak kurang beruntung. Yang penting punya waktu luang, lakukan aktivitas fisik, dan donasikan kalori. Selain itu motivasinya juga ada Top 10 Donatur Mingguan di situs Fitbar Donor Kalori. Tentu senang rasanya kalau masuk daftar itu, apalagi kalau bisa menjadi Top 10 Donatur Kalori Sepanjang Periode. Salut sama Om Remiel Andriyanto Sudirman yang sudah mendonasikan 109.545 kcal sejauh ini.

Kalau masih kurang motivasinya bisa lihat Instagram-nya Adinia Wirasti @adianiawrst. Meski lagi super sibuk mendekati rilisnya film Ada Apa Dengan Cinta 2 bulan April nanti, Adinia Wirasti masih terus berolahraga. Makin semangat olahraga setelah lihat pemeran Karmen ini lari-larian di tribun Stadion GBK. Kalau Adinia Wirasti yang super sibuk aja masih sempet olahraga, masak kita kalah? Hehehe.

Karena sekarang sudah nggak kerja kantoran, saya bisa lebih leluasa mengatur waktu kecuali kalau ada liputan atau lagi mantau IHSG untuk trading harian. Tidak perlu jauh-jauh kalau mau olahraga karena ada kolam renang dan taman di dekat rumah yang jaraknya kurang dari 1 km. Jadi bisa jalan kaki atau lari menuju taman dan kolam renang. Di taman sudah ada jogging track yang bagus, kalau pagi ramai banget yang lari.

Selain dua tempat itu, ada juga tempat yang menjadi favorit saya kalau mau lari yaitu jalan baru di pinggir Kali Pesanggrahan. Jalan baru itu nantinya menghubungkan Tanah Kusir-Cipulir namun terkena masalah pembebasan lahan. Karena itu jalan tersebut masih sepi tetapi kalau sore ramai banget karena buat nongkrong anak-anak muda. Jalannya bagus dan masih sepi jadi enak banget buat lari. Di sana juga ada waduk kecil yang ramai buat orang-orang mancing.

Berlari Setiap Hari Demi Fitbar Donor Kalori

Kalau saya sih lari di sekeliling waduk karena jogging track-nya sudah bagus. Karena saya hobi bikin timelapse, biasanya kalau sudah mau Maghrib saya istirahat sambil bikin timelapse di dekat waduk itu. Kadang nggak beruntung karena awannya mendung jadi sunsetnya item doang. Jadi pulang-pulang saya bikin foto bokeh dengan steps counter saya. Olahraga sambil menjalankan hobi fotografi bisa juga, hehehe.

Kalau lagi liputan pun tinggal bawa steps counter, pulang-pulang dicek ternyata lumayan juga kalori yang sudah dibakar. Yang paling enak sih kalau car free day karena waktunya bisa lebih bebas. Hari Minggu lalu, saya ikut car free day di Bunderan HI. Jogging dari Bunderan HI sampai Bunderan Patung Kuda nggak terasa karena banyak temennya, hahaha. Setelah muter balik sampai Bunderan HI lagi, saya nongkrong di jembatan penyeberangan orang.

Berlari Setiap Hari Demi Fitbar Donor Kalori

Enaknya di situ bisa lihat Patung Selamat Datang dari atas trus bisa juga melihat pekerja yang sedang membangun MRT. Sambil istirahat, saya membuat timelapse suasana car free day sambil makan Fitbar. Camilan rendah kalori ini memang pas banget buat nemenin olahraga karena enak, ngenyangin, tapi rendah kalori, cuma 90 kcal. Untuk perbandingan, donat aja kalorinya sampai 280 kcal lho. Selain rendah kalori, Fitbar juga bebas kolesterol dan bebas trans fat.

Bahan dasar Fitbar adalah oat yang menyehatkan karena kaya serat, ditambah gandum dan sereal. Selain itu ada tiga tambahan rasa sesuai variannya yaitu Chocolate, Nuts, dan Fruits. Dari ketiga varian itu, saya paling suka dengan Fitbar Fruits karena mengandung Raisin yang merupakan anggur yang dikeringkan. Karena Fitbar memiliki tiga rasa itu, maka tidak perlu rasa bersalah lagi, karena Fitbar rendah kalori dan bebas kolesterol-trans fat.

Berlari Setiap Hari Demi Fitbar Donor Kalori

Meski bekerja di rumah dengan aktivitas banyak di depan komputer, saya harus tetap olahraga dan makan camilan yang sehat. Pokoknya ke mana-mana harus bawa steps counter biar bisa kontrol kalori. Harus rajin upload foto steps counter juga di www.fitbardonorkalori.com. Sampai saat ini sudah ada 173 kcal yang terverifikasi di profile saya. Yang statusnya masih “Processing” ada 460 kcal, jadi totalnya sudah ada 633 kcal.

Meskipun masih sedikit namun saya sudah menjadi bagian dari 6.634.920 kcal yang sudah terkumpul di www.fitbardonorkalori.com. Masih diperlukan 3.365.080 kcal lagi biar bisa mendonasikan Rp 500 juta untuk anak-anak yang kurang beruntung. Ayo lebih rajin olahraga lagi biar bisa menjadi bagian dari Fitbar Donor Kalori.

Berlari Setiap Hari Demi Fitbar Donor Kalori

21561 Total Views 10 Views Today
13 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *