Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Beginilah Cara Aplikasi MyTelkomsel Membantu Saya

Secanggih apapun gadget selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Misalnya iPad yang saya gunakan setahun belakangan ini. Enak bisa internetan dengan tablet layar lebar, sekaligus bisa buat mainan Dedek Diana. Tapi akhir-akhir ini saya baru sadar ternyata ada kendala kecil yang sudah menjadi kebiasaan saya hampir setiap bulan. Kalau paket internet sudah habis, saya harus membuka mini simcard dari iPad lalu memindahkan ke smartphone untuk membeli paket internet lagi.

Hal ini sepertinya sudah jamak dilakukan pemilik tablet yang tidak memiliki fitur telepon. Jadi ya harus bongkar-pasang mini simcard untuk mengecek pulsa, transfer pulsa, isi ulang pulsa, dan membeli paket internet. Jadi kadang mikir gimana cara mengatasi kendala kecil seperti ini. Sederhana sih tapi mencari sim ejector yang kecil itu kadang bikin ribet. Nah setelah muter-muter browsing ternyata sekarang sudah ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatasi kendala ini.

Untungnya saya menggunakan paket internet dari Telkomsel untuk iPad saya, sama seperti smartphone saya. Untuk iPad menggunakan simPATI, kalau untuk smartphone menggunakan KartuAs. Keduanya sama-sama kartu prabayar. Untung saya pakai Telkomsel karena aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Telkomsel, namanya MyTelkomsel. Aplikasi MyTelkomsel ini ditujukan untuk membantu pelanggan Telkomsel yang menggunakan smartphone dan tablet.

Tidak perlu mikir lama untuk mendownload aplikasi MyTelkomsel untuk smartphone dan tablet saya. Aplikasi MyTelkomsel ini sudah tersedia di AppStore, Blackberry World, dan Google Play. Setelah ter-install, langsung muncul halaman Disclaimer yang cukup panjang tapi kalau ada waktu sebaiknya dibaca sih. Poin tentang Tarif cukup penting, jadi saya tidak dikenakan biaya apapun untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi MyTelkomsel ini, kecuali biaya internetnya saja.

MyTelkomsel Aplikasi Penting untuk Tablet Tanpa Fitur Telepon

Klik tombol Accept untuk halaman Disclaimer ini dan saya langsung bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel ini. Kalau untuk smartphone, aplikasi MyTelkomsel ini sangat mempermudah saya untuk mengakses berbagai layanan yang biasanya saya lakukan manual dengan memencet tombol *888#, *889#, *887#, *100#, *858#, *133*, dan lain sebagainya. Jadi setelah menggunakan aplikasi MyTelkomsel ini tidak perlu mengingat kode-kode setiap layanan itu.

Di iPad dan tablet-tablet yang tidak punya fitur telepon lainnya, aplikasi MyTelkomsel ini terasa lebih bermanfaat lagi. Jika sebelumnya iPad tidak bisa digunakan untuk mengecek pulsa dan sisa kuota internet, sekarang berkat aplikasi MyTelkomsel ini, iPad bisa digunakan untuk mengakses berbagai layanan. Hebatnya, baru buka aplikasinya saja langsung ada beberapa informasi penting.

MyTelkomsel Aplikasi Penting untuk Tablet Tanpa Fitur Telepon

Tanpa klik menu apapun, di halaman Home aplikasi MyTelkomsel sudah ada info nomor kartu, sisa pulsa, masa aktif, serta paket internet yang mencakup paket aktif, sisa kuota, masa aktif paket, dan informasi WiFi. Kalau pakai kode bintang-angka-pagar, bisa butuh beberapa menit nih. Oh ya, karena nomor simPATI ini dipakai untuk paket internet iPad saja dan tidak untuk menelepon atau SMS, jadinya sering lupa nomornya. Jadi ribet kalau mau isi ulang atau transfer pulsa.

Sekarang ya tinggal buka aplikasi MyTelkomsel. Masih di halaman Home, saya langsung bisa melihat lebih detail info paket internet Flash Ultima saya. Data kode PUK, balance & bonus, hingga info Flash juga ada di situ. Kalau mau mengubah tema aplikasi, pilihan pemberitahuan, bahasa bisa langsung ke halaman Setting. Di halaman yang sama juga ada menu e-mail dukungan yang langsung mengarahkan saya untuk mengirim email ke cs@telkomsel.co.id jika ada hal perlu saya tanyakan.

MyTelkomsel Aplikasi Penting untuk Tablet Tanpa Fitur Telepon

Di bagian bawah ada beberapa menu yaitu Profil, Paket, Fitur, Layanan Pelanggan, Koneksi Saya, dan Promo & Notifikasi. Menu Profil ternyata menampilkan data yang sama ketika saya mengklik “Cek info lengkap” pada halaman Home. Menu Paket menawarkan banyak pilihan layanan yaitu antara lain Penawaran Khusus, Paket Flash, Paket Blackberry, Paket MMS, Paket Roaming, Paket VAS, dan Transfer Pulsa. Saya langsung tes transfer pulsa ke nomor KartuAs saya dan berhasil. Yay!

Di Menu Fitur ternyata juga ada layanan Transfer Pulsa juga. Agak aneh sih ada dua layanan yang sama di menu berbeda, meskipun dengan tampilan yang berbeda. Selain layanan Transfer Pulsa, di Menu Fitur juga ada layanan Isi Ulang Pulsa, Transfer Kuota, Flash Gift, Multi SIM Control, Rekomendasi Paket Data, Bayar Tagihan Kartu Halo, dan Aplikasi UseeTV. Di Menu Layanan Pelanggan, saya bisa memperoleh informasi GraPARI terdekat hingga mengirim pengaduan ke customer service.

MyTelkomsel Aplikasi Penting untuk Tablet Tanpa Fitur Telepon

Aplikasi MyTelkomsel ini juga memberikan menu Koneksi Saya untuk mengukur kecepatan koneksi internet di smartphone dan tablet. Jadi tidak perlu pakai aplikasi speed-test lainnya. Menu terakhir adalah Promo & Notifikasi yang serupa dengan SMS, namun saya tidak bisa membalasnya. Karena iPad tidak ada menu SMS, menu Promo & Notifikasi sangat membantu karena saya tidak akan lagi melewatkan SMS notifikasi promo yang masuk ke nomor simPATI saya.

Enggak rugi deh download aplikasi MyTelkomsel di smartphone dan tablet, gunanya banyak banget. Apalagi ukuran filenya kecil, hanya 2,37MB di Google Play dan 6,4MB di AppStore, jadi aplikasinya enggak bikin berat. Sekarang kalau mau ngecek pulsa atau transfer pulsa di smartphone tidak perlu ngetik kode bintang-angka-pagar lagi. Enaknya lagi di iPad, tinggal klik aplikasi MyTelkomsel untuk mengakses semua layanan itu saya tidak perlu cari sim ejector lagi. *simpen sim ejector di box*

*** 

Tulisan ini diikutkan dalam blog competition “MyTelkomsel”. Tema blog competition ini adalah “Bagaimana MyTelkomsel membantu saya.” Poin yang perlu disampaikan adalah aplikasi MyTelkomsel ini bisa digunakan untuk berbagi pulsa, mengirim paket data, cek tagihan kartuHalo, mengisi paket internet di tablet yang tak punya fitur telepon, dan berbagai kemudahan lainnya. Aplikasi MyTelkomsel ini bisa di-download di AppStore, Google Play, dan AppWorld.

Gampang kan? Jadi buruan ikutan blog competition “MyTelkomsel” ya karena hadiahnya keren-keren. Ada 1 buah smartphone Samsung GALAXY S4 Mini untuk pemenang pertama, Samsung GALAXY Grand untuk pemenang kedua, dan Samsung GALAXY Ace 3 untuk pemenang ketiga. Jadi download aplikasi MyTelkomsel untuk smartphone dan tablet kamu sekarang juga. Kalau sudah ceritakan pengalamanmu menggunakan aplikasi MyTelkomsel dan semua kemudahan yang kamu dapat.

Untuk lebih detailnya ikuti mekanisme blog competition “MyTelkomsel” berikut ini ya.

1. Blogger menulis 1 posting di blognya
2. Isi blogpost wajib menampilkan link http://bit.ly/18kk1q3 dan embed video youtube tutorial MyTelkomsel http://bit.ly/1g9mgBl
3. Isi blogpost juga wajib menampilkan image, berupa screen-capture aplikasi MyTelkomsel, sebagai bukti bahwa user telah mendownload dan menginstall MyTelkomsel
4. Isi posting harus singkat, jelas, padat dan menarik serta tidak mengandung unsur SARA, pornografi dan kekerasan
5. Link blogpost dishare ke Twitter dengan mencantumkan hashtag #MyTelkomsel dan mention @telkomselflash
6. Tulisan yang memenuhi syarat penilaian adalah tulisan yang di-share ke twitter menggunakan format di atas
7. Periode kompetisi adalah 2 Desember – 31 Desember 2013
8. Seleksi pemenang akan dilakukan pada tanggal 1 Januari – 9 Januari 2014
9. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 10 Januari 2014

Tunggu apalagi? Ayo ikutan sekarang juga karena hadiah smartphone Samsung GALAXY S4 Mini, Samsung GALAXY Grand, dan Samsung GALAXY Ace 3 sudah nungguin kamu tuh. 🙂

37256 Total Views 2 Views Today
28 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *