Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Batik Betawi Bukan Cuma Batik Ondel-ondel

Selama ini batik identik dengan Solo, Bayat, Jogja, Pekalongan, dan Cirebon, padahal Jakarta sebenarnya punya batik khas yang tidak kalah pesonanya. Beberapa tahun terakhir, pemerintah daerah DKI Jakarta sudah mulai mempopulerkan kembali Batik Betawi sebagai kekayaan budaya orang Betawi. Sejak tahun 2009, Museum Tekstil Jakarta yang terletak di bilangan Tanah Abang kerap mengadakan pameran Batik Betawi. Museum Tekstil Jakarta memiliki banyak koleksi Batik Betawi yang kebanyakan merupakan sumbangan dari Yayasan Sirih Nanas pimpinan H. Emma Agus Risri.

Hanya sedikit orang yang tahu, sebelum mencalonkan diri sebagai gubernur Jakarta, Jokowi ingin menggunakan Batik Ondel-ondel untuk branding kampanye-nya. Namun entah karena apa akhirnya baju kotak-kotak yang booming. Setelah menjabat gubernur, Jokowi mewajibkan pegawainya untuk mengenakan baju khas Betawi setiap hari Rabu. Meskipun Jokowi senang mengenakan baju koko khas Betawi ala Si Pitung, Jokowi tidak menutup kemungkinan bagi siapa yang ingin mengenakan Batik Betawi. Pokoknya baju khas Betawi yang bisa menunjukkan identitas Jakarta sekaligus melestarikan budaya Betawi.

Selain motif Ondel-ondel, Batik Betawi memiliki beberapa motif yang tak kalah unik. Mari kita kenal satu per satu.

1. Batik Betawi Motif Ondel-ondel

Motif Ondel-ondel pada Batik Betawi diangkat dari figur Ondel-ondel yang digunakan sebagai boneka penolak bala. Motif Ondel-ondel dibuat untuk mendapatkan kehidupan yang tenteram dan jauh dari bala bencana. Pada zaman dahulu, Motif Ondel-ondel digunakan pada acara-acara adat Betawi. Selain itu, ondel-ondel menjadi ciri khas Jakarta apalagi ketika perayaan ulang tahun Kota Jakarta.

Batik Betawi Motif Ondel-ondel

2. Batik Betawi Motif Nusa Kelapa

Ide pembuatan Batik Betawi Motif Nusa Kelapa terinspirasi dari Peta Ceila yang dibuat pada masa kekuasaan Prabu Siliwangi 1482-1521. Peta Ceila menjabarkan bahwa Jakarta dulunya berganti-ganti nama mulai dari Nusa Kelapa, Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, hingga Jakarta. Nama “Nusa Kelapa” diberikan oleh leluhur masyarakat Betawi yang kini dijadikan salah satu motif Batik Betawi. Selain itu, bagi orang Betawi, daun kelapa merupakan simbol upacara adat Betawi.

Batik Betawi Motif Nusa Kelapa Nyabut Padi

3. Batik Betawi Motif Ciliwung

Bati Betawi Motif Ciliwung bermula dari peradaban manusia di tepian Sungai Ciliwung. Konon bangsa Portugis, Inggris, dan Belanda ingin menguasai Jakarta karena tertarik dengan Sungai Ciliwung. Penggunaan Sungai Ciliwung sebagai motif Batik Betawi diharapkan sebagai daya tarik dan sebagai simbol rezeki yang terus mengalir bagaikan aliran sungai Ciliwung.

Batik Betawi Motif Ciliwung Marunda

4. Batik Betawi Motif Rasamala

Batik Betawi Motif Rasamala mengisahkan ketika Belanda mulai memasuki wilayah Sunda Kelapa. Ketika itu Sunda Kelapa masih seperti hutan belantara yang ditumbuhi pohon Rasamala. Orang Betawi menganggap pohon Rasamala sebagai pohon keramat karena memiliki bau yang wangi.

Batik Betawi Motif Rasamala Nglajo

5. Batik Betawi Motif Salakanegara

Melalui Motif Salakanegara, Batik Betawi ingin bercerita tentang kerajaan pertama di tanah Betawi yang didirikan oleh Aki Tirem pada tahun 130 M. Orang Betawi percaya bahwa gunung memiliki kekuatan dan gunung yang mereka percayai itu adalah Gunung Salak. Sehingga mereka menamai kerajaannya dengan nama Salakanegara.

Batik Betawi Motif Salakanegara Demenan

6. Batik Betawi Motif Pucuk Rebung

Batik Betawi Motif Pucuk Rebung merupakan khas batik pesisir yang menggambarkan “pucuk batang bambu”. Motif Pucuk Rebung menjadi seragam wajib ketika pemilihan Abang-None Jakarta. Batik Betawi Motif Pucuk Rebung sering digunakan sebagai busana bawahan None Jakarta. Pada pemilihan gubernur Jakarta beberapa waktu lalu, Motif Pucuk Rebung juga digunakan oleh Hidayat Nur Wahid yang dipadukannya dengan warna oranye khas JakMania.

Batik Betawi Ondel-ondel Pucuk Rebung

Dalam perkembangannya, Batik Betawi terus menghasilkan motif-motif baru yang menceritakan tempat, kebudayaan, dan kehidupan orang Betawi. Sebagai contohnya adalah Motif Monas, Motif Penganten Betawi, Motif Si Pitung, Motif Gambang Kromong, dan lain sebagainya.

Semua gambar Batik Betawi dari www.seracibatikbetawi.wordpress.com

63277 Total Views 6 Views Today
20 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *