Bangga dengan Nama Indonesia

Produsen-produsen mobil Jepang awalnya menggunakan nama lokal untuk mempermudah branding produk mereka. Di Indonesia, kita mengenal Toyota Kijang, Mitsubishi Kuda, Daihatsu Taruna, dan Daihatsu Ceria. Nama-nama Kijang, Kuda, Taruna, dan Ceria tentu akrab di telinga orang Indonesia. Akhir-akhir ini, tren penggunaan nama lokal sudah berubah. Kini nama-nama Indonesia digunakan menjadi nama varian mobil-mobil kelas dunia, di antaranya Porsche Macan dan Lamborghini Madura.

1. Porsche “Macan”

Porsche Macan

Ilustrasi dari PorscheMacan.Net

Porsche, produsen mobil asal Jerman, baru-baru ini mengumumkan akan menggunakan nama “Macan” untuk varian small-SUV terbarunya. Benhard Maier, Vice President Sales and Marketing Porsche AG, mengungkapkan nama “Macan” sangat cocok dengan karakteristik mobil Sport Utility Vehicle. Porsche AG meyakini penggunakan nama “Macan” akan bisa menyamai kepopuleran VW Tiguan, yang merupakan gabungan Tiger dan Iguana. Sampai saat ini, Porsche AG belum merilis detail Porsche Macan dan hanya memperkenalkan sketsanya. Porsche AG merencanakan Porsche Macan akan diproduksi tahun depan dan mulai dipasarkan pada tahun 2014.

2. Lamborghini “Madura”

Lamborghini Madura

Ilustrasi dari Slavche.Deviantart.Com

Seolah tak mau ketinggalan dengan Porsche, kini Lamborghini juga menggunakan nama Indonesia untuk varian terbarunya. Produsen mobil mewah asal Italia ini mewujudkan rancangan Slavche Tanevsky, seorang mahasiswa University of Applied Sciences, Munchen. Slavche Tanevsky memberi nama Lamborghini Madura bukan tanpa alasan karena nama “Madura” itu berasal dari nama Pulau Madura. Slavche Tanevsky terinspirasi dengan karapan sapi dan ingin mewujudkan kecepatan itu dalam rancangannya. Slavche Tanevsky meyakini filosofi karapan sapi sangat cocok untuk mobil hybrid pertama pabrikan berlambang banteng tersebut.

3. Suzuki “Ertiga” (R-3)

Suzuki Ertiga

Ilustrasi dari SolusiMobil.Com

Produsen mobil asal Jepang, Suzuki, juga memberikan nama Indonesia pada varian terbarunya. Awalnya, mobil berjenis MPV ini bernama R-III atau R-3 dan untuk mempermudah pengucapannya maka disebut Ertiga (R-3). Bukan sekedar nama, Ertiga merupakan akronim dari R (Row) dan tiga yang artinya mobil dengan tiga baris tempat duduk. Nama itu sesuai dengan tagline Suzuki Ertiga yang menjanjikan mobil dengan tiga baris tempat duduk yang lapang. Suzuki Ertiga yang akan diluncurkan pada 22 April 2012 ini digadang-gadang akan menjadi saingan baru bagi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Penggunaan nama-nama Indonesia pada mobil papan atas sekelas Lamborghini tentu menjadi kehormatan tersendiri bagi orang Indonesia. Bukan tidak mungkin tren ini akan terus berlanjut dan semakin banyak nama Indonesia yang mendunia.

Update : Salah satu pembaca blog ini, Chiko Buntai, berkunjung ke salah satu pameran otomotif di Frankfurt bulan Maret lalu dan menemukan ada mobil Opel Ampera. Mas Chiko berkenan mengirimkan foto Opel Ampera tersebut untuk blog saya ini. Terima kasih, Mas Chiko.

Opel Ampera

Opel Ampera. Foto milik Chiko Buntai.

38 Comments
  1. Aquidea
    • giewahyudi
    • Ngrambe
  2. Fiyaa
  3. isnuansa
    • giewahyudi
  4. Fakry Naras Wahidi
  5. Evi
  6. eko susilo
    • giewahyudi
  7. Applaus Romanus
  8. jay boana
  9. MUSLIM
  10. dionella
  11. Andank
  12. Faisal
    • alamendah
  13. Kristanto
  14. @bangsaid
  15. Endi
  16. Aditya Eka Prawira
  17. imadewira
  18. Iman
  19. papap arfa
  20. penyakit stroke
  21. Abed Saragih
    • giewahyudi
  22. niee
  23. dhenycahyoe
  24. elfarizi
  25. Tina Latief
  26. loewyi
  27. DV
    • arif
  28. Sholihin
  29. Jefry
  30. Chiko Buntai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *