Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Agar Jalan-jalan Tidak Membuat Kantong Kedodoran

Saya merasa bersyukur karena tahun ini ada beberapa hari besar nasional yang jatuh pada hari Senin dan Jumat. Itu artinya akan banyak akhir pekan panjang di tahun ini. Menurut SKB 3 Menteri No. 7 Tahun 2011, tahun ini ada 14 hari libur nasional dan di antaranya terdapat 5 hari libur nasional yang jatuh pada hari Senin atau Jumat. Tahun ini juga terdapat tiga hari libur cuti bersama, yaitu 18 Mei 2012 (terkait hari Kenaikan Yesus Kristus), 16 November 2012 (terkait hari 1 Muharram), dan 24 Desember 2012 (terkait hari Natal). Karena itu, saya mempunyai beberapa rencana jalan-jalan di sela hari libur nasional dan cuti bersama tersebut.

Biaya Jalan-jalan

Survei Kompas beberapa waktu lalu menunjukkan betapa antusiasnya orang Indonesia menyambut beberapa akhir pekan panjang di sepanjang tahun 2012 ini. Hampir 80 persen responden menyatakan akan berlibur bersama keluarga besar. Itu membuktikan kebersamaan bersama keluarga masih menjadi prioritas utama ketika jalan-jalan. Meskipun begitu, 16 persen responden menyatakan ingin jalan-jalan dengan pasangan atau teman dan hanya 3 persen yang ingin menikmati solo-travelling.

Jalan-jalan bersama keluarga membutuhkan perencanaan yang matang, mulai dari perencanaan waktu sampai perencanaan biaya. Mayoritas responden, sekitar 52,5 persen, menyatakan telah memutuskan waktu dan tujuan wisata dalam waktu kurang dari sebulan. Sedangkan 21,7 persen responden telah merencanakan 1-3 bulan sebelumnya dan 12 persen bahkan sudah merencanakan lebih dari tiga bulan sebelumnya. Setelah memutuskan waktu dan tujuan wisata, langkah selanjutnya adalah merencanakan pembelian tiket, akomodasi, transportasi, kuliner, dan biaya-biaya tak terduga.

Dengan merencanakan jauh hari sebelumnya, kita bisa merencanakan biaya liburan keluarga yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Salah satu cara untuk merencanakan biaya liburan adalah dengan menabung khusus untuk biaya jalan-jalan tersebut. Tabungan khusus jalan-jalan ini juga mengajarkan kebiasaan menabung kepada anak-anak kita. Jalan-jalan memang tidak harus mahal, yang penting kebersamaan dengan orang-orang tersayang tetap terjaga. Namun perencanaan biaya jalan-jalan memastikan kantong Anda tidak kedodoran setelah asik berjalan-jalan.

3043 Total Views 2 Views Today
19 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *