Giewahyudi.Com
Contact Giesaya@giewahyudi.com

Ada Nggak Phablet Yang Kamu Suka? Ada, OPPO N1!

Hari libur gini enaknya jalan-jalan. Karena cuma libur Sabtu-Minggu enaknya ya jalan-jalannya di dalam kota saja. Kalau jalan-jalan keluar kota waktunya mepet banget. Yang paling santai sih main ke taman kota deket rumah, apalagi Dedek Diana sekarang sudah bisa jalan. Jadi diajak ke taman kota aja senengnya minta ampun, bisa jalan sendiri di taman sambil sesekali lihat kereta api yang lewat. Jalan-jalan kurang lengkap tanpa memotret, apalagi kalau motret Dedek Diana. Apalagi sekarang gigi Dedek Diana sudah banyak, kalau senyum kelihatan semua. πŸ™‚

Tidak hanya buat senang-senang, menurut saya liburan itu waktunya untuk memikirkan orang lain. Seperti liburan ke Bengkulu beberapa waktu lalu, banyak waktu saya habiskan untuk ngobrol dengan penduduk setempat hingga penjual bakso yang ternyata orang Klaten. Hari ini saya kepikiran orang-orang yang tetap bekerja di saat kebanyakan orang sedang berlibur. Misalnya, waktu cuti bersama tanggal 14 Oktober 2013 tiba-tiba ada mas kurir yang nganterin undangan. Saya kaget, di saat orang santai di rumah atau bahkan mudik ke kampung halaman ada orang yang tetap bekerja membanting tulang.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Saya tak lupa mengucapkan terima kasih untuk mas kurir itu karena tanpa dia tentu saya tidak akan bisa menghadari acaranya. Begitu saya buka amplopnya, ternyata itu undangan untuk N1 Launch Event untuk tanggal 16 Oktober 2013. Jadi undangan sampai di tangan saya tanggal 14 Oktober 2013, tanggal 15 Oktober 2013 hari raya Idul Adha, dan 16 Oktober 2013 tanggal acaranya. Senang karena awalnya saya pikir saya tidak jadi dapat undangan tersebut. Lebih senangnya lagi, undangan yang berbentuk post-card itu ditandatangani langsung oleh CEO OPPO Indonesia, Mr. Jet Lee.

Saya sampai di Grand Ballroom The Ritz-Carlton Pacific Place sekitar pukul 13.30 WIB, suasana ballroom sudah ramai banget. Saat melakukan registrasi saya baru tahu ternyata total undangannya mencapai 2.000 orang. Sempat melihat Mas Timotius Bonnet yang mengirim undangan untuk saya, tapi sepertinya dia sedang sibuk sekali. Jadi saya ngopi-ngopi dulu sambil menunggu acaranya dimulai. Sudah lihat kiri kanan ternyata enggak ketemu sama temen blogger yang lain. Saya malah dapet kenalan Mas Andi yang ternyata dari perusahaan rekanan OPPO Indonesia.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Perjalanan Panjang OPPO Mobile Sampai ke Indonesia

Enak ngobrol sama Mas Andi karena dia bercerita tentang kiprah OPPO Indonesia di persaingan dunia gadget tanah air. Menurutnya, brand OPPO ini sangat berani mulai dari sisi desain hingga dari sisi harga. Jika brand lain biasanya meluncurkan produk pertama untuk testing the water, OPPO Indonesia langsung merilis smartphone pertamanya dengan spesifikasi tinggi dan harga yang relatif mahal. Pertengahan bulan April 2013, OPPO Indonesia memperkenalkan OPPO Find 5, smartphone yang memiliki layar 5 inchi dan kamera 13 MP dengan harga Rp. 5.499.000,-.

Meskipun masih relatif baru di Indonesia, brand OPPO sebenarnya sudah ada sejak tahun 2004, nama perusahaannya OPPO Electronics Corp yang bermarkas di Dongguan, Guangdong, Cina. Saat itu brand OPPO tidak hanya memiliki produk mobile phone tetapi juga alat-alat elektronik lain seperti MP3 player, portable media player, LCD, televisi, eBook, DVD, dan Blu-Ray Disc player. Selain itu, OPPO Electronics Corp juga memiliki anak-anak perusahaan seperti OPPO Digital di Mountain View, California, Amerika Serikat dan OPPO Blu-Ray di Norfolk, Inggris Raya.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

OPPO mulai menggarap produk mobile phone sejak tahun 2008 dengan merilis mobile phone OPPO A103 dan OPPO U525 pada tahun yang sama. Sambil menggarap produk mobile phone, OPPO juga terus mengembangkan teknologi smartphone. Agak terlambat memang, tetapi akhirnya OPPO merilis smartphone pertamanya, OPPO Finder, pada tanggal 1 Juli 2012. Meskipun smartphone pertama, OPPO Finder langsung menarik perhatian karena desainnya yang tipis sekali, hanya 6,65 mm. Mengalahkan tipisnya smartphone tertipis saat itu (7,1 mm), OPPO Finder dinobatkan sebagai smartphone tertipis di dunia.

Tidak hanya tipis, OPPO Finder juga memiliki spesifikasi yang tinggi saat itu yaitu antara lain layar Super AMOLED Plus 4,3 inchi, kamera 8 MP, RAM 1 GB, internal storage 16 GB, dan prosesor Dual-core 1.5 GHz. Tidak tanggung-tanggung, OPPO menggandeng aktor papan atas Leonardo Dicaprio sebagai brand ambassador untuk OPPO Finder ini. Awalnya OPPO Finder ini hanya dipasarkan di Cina tapi karena permintaan semakin banyak akhirnya OPPO Finder juga dijual di beberapa negara. Karena sambutan positif ini, OPPO terus berinovasi menciptakan smartphone canggih.

Tidak perlu waktu lama, setelah keberhasilan OPPO Finder menarik perhatian dunia, OPPO kemudian merilis seri-seri smartphonenya yaitu OPPO U701 Ulike, OPPO T29, OPPO R817 Real, OPPO U705T Ulike 2, OPPO R610, dan OPPO R811 Real. Semua seri smartphone OPPO tersebut dirilis dari rentang bulan September sampai Desember 2012. Smartphone itu juga dipasarkan ke beberapa negara antara lain Amerika, Vietnam, Thailand, Rusia, Qatar, dan Malaysia. Namun akhirnya seri selanjutnya, OPPO Find 5, dirilis pada bulan Februari 2013 dan dipasarkan di Indonesia.

Konsumen di Indonesia perlu menunggu dua bulan karena OPPO Find 5 baru diluncurkan di Indonesia tanggal 17 April 2013. Itulah ‘pendaratan’ pertama smartphone OPPO di tanah air yang disambut dengan animo yang tinggi dari masyarakat. OPPO Find 5 memiliki desain yang menarik ditambah dengan layar 5 inchi, kamera 13 MP, RAM 2 GB, dan prosesor Quad-core 1.5 GHz. OPPO Find 5 semakin istimewa karena merupakan smartphone pertama dengan perangkat keras yang didukung High Dynamic Range (HDR) sehingga menjanjikan kualitas foto dan video HDR yang mumpuni.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Ternyara OPPO menyiapkan peluncuran ini secara matang hingga menyiapkan service center di Roxy Mas Jakarta. Bahkan katanya, OPPO Indonesia harus membeli lokasi gerai brand kompetitor untuk mendirikan service center pertamanya. Tak lama kemudian, service center OPPO sudah ada di beberapa kota di Indonesia. Saat ini service center dan gerai resmi OPPO sudah ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Medan, Makassar, Batam, Yogyakarta, Jambi, Semarang, dan Denpasar. Konsumen tak perlu takut kenapa-kenapa karena service center OPPO ada di mana-mana.

Perbincangan saya dengan Mas Andi terhenti ketika salah seorang koleganya datang, ngobrolnya soal bisnis mereka jadi ya saya minta permisi. Suasana ballroom semakin padat, untuk mengambil kopi saja harus ngantri panjang banget. Setelah nyeruput kopi untuk kedua kalinya, saya bergeser ke salah satu sudut ballroom yang terdapat beberapa display smartphone-smartphone OPPO. Di sini antrian untuk mencoba smartphone OPPO juga lumayan panjang. Sudah lihat satu-satu kok tidak ada OPPO N1 yang dipajang, atau mungkin di antrian yang paling panjang itu. *kaki lemes*

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Lalu saya lihat beberapa smartphone OPPO lain dan saya langsung nyobain OPPO Find 5. Layarnya besar namun desainnya sangat ramping jadi enak banget dipegang dalam satu genggaman. Pantesan aja banyak yang mengincar smartphone OPPO Find 5 ini. Saya juga nyobain seri-seri smartphone OPPO lainnya. Jadi setelah OPPO Find 5, OPPO Indonesia juga sudah memasarkan OPPO Find 5 Midnight, OPPO Find Mirror, OPPO Find Way, OPPO Find Clover, OPPO Find Piano, dan OPPO Find Muse. Harga smartphone OPPO ini bervariasi antara Rp. 1.799.0000,- sampai Rp. 5.999.999,-.

Event Launching OPPO N1

Setelah menunggu cukup lama akhirnya sekarang saatnya untuk memasuki ruang utama ballroom karena N1 Launch Event akan segera dimulai. Saya duduk di tengah-tengah, agak mengambil jarak dari awak-awak media. πŸ™‚ Semua undangan yang masuk ke ruangan ballroom akan disambut dengan tulisan WELCOME di depan. Tulisan WELCOME ini sesekali berubah menjadi tulisan “Ada nggak orang yang kamu suka? Ada nggak?”. Tulisan ini yang membuat saya bertanya-tanya dan penasaran untuk mengikuti acara N1 Launch Event ini. Akhirnya 2.000-an undangan masuk dan semua kursi langsung terisi penuh.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Setelah semua tamu undangan duduk manis, tiba-tiba lampu panggung dimatikan dan datanglah enam LED Dance Performer yang langsung mendapatkan tepuk tangan meriah dari para undangan. Di tengah-tengah penampilan, beberapa karyawan OPPO bergabung. Tidak hanya tampil di panggung, mereka juga berlari berkeliling di tengah-tengah para undangan. Suasananya meriah sekali. Semakin meriah lagi karena setelah itu ada penampilan OPPO Corporate Dance yang dilakukan oleh CEO OPPO Indonesia, para petinggi OPPO Indonesia, dan semua perwakilan OPPO dari seluruh Indonesia. Mereka sangat enerjik.

Dan inilah saat yang ditunggu-tunggu, Mr. Ivan Lau, Brand Manager OPPO Indonesia, memberikan opening speech sekaligus meresmikan peluncuran OPPO N1 di Indonesia. Dengan tema “OPPO N1. Possibilities Unfold in Jakarta“, Mr. Ivan Lau ingin memperkenalkan OPPO N1 sebagai smartphone dengan kemampuan kamera yang belum pernah ada sebelumnya. Tidak perlu berlama-lama, setelah menyelesaikan kata sambutan singkatnya, Mr. Ivan Lau kemudian mempersilahkan Bapak Effendy selaku Asisten CEO OPPO Indonesia untuk mempresentasikan keunggulan-keunggulan smartphone OPPO N1 ini.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Desain OPPO N1

Sejak dari awal, OPPO memiliki perhatian yang tinggi dari sisi desain. OPPO N1 memiliki ukuran layar 5,9 inchi, lebih lebar hampir 1 inchi dari OPPO Find 5. Sayangnya, penambahan ukuran layar tidak dibarengi dengan penambahan ukuran piksel, tetap menggunakan 1080 x 1920 piksel sama seperti OPPO Find 5. Konsekuensinya, ketajaman layar OPPO N1 menjadi 373 ppi pixel density, padahal OPPO Find 5 memiliki 441 ppi pixel density. Namun layar OPPO N1 tetap menakjubkan karena tetap enak dipandang dari semua sudut penglihatan, jelas, dan sangat sensitif.

Jika dibandingkan dengan OPPO Find 5, OPPO N1 memiliki desain yang lebih melengkung yang ditujukan agar pengguna bisa tetap nyaman memegang phablet 5,9 inchi ini dalam satu genggaman saja. Selain itu, OPPO N1 ini menggunakan material alumunium yang dirangkai melalui 14 molding yang rumit selama 20 hari. OPPO N1 hanya tersedia dalam satu pilihan warna putih yang elegan. Bagian belakang OPPO N1 juga didesain agak melengkung agar nyaman untuk digenggam. Bagian belakang yang memiliki silky tekstur ini juga tidak akan meninggalkan sidik jari.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Seri N-Lens Pertama dan Fitur O-Touch

Bapak Effendy menjelaskan bahwa OPPO N1 merupakan phablet OPPO pertama dari seri N-Lens. Banyak pihak memperkirakan OPPO akan merilis kamera Android, namun dengan dirilisnya OPPO N1 isu tersebut terbantahkan. Tampaknya OPPO enggan mengikuti tren kamera Android dan lebih memilih menciptakan phablet dengan kemampuan kamera yang luar biasa. N mewakili bilangan tidak terhingga dan Lensa mewakili kamera sehingga, jadi menurut Bapak Effendy, seri N-Lens merupakan pablet OPPO yang menawarkan kemampuan kamera yang hampir mustahil dikalahkan oleh kompetitornya.

Sebelum lebih jauh menjelaskan tentang keistimewaan kamera OPPO N1, Bapak Effendy memperkenalkan fitur O-Touch yang diklaim telah memulai era Touch 2.0 dan melanjutkan era Touch 1.0. Fitur O-Touch ini berupa area semacam touch-pad seluas 3 x 4 cm di bagian belakang ponsel yang bisa digunakan untuk mengontrol User Interface dan menjalankan berbagai aplikasi. Touch-pad yang tercetak di sampul belakang itu membantu kamu untuk mengontrol phablet hanya dengan satu tangan saja dan pandangan kamu ke layar tidak akan terhalang oleh jari-jari kamu sendiri.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Don’t just touch the front, the back is also interesting,” begitu tagline OPPO untuk memperkenalkan fitur O-Touch ini. Bapak Effendy menyebut OPPO N1 memiliki “punggung yang bisa dielus” yang bisa digunakan untuk swiping, double click, long press, srolling halaman web, mengubah lagu, membuka aplikasi, dan masih banyak lagi. Hampir semua aktivitas bisa dilakukan dengan fitur O-Touch. Selain itu, fitur O-Touch juga didesain untuk memaksimalkan kinerja kamera OPPO N1 agar saat membidik objek semua gambar bisa terlihat di layar tanpa perlu tertutup jari tangan.

Sekarang saat yang ditunggu-tunggu, Bapak Effendy memperkenalkan lebih jauh kamera OPPO N1 yang sangat istimewa. Berkat kamera ini, OPPO N1 dinobatkan sebagai smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan kamera berputar. Sebagai seorang photoblogger, hal ini tentu menarik sekali buat saya. Konsep kamera berputar memang sebuah inovasi yang sangat berguna karena selama ini kamera smartphone selalu mengalami kendala saat pengambilan sudut-sudut yang sulit. Meskipun tergolong vendor baru, OPPO datang dengan inovasi yang tidak pernah dilakukan vendor lain.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Meskipun memiliki sensor yang sama dengan OPPO Find 5 yaitu sensor Exmor RS 1/3.06″ CMOS dengan resolusi sebesar 13 MP, kamera OPPO N1 mampu mengoreksi kamera OPPO Find 5 karena fitur kamera berputarnya memungkinkan kameranya bisa menjadi kamera depan dan kamera belakang sekaligus. Artinya kamera OPPO N1 memiliki kamera depan 13 MP, mengoreksi kamera depan OPPO Find 5 yang hanya beresolusi 1,9 MP. Fitur kamera berputar juga menjadikan OPPO N1 sebagai smartphone dengan resolusi kamera depan yang terbesar di dunia, di saat kamera depan smartphone yang lain hanya beresolusi 2 MP.

OPPO Mobile telah melakukan serangkaian percobaan yang cukup lama untuk menciptakan kamera berputar. Hingga akhirnya didapatkan desain terbaik dan diterapkan pada kamera OPPO N1 yang bisa berputar hingga 206 derajat. Sebuah usaha yang sangat berat untuk menyatukan 67 komponen dan 50 kabel yang rumit agar menyatu dengan bodi smartphone sementara rotasi kameranya juga harus dipertimbangkan secara matang. Hasilnya menakjubkan, kamera OPPO N1 telah melewati 100.000 kali percobaan rotasi dan kondisinya tetap bisa diputar sempurna seperti kondisi awalnya.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Bapak Effendy memberi contoh misalnya kita memotret dengan OPPO N1 setiap hari rata-rata 40 kali (jumlah ini pun di atas rata-rata saya yang biasanya hanya 10-20 kali memotret dengan smartphone), maka 7 tahun kemudian kualitas rotasi kamera OPPO N1 masih sempurna. β€œMungkin 7 tahun lagi sudah ada smartphone OPPO seri N-Lens yang ketujuh, OPPO N7,” begitu ucap Bapak Effendy sambil tersenyum. Insinyur OPPO telah merancang kamera OPPO N1 dengan sempurna, jadi kamu tidak perlu takut kamera berputarnya akan kendor karena setelah diputar 100.000 pun tetap bekerja dengan sempurna.

Kamera OPPO N1 juga mengalami peningkatan dari OPPO Find 5 dari sisi aperture (bukaan lensa) dari f/2.2 menjadi f/2.0. Secara sederhana, semakin kecil nilai f/stop maka semakin besar bukaan lensa dan semakin banyak pula cahaya masuk yang dibaca sensor kamera, begitu juga sebaliknya. Nilai f/stop kecil juga akan menghasilkan area ruang tajam yang sempit sehingga hasil fotonya tajam dan sangat detail. Nilai f/stop yang kecil juga akan menghasilkan gambar yang lebih terang. Makanya nilai aperture f/2.0 membuat kamera OPPO N1 sangat mumpuni untuk digunakan di kondisi yang minim pencahayaan.

Nilai aperture yang kecil juga berpengaruh pada shutter speed kamera OPPO N1 yang mencapai 0,6 detik. Sebuah angka shutter speed yang menakjubkan untuk sebuah smartphone. Kamera OPPO N1 ini juga memiliki mode Creative Light yang bisa digunakan untuk memotret dengan teknik long exposure. Hal ini dimungkinkan karena kamera OPPO N1 memiliki slow shutter speed hingga 8 detik, di saat kamera smartphone lainnya hanya sampai 4 detik saja. Inilah foto light trail dengan kamera OPPO N1.

OPPO N1 Camera

Istimewanya lagi, OPPO N1 adalah smartphone Android pertama yang menggunakan enam lensa fisik. Dan saya baru ngeh kenapa LED Dance Performer tadi berjumlah enam orang. Gambar yang dihasilkan lebih jelas karena distorsi gambar bisa ditekan. OPPO N1 juga dibekali dengan teknologi Pure Image untuk meningkatkan white balance, exposure, dan fokus. Selain itu, kamera OPPO N1 juga dibekali dengan dua flash yaitu normal flash dan front facing flash yang bisa mengatur pencahayaan sesuai kondisi ruangan melalui software yang tertanam pada kamera.

Bapak Effendy mengklaim OPPO N1 bisa menjadi private photographer. Bapak Effendy lalu mempersilahkan model naik panggung. Jadi ceritanya suatu saat sang model sedang berada di jalan dan tiba-tiba ia menerima email dari perusahaan yang sedang dilamarnya. Ia diminta untuk mengirimkan foto terbarunya. Karena tidak ada stok foto yang bagus, ia kemudian memotret selfie dengan OPPO N1 lalu mengirimkan fotonya lewat email. Di akhir kisah, ia akhirnya diterima di perusahaan tersebut.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

O-Click

Saya lalu teringat saat jalan-jalan ke Bengkulu kemarin, melakukan self-portrait photography dengan kamera DSLR ternyata susah. Alangkah enaknya kalau menggunakan kamera OPPO N1 ini. Tidak perlu gorilla pod lagi, tinggal arahkan kamera ke depan langsung jepret dengan O-Touch. Kalau mau selfie dengan background pemandangan yang lebih luas ya tinggal taruh OPPO N1 lebih jauh, berdiri sesuai yang diinginkan, dan tinggal jepret kamera dengan O-Click.

Menurut Bapak Effendy, O-Click ini fitur istimewa yang hanya ada di phablet OPPO N1. Salah satu fungsi O-Click ini adalah untuk foto selfie seperti di atas. O-Click ini juga bisa dipakai untuk motret candid karena orang yang dipotret tidak akan merasa ada yang sedang membidiknya. O-Click ini terkoneksi dengan OPPO N1 melalui Bluetooth 4.0 Low Energy dengan jarak maksimal 50 meter. O-Click ini juga sangat berguna bila phablet kamu tertinggal karena kamu bisa menghubungi phabletmu dengan O-Click ini.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Jika kamu melewati batas 50 meter dari OPPO N1, maka O-Click secara otomatis akan menghubungi phabletnya dan memintamu untuk mengambil phabletmu yang tertinggal. O-Click ini ukurannya cukup kecil, kurang lebih sebesar uang logam, sehingga bisa disangkutkan pada gantungan kunci kamu. Meskipun seperti asesoris, O-Click ini sudah ada di dalam box penjualan OPPO N1 sehingga kamu tidak perlu membelinya secara terpisah.

Untuk kebutuhan fotografi, O-Click ini hampir sama gunanya dengan remote control pada kamera DSLR. Jadi dengan O-Click ini kamu bisa mengembangkan kreatifitas dalam fotografi karena memotret tidak selalu harus memegang phabletnya. OPPO telah menyiapkan teaser khusus untuk memperkenalkan kreatifitas yang bisa dilakukan dengan kamera OPPO N1. Silahkan menikmati video Kisah Cinta Tersembunyi Sang Pria ini. Siapin tisu ya. πŸ™‚

Kalau lagi jatuh cinta, kamu bisa lebih mengembangkan kreatifitas seperti cowok di video di atas. Dengan OPPO N1, cowok itu bisa mengungkapkan rasa sukanya hanya dengan memutar kamera ke arah cewek itu, terus jepret kamera dengan O-Click, lalu arahkan semua foto candid cewek itu dengan fitur 0-Touch. Keren banget kan? Pasti ceweknya klepek-klepek. Oh ya, tidak hanya memutar video ini, Bapak Effendy juga mengundang dua model untuk memperagakan kisah dalam video itu langsung di panggung. Para undangan makin terharu biru deh.

Color OS

Tidak berhenti sampai di situ saja, OPPO N1 masih memiliki inovasi lain yaitu Color OS, sebuah sistem operasi buatan OPPO yang β€˜dikawinkan’ dengan Android 4.2 Jelly Bean. Semua fitur OPPO N1 bekerja di atas basis platform Color OS. OPPO mengembangkan platform berbasis Android ini untuk menciptakan aplikasi, game, tema, wallpaper, dan ebook reader. Pengguna hanya perlu melakukan registrasi dengan satu akun saja untuk bisa mengakses semua layanan tersebut. OPPO sangat terbuka untuk menerima masukan dari pengguna.

Di mana dalam 10 bulan terakhir, OPPO sudah menjaring 2.000 beta tester, mendapatkan hampir 1 juta feedback dan melakukan banyak perbaikan serta mendaftarkan 43 paten baru. OPPO mengklaim Color OS ini sudah diunduh sebanyak 1 miliar kali. Aplikasi dan gamenya juga telah diunduh sebanyak 400 juta kali. Wow! Color OS saat ini hanya tersedia untuk OPPO N1 yang memiliki beberapa fitur unik seperti guest mode, unique theme, weather, dan sebagainya.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

CyanogenMod

Selain menawarkan Colos OS buatannya sendiri, OPPO juga menawarkan sistem operasi berbasis CyanogenMod, perusahaan yang terkenal sebagai pembesut custom ROM di dunia Android. Untuk mendapatkan versi CyanogenMod ini, kamu harus pesanan khusus melalui situs resmi OPPO. Berbekal pengalamannya meng-custom ROM Android, CyanogenMod menawarkan sistem operasi yang menarik dan saat ini OPPO N1 menjadi satu-satunya smartphone berbasis CyanogenMod.

Bapak Effendy lalu mendemokan fitur unik yang dipersembahkan oleh Color OS. Fitur ini terinspirasi dari touch-pad yang memiliki banyak fungsionalitas dengan gerakan jari. Dengan fitur ini, layar OPPO N1 bisa digunakan sebagai touchpad meskipun dalam keadaan terkunci. Dengan membuat gambar lingkaran pada layar, kamu bisa langsung membuka aplikasi kamera. Fitur Colos OS ini juga bisa digunakan untuk live weather, rear control, dan bisa untuk membuat gerakan khusus untuk membuka aplikasi yang diinginkan.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Lalu Bapak Effendy mendemokan fitur satu jari yang bisa digunakan untuk membuka kunci layar, mengatur kontras layar, mengatur volume, membuka kamera, membuka senter, mengganti lagu, dan masih banyak lagi. Fitur dua jari untuk membuka music player, mengatur volume, kolase foto, dan zooming (kamera, pop-up video, dan browsing). Sedangkan fitur tiga jari digunakan untuk membuka kamera dengan multi-touch dan screenshoot.

Dengan banyaknya inovasi yang ditawarkan, OPPO tidak lupa membekali OPPO N1 dengan perangkat keras berspesifikasi tinggi. OPPO N1 dibekali prosesor Quad-core 1.7 GHz Krait 300, Chipset Qualcomm Snapdragon 600, Adreno 320 GPU, baterai Li-Ion 3610 mAh, RAM 2 GB, dan internal memori memiliki dua versi, 16 dan 32 GB. Sayangnya, OPPO N1 tidak menawarkan pilihan eksternal memori. Untuk spesifikasi lengkap dari OPPO N1 bisa dilihat selengkapnya di gambar bawah ini.

Spesifikasi Lengkap OPPO N1

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

“Ada Nggak Phablet Yang Kamu Suka? Ada, OPPO N1!”

Setelah pulang dari acara N1 Launch Event itu, saya sering teringat video Kisah Cinta Tersembunyi Sang Pria dan karena penasaran akhirnya beberapa kali nonton di Youtube. Pertanyaan “Ada nggak orang yang kamu suka? Ada nggak?” bisa jadi romantis berkat bantuan OPPO N1. Tidak perlu banyak bicara, tapi kamera berputar, O-Click, dan O-Touch yang dimiliki OPPO N1 cukup untuk membuktikannya. Kayaknya seru juga tiba-tiba ngasih kejutan buat istri dengan foto-foto candid gitu, hehehe. Rasanya jadi pengen punya phablet N1 ini, selain romantis kayaknya bisa banget untuk mendukung kegiatan photoblogging saya.

Waktu datang ke N1 Launch Event saya bawa kamera DSLR sih dan semua foto event launching di tulisan ini hampir semua dari kamera DSLR saya, kecuali beberapa saya ambil dari situs resmi OPPO Mobile untuk foto pendukung. Mengingat kamera OPPO N1 sudah bisa rotasi 206 derajat, beresolusi 13 MP, aperture f/2.0, slow shutter speed hingga 8 detik, dual flash, ada O-Click, dan ada O-Touch, rasanya sudah sepadan dengan kemampuan kamera DSLR saya. Dan tentunya kamera OPPO N1 ini jauh lebih ringan dibanding kamera DSLR.

Oppo N1 Launching Jakarta 16 Oktober 2013

Jadi kebayang kalau jalan-jalan di taman kota tidak perlu nenteng-nenteng kamera DSLR, cukup masukin kamera OPPO N1 ke saku saja. Lagian gendong Dedek Diana aja sekarang beratnya sudah 13 kilogram, ditambah kamera DSLR lama-lama kram juga lengan ini. Hehehe. Jadi mulai sekarang kalau ada yang nanya “Ada nggak phablet yang kamu suka? Ada nggak?“. Saya tentu jawab begini. “Ada, OPPO N1!”.

17635 Total Views 2 Views Today
102 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *