Advertorial Gie

4 Rahasia Memilih AC yang Pas di Hati

Beberapa waktu lalu, istri saya Isnuansa, membahas di blognya tentang pengalaman kami membeli AC Samsung. Dengan banyaknya jenis AC yang ada di pasaran, kita harus lebih cermat dan jeli dalam memilih sesuai kebutuhan, karena akan berpengaruh pada harga AC.

Kalau ngomongin harga AC, yang kita siapkan bukan hanya harga untuk membelinya, tetapi juga harga untuk biaya listrik dan perawatannya. Di samping itu, yang paling penting adalah agar Dedek Diana bisa tidur dengan nyenyak dengan udara yang baik, hehe. Dari pengalaman, saya akan share 4 hal yang harus diperhatikan agar biaya yang kita keluarkan untuk AC (harga beli dan perawatan) pas di dompet dan di hati.

1. Kenali kebutuhan utama

Kebutuhan yang mendasar adalah luas ruangan. Makin besar ruangan, makin besar PK dan daya yang dibutuhkan agar temperatur ruangan bisa cepat dingin. Lalu, cari tahu kebutuhan lain yang juga nggak kalah penting, misalnya penggunaan AC rata-rata 7-10 jam/hari dan listrik di rumah kadang tidak stabil, jadi AC harus awet dan nggak mudah rusak.

2. Pilih produk yang mampu menyaring udara lebih baik

Karena di jalan depan rumah banyak lalu lalang kendaraan, jadi butuh AC dengan fitur High Density Filter yang bisa memfilter udara supaya bisa lebih bersih. Dengan fitur seperti ini, saya jadi nggak khawatir akan bakteri atau virus dari udara luar masuk ke kamar Dedek Diana.

3. Perhatikan kemudahan perawatan

AC tentu butuh perawatan, terutama dalam hal kebersihan. Makanya, saya pilih AC dengan fitur Easy to Clean Filter yang bisa membuat AC tetap dingin karena filternya gampang dibersihkan tanpa biaya teknisi. Hanya tinggal buka panel filter, bersihkan dengan lap basah, pasang lagi deh filternya. Selain AC tetap dingin karena mudah dibersihkan, kita juga bisa lebih hemat biaya. Lumayan kan, dengan anggapan biaya teknisi ratusan ribu per bulan, bisa hemat sampai jutaan per tahun.

4 RAHASIA MEMILIH AC YANG PAS DI HATI

4. Perhatikan jaminan produk

Yang nggak kalah pentingnya, supaya harga AC yang kita keluarkan di awal dan sepanjang masa penggunaan sesuai, perhatikan jaminan produk. Nah, AC Samsung yang kami pilih ada garansi 10 tahun! Jadi, AC bisa lebih tahan lama karena nggak perlu biaya penggantian kompresor tiap tahun.

Keempat poin pertimbangan di atas membuat kami memutuskan untuk membeli AC Samsung dengan seri yang sesuai dengan kebutuhan. Karena konsep desain rumah minimalis, jadi kami juga memilih model AC yang modern dengan bentuk segitiga dan crystal gloss yang transparan. Jadinya menambah keindahan dan estetika kamar kami. Untuk di kamar tidur utama, kami memilih AC Samsung Smart Inverter. Sedangkan kalau untuk ruangannya Dedek Diana, kami memilih AC Samsung Double Care. Fungsi dan harga AC nya sesuai soalnya, hehehe. Dedek Diana pun bisa tidur nyenyak dengan udara yang baik. 🙂


Semoga informasi diatas bisa membantu teman-teman dalam memilih AC ya.

This article is sponsored by Samsung Electronics Indonesia.

6283 Total Views 1 Views Today

20 Comments

  1. wah cocok banget ini tips nya bagi yang ingin beli ac ya mas untuk dipasang di rumah. Kalau rumah saya sekarang masih pakai ac alami, soalnya tinggal di desa sih hehe 😀

  2. alhamdulillaah sampai saat ini blm memerlukan AC, karena tinggal di bandung masih cukup dingin… selain itu, seringkali tidak cocok dgn udara yg dihasilkan AC… kulit jd kering dan keriput… 🙂

  3. Bandung walau udah mulai panas, tapi alhamdulillah belum terlalu butuh barang satu ini. Tapi entahlah 2-3 tahun ke depan. Semoga masih tetap sejuk tanpa AC.

  4. Wow that was strange. I just wrote an incredibly long comment
    but after I clicked submit my comment didn’t show up. Grrrr…
    well I’m not writing all that over again. Anyhow, just wanted to say wonderful blog!

  5. Kalau menurut aku ya Mas Gie, AC itu hanya mensirkulasi udara di dalam ruang saja dan tidak melakukan pemfilteran udara dari luar. Tapi kalau ada AC yang semacam itu memang itulah yang menjamin udara tetap fresh…siplah..

  6. Pas , Ac saya samsung juga , bagus filter nya n bunyi nya senyap gak bising , padahal sudah 1,5 th lebih, waktu beli sih cuma ikut pemilik toko nya maklum bidang ku bukan di AC.

  7. Great site you have here but I was wondering if you knew
    of any forums that cover the same topics talked about in this article?
    I’d really love to be a part of group where I can get feed-back from other experienced individuals that share the same
    interest. If you have any recommendations, please let me
    know. Thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *